// //

Ulasan Nissan New March 1.5

Nissan New March bukan sekedar hadir di Indonesia dengan facelift yang menjadikannya mobil terbaik dari segi desain dibanding rival sekelasnya di hatchback subcompact A namun bahkan pabrikan asal Jepang itu menawarkan varian mesin 1.5 liter yang membawanya bersaing dengan hatchback subcompact B yang didominasi oleh Yaris dan Jazz selama ini.

Nissan New March 1.2 liter masih tetap menjadi salah satu mobil favorit di segmen A, namun tentu kondisi persaingan di segmen B sama sekali berbeda. Selain Toyota Yaris dan Honda Jazz masih ada banyak pemain unggulan lainnya seperti Mazda2 dan All New Ford Fiesta. Jelas sekali bahwa bermain di subkompak B bagi Nissan takkan semudah ketika masih puas berada di subkompak A saja.

Memang dari segi penampilannya saja Nissan New March tak kalah dari para kompetitor, namun selama ini nama Nissan March sendiri sudah terlalu identik dengan mobil hatchback murah. Citra merek itu bisa berpotensi menjadi blunder mengingat kebanyakan konsumen subkompak B lebih mempertimbangkan lifestyle ketimbang harga.

Harga Nissan New March 1.5

Dari segi desainnya tak ada perbedaan kentara antara Nissan New March 1.5 dengan Nissan New March 1.2. Bagian depan sama-sama menggunakan grill dengan desain “V” sebagaimana mobil-mobil terbaru keluaran Nissan. Di bagian samping, nyaris tak ada perubahan dibanding Nissan March lawas.

Spesifikasi Nissan New March 1.5

Bukan hanya desain eksterior saja yang sama persis antara March 1.2 dengan 1.5, bagian interiornya pun sama persis antara keduanya baik dalam hal desain maupun warna. Sedikit mengecewakan, sebab kami berharap Nissan bakal memberikan interior dengan material yang lebih premium untuk versi mesin 1.5 liter-nya.

Review Nissan New March 1.5 Indonesia

Tentang Nissan New March 1.5

Meski minim nuansa premium namun desain dan layout-nya cukup fungsional, logis serta setiap instrumennya mudah dibaca. Kabinnya pun terasa cukup lega untuk mobil sekelasnya meski jok belakang lebih ideal jika hanya diisi dengan dua penumpang dewasa saja.

Beberapa fitur yang membedakan antara Nissan New March 1.5 dengan versi 1.2 liter antara lain adalah auto foldable mirrors, fog lamps dan side body molding. Sementara fitur keselamatannya sendiri meliputi security alarm with shock sensor, SRS airbag for driver & passenger, front & rear seatbelts, Vehicle Dynamic Control, Speed Sensoring Auto Lock serta 4 sensor parkir.

Hingga kini Nissan March 1.5 hanya tersedia dalam dua tipe yaitu dengan transmisi manual dan auto. Sementara dapur pacu 1.5 liter-nya mampu menghasilkan daya maksimum 102 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum 104 Nm untuk versi auto dan 106 Nm untuk versi manual.
Transmisi auto yang digunakan oleh Nissan New March 1.5 AT adalah transmisi X-tronic yang berbeda sama sekali dengan transmisi auto yang umum digunakan oleh mobil-mobil lain yang beredar saat ini.
Tanpa banyak membahas masalah teknis mengenai transmisi X-tronic ini efek yang bisa dirasakan adalah performa mesin yang lebih baik, konsumsi BBM lebih efisien serta akselerasi yang lebih halus.

Sayangnya pada saat bersamaan transmisi X-tronic ini juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah meski pengemudi merasa telah menginjak pedal gas cukup dalam namun akselerasinya tidak terasa segera muncul. Kondisi ini bakal terasa makin parak ketika mobil dimuati penumpang penuh.

Nissan New March 1.5

Namun secara keseluruhan performa mesin 4 silinder berkapasitas bersih 1498 cc ini cukup baik mengingat sejak awal memang Nissan New March tidak dirancang sebagai hot hacthback.
Memang jika dibandingkan dengan Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2 atau Ford Fiesta maka Nissan New March terasa masih jauh di bawahnya, namun jangan lupa bahwa harga Nissan New March 1.5 juga jauh lebih murah ketimbang merek-merek yang disebut sebelumnya itu. Dengan harga Rp 181 juta saja konsumen sudah bisa memboyong Nissan New March 1.5 ke garasinya, sementara dengan versi transmisi auto-nya juga hanya berselisih Rp 10 juta lebih mahal.

Spesifikasi Nissan New March

Tipe Manual  Matic


 Displacement (cc) 1498  1498


 Bore x stroke (mm)   78.0 x 78.4   78.0 x 78.4


 Max. output (PS/rpm)  102/6000  102/6000


 Max. torque (Kg-m/rpm)  10.8/4400  10.6/4400


 Fuel System  ECCS  ECCS


 Steering  Rack & Pinion with EPS  Rack & Pinion with EPS


 Brakes front  Ventilated Disc  Ventilated Disc


 Brakes rear  Drum  Drum


 Brakes ABS + EBD + BA  With  With


 Suspension Front  McPherson Strut with Coil Spring  McPherson Strut with Coil Spring


 Suspension Rear  Torsion Beam  Torsion Beam