// //

Detil Terkini Mazda2 Terbaru

Mazda2 terbaru dipastikan bakal mulai rilis paling lambat pada bulan Oktober tahun ini, demikian dilaporkan oleh sebuah sumber kepada media otomotif online yang berbasis di Australia. Generasi ketiga dari Mazda2 tersebut bakal dirilis dalam dua opsi mesin empat silinder berbahan bakar bensin berteknologi SKYACTIV yang berpadu dengan transmisi manual enam kecepatan serta transmisi matic.

Dapur pacu Mazda2 terbaru untuk varian terendah bakal menghasilkan daya maksimum 107 PS dengan torsi maksimum 139 Nm. Pihak pabrikan mengklaim bahwa konsumsi BBM Mazda2 terbaru tercatat 5,5 liter/100 km. Menariknya meski dijanjikan mengusung segudang teknologi serta dapur pacu yang lebih bertenaga serta efisien namun Mazda menyebut bahwa harga Mazda2 terbaru tidak akan jauh berbeda dari versi yang sudah ada saat ini.

Dari segi dimensi hampir semua bagian pada Mazda2 terbaru bertambah dibanding pendahulunya kecuali pada dimensi lebar. Panjang wheelbase generasi ketiga dari subkompak hatchback kelas B andalan Mazda ini kini menjadi 2570 mm. Sementara panjang dan tingginya masing-masing menjadi 4060 mm dan 1500 mm.

All New Mazda2

All New Mazda2

Dengan penambahan dimensi ini maka ruang kabin Mazda2 bakal menjadi lebih lega dibanding Mazda2 generasi lawas. Namun apakah kapasitas bagasi juga ikut bertambah hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari pihak pabrikan.

Meski dimensinya bertambah namun bobot Mazda2 justru menyusut sekitar 100 kg dari versi yang ada saat ini. Artinya Mazda2 terbaru ini akan memiliki bobot kurang dari 1000 kg.

Pada bagian kabin, tingkat kenyamanan pengemudi dan penumpang merupakan fokus utama pembenahan interior Mazda2 generasi ketiga ini. Mendukung suspensi yang didesain ulang, kursi pengemudi dan penumpang pun didesain lebih suportif dan ergonomis dibanding sebelumnya.

Sementara itu di Eropa Mazda2 juga akan hadir dengan mesin turbo diesel serta hybrid. Dua tipe mesin tersebut memang sedang naik daun di negara-negara Eropa saat ini, maka tak heran jika Mazda pun tergoda untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan dua mesin itu.

Mazda2 sendiri menurut pihak pabrikan bakal diproduksi di tiga negara masing-masing Mexico, Jepang dan Thailand. Untuk Mazda2 terbaru yang bakal masuk Indonesia kemungkinan diproduksi di Thailand.

Mazda menjadi yang paling akhir merilis versi terbaru di subkompak hatchback kelas B setelah sebelumnya Ford Fiesta, Toyota Yaris dan baru-baru ini Honda Jazz terbaru sudah lebih dahulu beredar. Di AS, Eropa dan Australia Mazda2 adalah pilihan terfavorit di kelasnya, sementara di Indonesia Honda Jazz serta Toyota Yaris masih menjadi primadona.