// //

Mitsubishi Lancer Evo “Dibunuh”

Mitsubishi Lancer Evo salah satu mobil legendaris yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Jepang Mitsubishi akhirnya segera menghilang dari pasaran setelah sang produsen meniatkan diri untuk mengakhiri produksi mobil tersebut.

Saat ini produksi Mitsubishi Lancer Evo X yang adalah generasi terakhir dari seri Lancer masih tetap berlangsung, namun kondisi ini hanya akan bertahan hingga akhir tahun 2014 nanti. Pabrikan otomotif asal Jepang itu memutuskan berhenti memproduksi dan memasarkan Mitsubishi Lancer oleh karena permintaan yang terus menurun.

Seiring munculnya mobil-mobil baru yang mengusung berbagai fitur modern dan desain baru memang popularitas Mitsubishi Lancer Evo secara umum menurun drastis, namun sebenarnya dari segi performa mobil sedan sport buatan Mitsubishi ini masih lebih unggul dibandingkan mobil-mobil baru di harga yang hampir sama.

Mitsubishi Lancer Evo sendiri pertama kali diproduksi dan dirilis ke pasaran pada tahun 1992, ketangguhannya sudah teruji bukan hanya sebagai kendaraan harian namun juga pada beberapa event Rally dunia termasuk WRC. Sementara generasi terakhirnya yaitu Mitsubishi Lancer Evo X mulai muncul pada tahun 2007 dan semenjak itu Mitsubishi tidak melakukan major facelift.

Bagi penggemar Mitsubishi Evo tentu berita ini sangat disayangkan sebab sebenarnya masih banyak yang berharap pabrikan tersebut bakal melakukan major facelift dengan tetap mempertahankan sasis dan suspensi yang ada saat ini karena sudah terbukti kenyamanan dan ketangguhannya.

Mitsubishi Lancer Evo

Pada gelaran Tokyo Motor Show bulan November lalu Managing Director strategi dan perencanaan produk Mitsubishi, Ryogu Nakao sudah menjelaskan bahwa Mitsubishi Lancer Evo X merupakan generasi terakhir dari lini produk Mitsubishi Lancer Evo. Sebagai gantinya Mitsubishi sedang merencanakan sebuah mobil kompak berteknologi plug-in hybrid sebagaimana digunakan pada Mitsubishi Outlander PHEV. Namun calon pengganti Mitsubishi Lancer yang merupakan hasil kerjasama antara Mitsubishi dan Renault tersebut sejauh ini masih jauh dari realita. Diperkirakan mobil tersebut baru akan muncul ke publik paling cepat di tahun 2016.

Pekan lalu dalam rangka memeringkati ulang tahun ke 40 Mitsubishi Lancer Evo, Mitsubishi UK merilis Mitsubishi Lancer Evo X Special Edition FQ-440 MR dengan beberapa upgrade di sektor eksterior, interior dan performa. Mitsubishi Lancer Evo X FQ-440 MR tersebut mampu menghasilkan daya maksimum 446 PS dan torsi 559 Nm berkat re-mapping ECU dimana versi standarnya “hanya” memuntahkan daya maksimum 151 PS dan torsi maksimum 193 Nm.