// //

Kesan Pertama Bersama All New Honda Jazz

All New Honda Jazz 2013 yang dijadwalkan resmi rilis di beberapa negara pada pertengahan 2014 nanti. Kali ini Honda rupanya sangat menyadari semakin ketatnya persaingan di segmen subkompak hatchback kelas “B”. Karenanya banyak upaya memotong biaya produksi All New Honda Jazz 2013 agar harga jualnya tetap kompetitif dibandingkan para kompetitornya.

Di beberapa negara bahkan All New Honda Jazz 2013 dibangun dengan muatan lokal yang sangat tinggi demi menekan ongkos produksi tersebut. Sambil menanti rilis resmi Honda Jazz terbaru itu pihak pabrikan mengundang media otomotif untuk mencoba langsung city car hatchback andalannya itu di sirkuit Montegi Jepang.

All New Honda Jazz 2013 Lebih Gahar

Seperti yang bisa dilihat pada foto-foto Honda Jazz terbaru yang sudah banyak beredar, Honda mencoba mempertahankan dimensi dan proporsi generasi sebelumnya pada All New Honda Jazz 2013. Meski dimensinya tak banyak berubah namun dari segi desain banyak yang berubah dari versi terbaru ini. Perubahan tersebut paling kentara jika dilihat dari depan dimana grille barunya kini lebih ramping, sporti dan berkesan agresif jika dibanding Jazz yang sudah ada saat ini.

All New Honda Jazz 2013 Indonesia

Selain itu keberadaan air vents berukuran lebar di bagian bumper depan semakin menambah kesan sporti pada Honda Jazz keluaran terbaru ini. Bisa dilihat bagaimana para desainer Honda berusaha keras untuk menampilkan aura sporti dan berotot pada All New Honda Jazz dan meninggalkan kesan “manis” yang dimiliki oleh generasi pendahulunya.

Desain baru tersebut bukan hanya bakal diketemukan di sektor eksterior, sebab masuk ke kabin Honda Jazz 2013 segera Anda akan menyadari betapa banyak perbedaannya dari Honda Jazz yang Anda kemudikan saat ini. Semua bagian kabin tertata dengan baik dengan mengedepankan unsur fungisonalitas dan ergonomis. Jok bagian depan juga terasa sangat suportif dan nyaman baik bagi pengemudi maupun penumpang.

All New Honda Jazz 2013 versi pre produksi yang diuji coba di Montegi tersebut dilengkapi dengan layar sentuh berukuran cukup lebar yang selain berfungsi sebagai kendali sistem perangkat hiburan sekaligus berfungsi sebagai digital climate control yang menurut kami tidak akan tersedia pada veri All New Honda Jazz 2013 yang beredar di Indonesia nantinya.

Honda Jazz Baru


Dalam banyak hal kami menyadari bahwa Honda benar-benar berusaha memotong ongkos produksi Honda Jazz sehingga dari segi kualitas rasanya nuansa premium ala Honda tidak begitu terasa di dalam kabin All New Honda Jazz 2013. Namun tentu kami sadar pula bahwa Honda tak punya pilihan lain selain menjaga agar harga Honda Jazz terbaru tak terlampau mahal, selain itu pabrikan lain pun melakukan upaya serupa dalam memproduksi mobil andalan mereka di segmen subkompak hatchback kelas “B” yang super kompetitif ini.

Di barisan jok belakang Honda masih mempertahankan keunggulan Honda Jazz lama yaitu dudukan yang nyaman dan lega bagi penumpang yang duduk di bagian belakang ini. Honda Jazz memang terkenal memiliki kabin paling lega di kelasnya, bahkan bisa dibilang setara dengan beberapa jenis mobil tipe saloon yang ada di pasaran.
Honda bahkan meratakan lantai bagian belakang agar All New Honda Jazz 2013 bisa mengangkut tiga penumpang di jok belakang jika terpaksa. Namun adanya sedikit tonjolan pada bagian tengah jok belakang jelas tidak memberi kenyamanan bagi penumpang yang duduk di sini.

New Honda Jazz Indonesia

Dapur Pacu All New Honda Jazz 2013

All New Honda Jazz 2013 yang tersedia untuk sesi uji coba di Montegi mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter hybrid dengan transmisi CVT. Versi ini hampir bisa dipastikan tak akan dijual di Indonesia. Mesin 1.5 liter ini memiliki karakter tenaga yang merata di setiap putaran yang menurut hemat kami merupakan kontribusi dari motor listrik yang kuat di putaran bawah.

Secara umum bisa dibilang bahwa performa All New Honda Jazz 2013 setara dengan pendahulunya. Demikian pula dari segi kualitas dan potensinya di pasar. Jika ada hal yang berubah dari Honda Jazz terbaru dibanding versi sebelumnya selain desain sudah pasti adalah harga jual yang bakal lebih kompetitif. Pengalaman Honda di pasar global tampaknya membuka mata pabrikan berlogo “H” tersebut bahwa nama besar mereknya saja tak cukup untuk menjustifikasi harga jual yang lebih mahal dibanding mobil merek lain.
Sebab memang harus jujur diakui bahwa dengan kemampuan pabrikan lain menghasilkan mobil dengan kualitas setara saat ini maka satu-satunya unsur “premium” yang ada pada Honda saat ini hanyalah dalam hal harga.