// //

All New Mazda2 Rayu Para Wanita

Selagi mayoritas hatchback seperti Ford Fiesta dan Nissan March berbenah diri dengan merubah tampilan imut dan feminin-nya menjadi lebih macho, Mazda sang bintang di segmen hatchback subkompak “B” justru melakukan pendekatan sebaliknya. Mazda2 yang menjadi andalan Mazda di kelas tersebut direncanakan akan hadir dengan major facelift pada tahun 2015 mendatang. Menurut pihak Mazda mobil mungil tersebut nantinya akan menggunakan platform Mazda CX-5.

Menariknya meski menggunakan platform SUV namun Peter Birtwhistle sang desainer menyebut bahwa desain All New Mazda2 nantinya akan dibuat lebih manis agar menarik kaum hawa. Alasan Peter tak lain adalah fakta bahwa hatchback kecil keluaran Mazda ini memiliki pangsa pasar utama di Asia dimana rata-rata penggunanya adalah kaum hawa. Karena itu Mazda urung menjadikan All New Mazda2 menjadi lebih macho sebagaimana sang kakak All New Mazda3 ataupun rendering Mazda2 yang pernah dirilis oleh sebuah media otomotif di Prancis Automobile Magazine France beberapa waktu lalu.

Meski demikian Peter Birtwhistle mengaku puas dengan desain yang saat ini tengah digarap dan dijadwalkan akan rilis pada tahun 2015 nanti. Sama halnya dengan All New Mazda3, All New Mazda2 akan menggunakan platform Mazda CX-5 yang dipendekkan.

all new mazda2 indonesia
All New Mazda2 Versi Automobile Magazine France

Keputusan pabrikan asal Jepang menggunakan platform CX-5 tersebut artinya All New Mazda2 akan sama sekali berbeda dengan Mazda2 yang sudah beredar saat ini. Sebagaimana diketahui bahwa Mazda2 yang saat ini beredar di pasaran masih menggunakan platform dari Ford Fiesta, maka tak heran jika banyak kemiripan di antara keduanya. Mazda2 dan Ford Fiesta merupakan proyek gabungan Mazda dan Ford yang berlangsung pada pertengahan tahun 2000-an. Kerja sama tersebut terputus pada tahun 2008 ketika terjadi restrukturisasi internal di tubuh Ford.

Kerja sama antar kedua pabrikan itu sendiri sebenarnya sudah berlangsung cukup lama tepatnya pada tahun 1979 ketika Ford membeli sebagian saham Mazda. Sejak saat itu banyak mobil Ford dan Mazda yang berbagi platform, selain Ford Fiesta dan Mazda2 ada pula Ford Ranger dan Mazda BT-50 dan banyak lagi jika ditelusuri.

All New Mazda2 sendiri nantinya akan diproduksi oleh fasilitas produksi Mazda di Jepang, Thailand, China dan Mexico. Unit All New Mazda2 yang beredar di Indonesia nantinya kemungkinan bakal berasal dari Thailand sebagaimana mobil-mobil lain yang beredar di sini.

Sementara itu platform Mazda CX-5 rupanya bakal menjadi platform andalan Mazda untuk mobil-mobil terbaru mereka di masa mendatang. Selain Mazda2 dan Mazda3 mobil lain yang bakal menggunakan platform CX-5 adalah CX-6, CX-8, CX-9 dan Mazda Biante.