// //

Menguji Ford EcoSport yang Segera Hadir di Indonesia

Ford EcoSport yang dipamerkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2013 lalu dipastikan bakal beredar di Indonesia pada tahun 2014 nanti. Nama Ford EcoSport tentu terasa asing bagi calon konsumen yang tinggal di luar wilayah Amerika Selatan termasuk Indonesia. Wajar saja mengingat crossover keluaran Ford ini selama ini hanya dijual di wilayah tersebut.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap mobil mini crossover seperti Nissan Juke yang belakangan diikuti oleh Honda Vezel bahkan rumornya Mazda juga segera menyusul dengan Mazda CX-3 maka Ford memutuskan EcoSport dipasarkan secara global mulai tahun depan. Di beberapa negara lain bukan hanya Nissan Juke, Honda Vezel dan Mazda CX-3 saja yang bakal dihadapi oleh Ford EcoSport namun juga Nissan Dualis dan kembarannya Peugeot 2008. Lantas seperti apakah mobil SUV yang konon bakal dilepas dengan harga kurang dari Rp 250 juta-an ini?

Ford EcoSport Indonesia

Melihat Lebih Detil Ford EcoSport

Sama seperti Honda Vezel yang dibangun dengan basis Honda Jazz demikian pula Ford EcoSport dibangun lewat platform Ford Fiesta hatchback yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Desain SUV mungil buatan Ford ini dirancang oleh divisi Ford di Melbourne, Victoria yang juga bertanggung jawab atas desain Ford Territory, mobil compact SUV yang beredar dan cukup poluler di Australia. Sementara itu untuk proses produksinya akan dilakukan di India.

Dengan tinggi mencapai 4,2 meter Ford EcoSport termasuk tinggi untuk ukuran sebuah crossover. Dibandingkan Ford Fiesta yang merupakan asal muasal EcoSport mobil ini lebih tinggi sekitar 1,7 meter dan memiliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu 200 mm.

Keputusan Ford untuk meletakkan ban cadangan di bagian belakang menurut kami adalah keputusan yag patut disesalkan, desain tersebut menjadikan Ford EcoSport tampak ketinggalan jaman. Tengok saja SUV sekelas di atasnya seperti Mazda CX-5, Honda CRV atau Toyota RAV4 yang tampak lebih modern dengan meninggalkan peletakan ban serep di bagian belakang dan memindahkannya di bawah.

Ford EcoSport

Ford EcoSport

Pada tipe-tipe tertingginya Ford melengkapi mobil barunya ini dengan cooled glovebox di kabin EcoSport. Seperti bisa diduga untuk sebuah mobil yang dijual dengan kisaran harga Rp 200 juta-an maka material plastik mendominasi kabin SUV mungil ini.

Tak seperti Indonesia dimana banyak mobil murah beredar tanpa dilengkapi fitur keselamatan yang memadai, Ford EcoSport sebagai mobil yang beredar di pasar global sudah melengkapi dirinya dengan tujuh airbags dan electronic stability pada semua tipe dari yang paling murah hingga yang termahal. Semoga saja fitur keselamatan tersebut tidak dikebiri ketika masuk di Indonesia hanya demi memangkas harga jual. Ford bahkan melengkapi mobil ini dengan fitur perintah suara yang secara otomatis yang menghubungi layanan darurat jika mobil mengalami kecelakaan. Soal yang satu ini terus terang kami ragu akan dipertahankan ketika dijual di Indonesia nanti.

Ford EcoSport

Ford EcoSport

Performa Ford EcoSport

Meski dari desainnya Ford EcoSport tak tampak sama dengan Ford Fiesta namun jika Anda sudah biasa mengemudikan Ford Fiesta maka Anda bakal terkejut akan betapa miripnya kedua mobil ini ketika dikendarai. Selain posisi dudukan yang lebih tinggi nyaris tak ada perbedaan antara mengemudikan Fiesta denga EcoSport.

Fakta tersebut merupakan keunggulan Ford EcoSport, sebab dengan handling yang sama dengan Fiesta artinya mobil ini cukup stabil dan nyaman dikendarai meski posturnya sedikit lebih tinggi. Tentu Ford melakukan setting ulang terhadap suspensinya untuk menyesuaikan dengan dimensi dan bobot EcoSport sendiri.

Berhubung posturnya yang tinggi maka wajar jika diketemukan gejala limbung pada Ford EcoSport saat menikung, namun gejala-gejala itu masih dalam takaran yang wajar dan tak membuat mobil ini menjadi kaku saat berbelok dengan kecepatan tinggi sekalipun.

Ford EcoSport Indonesia

Harga Ford EcoSport Indonesia

Meski tak dilengkapi dengan fitur khusus untuk menjelajahi medan berat namun berkat ground clearance yang tinggi Ford mengklaim bahwa EcoSport bisa melibas genangan air hingga sedalam 2,5 meter. Jadi pemilik Ford EcoSport di Indonesia rasanya tak perlu was-was menghadapi banjir yang kerap melanda di musim penghujan.
Ketika diajak berkotor-kotor di medan berat yang tak terlalu ekstrim, Ford EcoSport masih mampu meladeni tantangan dengan cukup stabil dan meyakinkan.

Dapur pacunya sendiri tersedia dalam dua opsi masing-masing berkapasitas 1.0 liter dan 1.5 liter. Kemungkinkan Ford EcoSport 1.0 liter yang dikenal juga sebagai Ford EcoSport ‘EcoBoost’ lah yang akan masuk ke Indonesia dengan memanfaatkan kebijakan LCGC sehingga harga jualnya bisa ditekan lagi.

Mesin berkapasitas 1.0 liter tiga silinder ini menghasilkan tenaga maksimal 92 kW dan torsi 170 Nm. Meski kapasitasnya kecil namun tenaga dan torsi yang dihasilkan lebih besar ketimbang Ford Fiesta 1.5 liter yang memuntahkan tenaga maksimal 82 kW dan torsi 140 Nm.

Spesifikasi Ford EcoSport Indonesia

Di pihak lain Ford EcoSport 1.5 liter juga memiliki performa yang tak kalah mengesankan, hanya saja dengan pertimbangan rasio antara performa dan efisiensi bahan bakar maka mesin ‘EcoBoost’ 1.0 liter adalah pilihan yang paling ideal untuk menopang bobot mobil seukuran Ford EcoSport.

Meski hanya berkapasitas 1.0 liter dengan konfigurasi tiga silinder namun Ford EcoSport menawarkan akselerasi yang pantas diacungi jempol. Bahkan suara mesin yang dihasilkan pun jauh lebih halus jika dibanding mesin tiga silinder pada mobil-mobil murah merek lain.

Mesin EcoBoost 1.0 liter oleh Ford dipadukan dengan transmisi matic lima kecepatan, sementara untuk mesin 1.5 liter bakal berpasangan dengan transmisi matic enam kecepatan.

Sudah tergiur dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Ford EcoSport? Sabar saja sebab PT Ford Indonesia sendiri sudah memastikan kehadiran mobil ini di Indonesia tahun depan.