// //

Menilik Persaingan Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio di Segmen Diesel

Persaingan antara dua Low MPV terfavorit yaitu Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio memasuki babak baru setelah keduanya menghadirkan versi berbahan bakal solar alias mesin Diesel. Suzuki Ertiga Diesel di Indonesia diperkirakan bakal hadir pada akhir tahun ini, pihak pabrikan sudah sempat melakukan uji coba baru-baru ini. Sementara itu untuk kehadiran Honda Mobilio Diesel di Indonesia hingga kini masih sebatas wacana, namun bukan tidak mungkin kehadiran Ertiga Diesel bakal mengubah pendirian kompetitornya itu.

Dari segi tampilan eksterior tak banyak perbedaan antara Suzuk Ertiga Diesel dengan versi berbahan bakar bensin yang sudah beredar di Indonesia saat ini. Suzuki masih mempertahankan tampilan ala hatchback pada bagian depan dan tampilan ala van pada bagian buritan yang sejauh ini terbukti diterima dengan baik oleh konsumen.

Honda Mobilio Diesel pun tak jauh berbeda, tampilan depan ala Honda Brio serta desain pilar D yang unik pada Honda Mobilio yang sudah kita kenal sebelumnya masih tak berubah. Demikian pula desain bagian buritan yang menurut banyak orang adalah bagian terbaik dari tampilan eksterior Honda Mobilio secara menyeluruh.

Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio

Interior Suzuki Ertiga Diesel pun juga tak berubah dari saudaranya yang bermesin bensin. Kabin yang cukup lega serta finishing yang baik adalah keunggulan Suzuki Ertiga. Sayang akses ke bangku baris ketiga tidak semudah Honda Mobilio karena desainer Suzuki memutuskan untuk menggunakan bangku baris kedua model geser.

Di dalam kabin Suzuki Ertiga penumpang juga memperoleh kenyamanan yang lebih layak karena posisi dudukan yang tinggi, hasilnya kaki penumpang tidak terasa terlalu sesak atau menekuk. Sebaliknya, meski dimensi Honda Mobilio tak jauh berbeda dari Ertiga namun posisi dudukan yang lebih rendah membuat ruang kaki penumpang di bagian belakang terasa lebih sesak.

Desain serta kualitas jok Suzuki Ertiga juga jauh lebih nyaman serta suportif ketimbang Honda Mobilio. Meski keduanya tak dirancang untuk perjalanan jauh, namun jika dipaksa Suzuki Ertiga masih lebih nyaman ketimbang Honda Mobilio, setidaknya dari sudut pandang penumpang.

Seperti sudah banyak banyak disinggung dalam berbagai review bahwa finishing interior Honda Mobilio cukup mengecewakan, sama halnya dengan interior Honda All New Jazz 2014. Sebaliknya, meski menyasar pasar segmen bawah namun Suzuki tetap serius menggarap Suzuki Ertiga. Hasilnya, lagi-lagi Suzuki Ertiga unggul atas Honda Mobilio di sektor ini meski soal kapasitas ruang Mobilio tetap unggul atas Ertiga.

Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio

Perbandingan Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio

Untuk dapur pacu Suzuki Ertiga mengandalkan mesin Diesel berkapasitas 1.3 liter buatan Fiat yang sudah teruji sebelumnya oleh Suzuki SX4 Diesel. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan daya maksimum 90 PS pada putaran 4000 rpm dengan torsi maksimum 200 Nm pada 1750 rpm. Ditilik dari spesifikasinya dapur pacu Suzuki Ertiga Diesel tak berbeda dengan Chevrolet Spin.

Keunggulan mesin Diesel buatan Fiat ini adalah suaranya yang terbilang halus untuk ukuran sebuah mesin Diesel, bahkan sebuah media otomotif online di India menyebut bahwa mesin ini hanya berputar pada 2600 rpm manakala dipacu pada kecepatan 120 km/jam dengan gigi 5. Sayangnya, sama seperti umumnya mesin Turbo Diesel, gejala lag masih tetap terasa pada Suzuki Ertiga Diesel ini.

Mesin Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio

Di lain pihak Honda Mobilio dipersenjatai dengan dapur pacu yang lebih bertenaga. Kapasitasnya tercatat 1.5 liter dengan daya maksimum 98 PS dengan torsi yang sama seperti dapur pacu Suzuki Ertiga Diesel. Keunggulan mesin Honda Mobilio Diesel ini adalah torsi yang merata pada setiap putaran. Sedangkan kelemahan mesin Honda Mobilio Diesel adalah pada suara mesin yang lebih berisik dibanding Suzuki Ertiga, meski masih dalam batas yang bisa ditolerir.

Pilih mana Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio

Sedangkan kualitas riding Suzuki Ertiga tampak sekali lebih ditujukan untuk kenyamanan penumpang, akselerasinya terasa halus hingga penumpang tak bakal merasa terganggu. Gejala limbung alias body roll pada Ertiga lebih banyak diketemukan ketimbang pada Honda Mobilio. Walau demikian masih dalam batas terkendali dan tak bakal mengurangi rasa percaya diri pengemudi saat memacunya dalam kecepatan tinggi.

Suspensi Honda Mobilio terasa lebih menguntungkan bagi pengemudi jika dibanding Suzuki Ertiga. Stabilitasnya terasa nyaris sempurna untuk ukuran sebuah mobil MPV, di sinilah keunggulan Honda Mobilio tampak superior dibanding Suzuki Ertiga.

Diantara keduanya memang tampilan eksterior Suzuki Ertiga tak sebaik Honda Mobilio, namun begitu masuk ke dalam kabin Anda akan segera menyadari bahwa kualitas yang ditawarkan sama sekali tak mencerminkan murahan sebagaimana harganya. Finishing serta desain interior yang baik, ditambah ruang yang cukup lega bagi pengemudi maupun penumpang dengan ukuran tubuh rata-rata orang Indonesia merupakan keunggulan Suzuki Ertiga yang hingga kini masih sulit ditemukan pembandingnya di kelas ini.
Walau dapur pacu serta stabilitasnya tak sebaik Honda Mobilio namun untuk sebuah mobil keluarga kondisi tersebut rasanya tak bakal mengganggu.

Suzuki Ertiga vs. Honda Mobilio

Honda Mobilio di lain pihak menawarkan kabin yang lega, mesin yang lebih bertenaga serta stabilitas lebih baik. Namun finishing interior yang terkesan asal-asalan membuat pengemudi dan penumpang segera menyadari bahwa mereka sedang berada dalam kabin sebuah mobil murah.

Seperti biasanya pilihan akhir tentu ada di tangan konsumen sesuai selera, kebutuhan serta preferensi masing-masing.