// //

Suzuki Ignis Masuk Indonesia Harga Mulai 139 Jutaan

Suzuki Ignis dijanjikan masuk Indonesia semester pertama tahun ini setelah meraih sukses luar biasa di India. Banderol harga mulai Rp 139,5 Juta hingga Rp 169,5 Juta menunjukkan harapan besar PT. SIS untuk merangkul segmen yang lebih besar lewat salah satu mobil terbarunya tersebut.

Anda tentu setuju bahwa selama ini mobil Suzuki tidak dipersepsi sebaik Honda atau Toyota bukan?
Dan bukan kali pertama pabrikan berlogo huruf “S” tersebut menghadirkan mobil mungil, sebelumnya sudah tercatat Suzuki Splash yang meski awalnya cukup populer namun belakangan mengalami decline. PT. SIS mencoba memasukkan Suzuki Celerio namun tidak disambut antusias oleh konsumen.

Apa yang membuat mereka menaruh harapan tinggi kepada Suzuki Ignis? Lebih-lebih di kisaran harga setara ada beberapa kompetitor yang meski menyandang predikat sebagai LCGC namun mengusung emblem merek yang lebih dipersepsi positif.

Suzuki Ignis Masuk Indonesia


Suzuki Ignis: Hatchback atau SUV?

Maraknya permintaan akan mobil small atau compact SUV tampaknya dimanfaatkan dengan baik oleh Suzuki kala melahirkan konsep Ignis. Kehadiran Mazda CX-3, Honda HR-V dan belakangan Toyota C-HR yang disambut antusias oleh pasar membuktikan kecenderungan tersebut.

Namun harga tiga compact SUV tersebut bukan harga yang umum terjangkau oleh daya beli kebanyakan konsumen di emerging markets. Berangkat dari fenomena itulah Suzuki melahirkan Ignis yang seolah ingin menciptakan persepsi di benak konsumen bahwa Suzuki Ignis adalah versi lebih terjangkau atau murah dari compact SUV seperti Toyota C-HR, Mazda CX-3 atau Honda HR-V.

Walau sekilas tampilan eksterior Suzuki Ignis memang menyerupai light SUV namun jika diperhatikan spesifikasi teknisnya saja ternyata ground clearance Suzuki Ignis hanya lebih tinggi 40 mm dibanding Suzuki Swift.

Tak hanya itu, mobil terbaru Suzuki ini juga mengadopsi sistem penggerak roda depan (FWD) yang tentu tidak lumrah diterapkan pada sebuah SUV. Dimensi Ignis jelas lebih besar jika dibandingkan Celerio namun tidak sampai sebesar Swift, jadi ia berada di tengah-tengah antara keduanya.

Panjangnya yang mencapai 3700 mm berarti lebih panjang 100 mm dari Suzuki Celerio, sementara lebarnya sekitar 60 mm lebih lebar dari Celerio dan 35 mm lebih sempit dibanding Suzuki Swift. Bobotnya 5 kg lebih berat dibanding Celerio serta 170 kg lebih ringan dari Suzuki Swift. Sementara untuk kapasitas bagasi Ignis menawarkan volume lebih besar dibanding Celerio maupun Swift.

Mengintip Interior Suzuki Ignis

Seperti bisa ditebak bahwa untuk kisaran harga Suzuki Ignis interiornya jelas mengandalkan material plastik keras (hard plastic). Namun perpaduan antara tekstur dengan kelir two tone pada dashboard memberi nilai cukup baik dari sisi estetika.

Suzuki Ignis Interior

Foto interior Suzuki Ignis yang dimuat Auto Je-Jo merupakan kombinasi metallic beige dengan kesan kurang dinamis. Tapi jangan risau, sebab Suzuki juga menyediakan warna lain yang lebih berani seperti orange dan aqua serasi dengan kelir spion, grille serta bezel yang mengelilingi foglight.

Untuk yang satu ini Ignis harus diakui tampil lebih menarik dibandingkan Suzuki Celerio maupun Suzuki Swift.

Namun ada beberapa kekurangan Suzuki Ignis di sektor interior yang cukup disayangkan seperti pintu yang terasa kurang solid, posisi duduk pengemudi kurang ideal serta jok tidak terlalu memuaskan dari sisi kenyamanan.
Setidaknya lehroom serta headroom yang disediakan terbilang lega untuk ukuran sebuah mobil dengan dimensi minim seperti ini. Untuk dalam kota masih nyaman dihuni penumpang dewasa dengan ukuran tubuh normal rata-rata orang Indonesia.

Interior Suzuki Ignis Indonesia


Spesifikasi Suzuki Ignis

Mesin
  • Mesin : 1.2 Liter, 1250cc
  • Daya Maksimum : 84PS/6.000rpm
  • Torsi : 115 Nm
  • Tangki Bahan Bakar : –
Transmisi
  • 5 Speed Manual/AMT
Dimensi
  • Panjang : 3.700 mm
  • Lebar : 1.660 mm
  • Tinggi : 1.595 mm
  • JRadius Putar : 4.7 m
  • Tinggi terendah ke tanah : 180 mm
  • Bagasi : 258L
Bodi / Suspensi / chasis
  • Body type: 5-passenger crossover
  • Suspensi depan : MacPherson strut with lower transverse link
  • Suspensi belekang : Twist beam suspension with coil spring
Velg / Ban
  • 175/65/R15 Radial tubeless, Alloy wheel
Interior / Eksterior – Interior
  • AC
  • Power Stering
  • Ventilasi AC Belakang
  • Engine ON/OFF
  • Power Outlet
  • Radio
  • Speaker
  • Blutooth
– Eksterior
  • Spoiler
  • Side Reperater Lamp : Standard
  • High Mounted Stop Lamp : Standard
  • Front Fog Lamp : Standard
Pengereman

  • Disc (Depan), Drum (Belakang), ABS
Fitur Keamanan

  • Keyless Entry
  • Airbags
  • Alarm System
  • Auto Lock System

Performa Suzuki Ignis

Di balik bonnet dijejalkan dapur pacu berkapasitas 1.2 liter empat silinder yang sanggup menghasilkan daya maksimum 84 PS pada 6000 rpm serta torsi maksimum 115 Nm pada 4400 rpm. Secara teoritis output tersebut mestinya cukup menghela bobot Ignis yang hanya 865 kg.

Spesifikasi Suzuki Ignis

Pada pengujian terasa akselerasi Ignis cukup ringan serta halus dihantar oleh transmisi AMT. Kondisi lalu lintas dalam kota tampaknya merupakan habitat paling ideal untuk dijelajahi dengan Suzuki Ignis.

Kelenbihan dan Kekurangan Suzuki Ignis

Sedangkan riding quality -nya masih terasa jauh di bawah kenyamanan yang ditawarkan oleh Suzuki Swift. Di jalanan dengan permukaan aspal yang baik kekurangan ini tidaklah terlalu terasa namun kondisinya terasa berbeda kala harus melewati polisi tidur atau permukaan aspal kurang baik.

Harga Suzuki Ignis di Indonesia di kisaran Rp 135,5-169,5 Juta-an bakal membuatnya berhadapan dengan Renault Kwid yang beberapa bulan silam resmi meluncur di Indonesia.