// //

First Time Impression Review All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

All New Nissan X-Trail 2014 7 Seater akhirnya tiba juga di Indonesia setelah cukup lama dinanti oleh calon konsumen di tanah air. Khusus untuk All New Nissan X-Trail dengan konfigurasi jok 3 baris alias tujuh penumpang pihak pabrikan hanya akan menyediakan dengan sistem berpenggerak 2WD.

Jika pada generasi sebelumnya Nissan X-Trail lebih akrab di kalangan para pecinta off-road, kini lewat generasi terbaru Nissan ingin menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi. Karena itu selain berpenampilan lebih “beradab”, All New Nissan X-Trail juga lebih layak dijadikan kendaraan harian ketimbang pendahulunya. Meski demikian Nissan juga tak ingin begitu saja meninggalkan segmen sebelumnya, sehingga varian berpenggerak empat roda pun masih disediakan meski dari segi desain tentu jauh berbeda dari versi lawasnya.

All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

All New Nissan X-Trail bukan sekedar ingin menjangkau kalangan lebih luas, namun SUV buatan Nissan ini juga didaulat mengambil alih pasar yang semula digarap oleh Nissan Dualis lewat All New Nissan X-Trail 7 seater. Sebagaimana diketahui bahwa Dualis kini digantikan oleh Nissan Qashqai yang hanya tersedia dengan konfigurasi kursi 2 baris atau 5 seater saja.

Di bagian interior maupun eksterior tentu saja banyak kemiripan antara All New Nissan X-Trail 7 seater dengan versi 5 seater nya. Kapasitas bagasinya sendiri memiliki daya muat 500 liter dan bisa membengkak menjadi 1520 liter jika jok tengah dan belakang dilipat. Jika dibandingkan dengan X-Trail lawas kentara sekali perubahan serta kesan yang ada di dalam kabin All New Nissan X-Trail. Desainnya bukan hanya lebih bersahabat namun juga terkesan jauh lebih modern.

All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

Dari segi kenyamanan tak ada kelemahan berarti yang bisa disebut dari dalam kabin SUV yang bakal menjadi kompetitor serius bagi Mazda CX-5 serta Honda CRV ini. Walau demikian jangan banyak berharap pada kenyamanan yang bisa diberikan oleh kursi baris ketiga. Meski tentu masih lebih nyaman dibanding kursi baris ketiga pada Datsun Go+ Panca (tanpa maksud membandingkan, dan ya keduanya beda kelas) namun penumpang dewasa bakal kesemutan dalam perjalanan jauh.

All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

Untuk kursi baris kedua kenyamanan yang diberikan lebih dari layak, bahkan masih ada pula air vents mampu menyejukkan penumpang. Sedangkan pada cup holder depan ada pula air vents yang dimaksudkan untuk menjaga minuman tetap dingin.

All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

Sedikit kelemahan ada pada layar di bagian tengah dashboard dimana bukannya kendali seperti aktivasi Bluetooth, melakukan/menerima panggilan dan sebagainya dilakukan lewat layar sentuh namun justru melalui tombol yang terletak pada lingkar kemudi yang kadang terasa kurang intuitif.

Untuk All New Nissan X-Trail 7 seater pihak pabrikan menyematkan dapur pacu empat silinder berbahan bakal bensin dengan kapasitas 2.5 liter dan transmisi X-Tronic. Opsi mesin 2.0 liter juga disediakan oleh pihak pabrikan untuk khusus untuk All New Nissan X-Trail 2WD 5 seater dengan transmisi manual.

Mesin 2.5 liter pada All New Nissan X-Trail mampu menghasilkan daya maksimum 171 PS pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimum 226 Nm pada 4400 rpm. Kentara sekali bagaimana Nissan melakukan kerja keras dalam menyempurnakan transmisi CVT X-Tronic, harus diakui bahwa CVT ini adalah salah satu yang terbaik saat ini. Meski demikian penyakit bawaan CVT pada saat berakselerasi tetap belum bisa dihilangkan sama sekali.

All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

Kamera belakang menjadi fitur vital pada All New Nissan X-Trail mengingat desain pilar D-nya yang sangat tebal. Sementara desai pilar A yang melebar juga cukup mengorbankan pandangan ke depan. Dua hal tersebut sebaiknya benar-benar diperhatikan sebelum Anda membuat keputusan beli, perhatikan baik-baik saat test drive hingga benar-benar yakin kedua fakta ini bisa Anda toleransi.

Kualitas riding serta handling-nya terbilang rata-rata untuk mobil di kelas ini, pemilik generasi sebelumnya bakal menyadari bahwa handling All New Nissan X-Trail lebih responsif ketimbang pendahulunya.

Secara keseluruhan lewat All New Nissan X-Trail bisa dibilang Nissan melakukan penyunatan besar-besaran terhadap kemampuan SUV ini menaklukkan medan berat dalam rangka meningkatkan performanya di jalanan on road. Soal kenyamanan jelaslah bahwa All New Nissan X-Trail memberikan tawaran lebih ketimbang versi lawasnya.

All-New Nissan X-Trail 2014 7 Seater

Sebagai kendaraan keluarga All New Nissan X-Trail layak dipertimbangkan, lebih-lebih konon harga All New Nissan X-Trail di Indonesia bakal dibuka di kisaran Rp 410 – 450 juta-an.