// //

First Impression Review Dodge Journey di Indonesia

Dodge Journey hingga hari ini masih menjadi satu-satunya SUV berlogo Dodge yang beredar di Indonesia. Mengusung desain bodi yang unik, Dodge Journey meski pada hakekatnya adalah sebuah SUV namun pada beberapa bagian memiliki kesamaan karakter dengan MPV oleh karena ukurannya yang lumayan panjang. Menariknya, di Indonesia baik mobil ini maupun sepupunya (Jeep Grand Cheeroke) menyasar segmen lifestyle SUV, padahal di negara lain harga Dodge Journey tak beda jauh dari Mazda CX-5 atau Nissan X-Trail generasi terbaru.

Walau demikian harus diakui bahwa Dodge Journey memiliki cukup banyak kelebihan dibanding rival-rival tersebut, salah satunya adalah fitur serta kelengkapan yang lebih komplet meliputi rear parking sensors, leather seats, gear-shift knob, heated front seats, removable LED torch di bagasi, premium six-speaker audio system plus amplifier dan subwoofer, satellite navigation, dan monitor 9.0-inch yang mendukung wireless headphones serta remote control.

Harga Dodge Journey Indonesia

Spesifikasi Dodge Journey Indonesia

Kapasitas bagasinya sendiri tak terlalu luas jika dibanding kesan yang diberikan dari luar. Volume bagasi total 176 liter pada saat seluruh jok digunakan, sementara jika barisan jok belakang dilipat kapasitasnya membengkak menjadi 784 liter dan bahkan hingga 1461 liter saat jok tengah ikut dilipat.

Kabinnya sendiri bukan hanya berkesan mewah dengan balutan kulit di beberapa bagian, namun ruang yang tersedia pun cukup lega bahkan bagi penumpang dengan ukuran bodi jumbo sekalipun. Kemampuan kabin Dodge Journey dalam mengakomodasi penumpang kurang lebih sama seperti Jeep Grand Cheeroke yang juga sama-sama keluaran group Chrysler.

Review Dodge Journey Indonesia

Dodge Journey Indonesia

Sayangnya untuk harga lebih dari Rp 600 juta, dalam kabin Dodge Journey masih saja ditemukan material hard plastic. Fitur lain yang diharapkan ada dari mobil sekelas ini seperti foot rest serta auto headlight juga belum ada di dalamnya. Bagian terburuk adalah windscreen yang menghasilkan bunyi cukup berisik saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan di bagian dapur pacu, mesin empat silinder berkapasitas 2.4 liter nya bukan saja mampu menghasilkan daya maksimum 173 dk dan torsi 256 Nm namun sekaligus menghasilkan suara khas mobil Dodge layaknya Dodge Viper.

Berbeda dengan pendahulunya dimana transmisi empat kecepatan, kali ini Dodge mempercayakan penyaluran output mesin Dodge Journey pada transmisi enam kecepatan yang diklaim lebih halus dalam menyalurkan tenaga mesin. Pihak pabrikan juga mengklaim bahwa konsumsi BBM Dodge Journey terbaru ini lebih irit jika dibanding versi sebelumnya.

Saat dipacu, pedal gasnya terasa sangat ringan dan sensitif. Sedikit hentakan saja sudah mampu memberi perintah kepada dapur pacu Dodge Journey untuk mengembuskan tenaga yang cukup besar. Sisi negatifnya pengemudi perlu proses pembiasaan yang tidak singkat untuk bisa mengendalikannya pada kecepatan rendah.

Transmisi barunya kadang juga terasa lambat merespon saat mesin menghendaki gigi yang lebih tinggi dan saat pindah ke gigi yang lebih rendah lebih-lebih gigi 1 hentakannya masih cukup terasa.

Belum cukup sampai di situ, lingkar kemudinya juga terasa berat sehingga ketika mengemudikan di sekitar perumahan atau saat hendak parkir di pusat perbelanjaan pengemudi bakal dipaksa bekerja keras.
Sekalipun terasa nyaman dan stabil saat dipacu dalam kecepatan tinggi namun bantingan suspensinya cukup menyiksa penumpang dan pengemudi saat melewati jalanan yang kurang rata.

Dodge Journey Indonesia

Meski dari segi tampilan mobil ini mampu memberi nilai lebih namun sebagai mobil keluarga rasanya banyak hal yang meski dipertimbangkan. Sebab selain kabin yang lega, perangkat hiburan serta jok berlapis kulit pada dasarnya banyak kenyamanan yang dikorbankan di baliknya. Lebih-lebih dengan harga setidaknya Rp 200 juta lebih murah calon pembeli bisa melirik beberapa pilihan lain yang mampu memberi kenyamanan lebih baik ketimbang Dodge Journey. Harga Dodge Journey saat tulisan ini dibuat dibanderol Rp 625 juta untuk tipe SXT, pada saat yang sama dengan uang sebesar Rp 430 juta-an Anda sudah bisa meminang Mazda CX-5 Grand Touring dengan mesin 2.5 liter yang meski tak selega Dodge Journey namun memberikan kenyamanan yang lebih baik.