// //

Jeep Renegade – Crossover dari Jeep

Nama Jeep selalu identik dengan mobil SUV yang tangguh melibas segala medan. Bahkan saking tenarnya merek tersebut akhirnya di Indonesia nama Jeep menjadi generic, orang dengan latah menyebut jip untuk semua mobil SUV sebagaimana halnya menyebut Aqua untuk semua AMDK.

Sederetan mobil keluaran Jeep mulai dari Wrangler, Grand Cherokee hingga Patriot sudah mendapat tempat khusus di hati para penggemarnya. Namun yang mengejutkan adalah ketertarikan pabrika asal AS tersebut untuk terjun ke kategori baby SUV atau Crossover yang memang sedang naik daun belakangan ini. Lewat Jeep Renegade pabrikan yang mobil buatannya sudah populer sejak masa Perang Dunia II tak ingin ketinggalan berebut manisnya pasar kategori baby SUV.

Jeep Renegade sendiri pertama kali diperkenalkan pada event Geneva Motor Show, sebelumnya memang mobil yang sama sudah pernah muncul pada gelaran Detroit Motor Show meski saat itu belum belum resmi dinamai Renegade.

Mobil Jeep Renegade

Meski desainnya sendiri digarap di Detroit namun produksinya dilakukan di Italy oleh Fiat. Pabrikan otomotif asal Amerika itu sendiri menjanjikan Jeep Renegade sebagai crossover tertangguh di jalanan aspal maupun off-road. Tak cukup sampai disana, bahkan baru-baru ini pabrikan tersebut mengumumkan varian Jeep Renegade Trailhawk yang secara khusus dirancang sebagai mobil off-road.

Sementara versi standar Jeep Renegade memiliki ground clearance 170 mm, khusus untuk varian Trailhawk rencananya akan memiliki ground clearance 200 mm atau bahkan mungkin 220 mm.

Renegade bakal tersedia dalam opsi berpenggerak roda depan dan 4WD. Sementara untuk dapur pacunya sendiri akan tersedia setidaknya dalam tiga opsi yaitu 2.4 liter empat silinder MultiAir2 Tigershark yang menghembuskan 186 PS dan 236 Nm; Mesin 1.4 liter Multishark Turbo dengan daya maksimum 170 PS dan torsi 250 Nm serta mesin 1.6 liter E.TORQ berdaya maksimum 110 PS dan torsi maksimum 152 Nm.

Jeep juga akan menjadi pabrikan pertama yang menawarkan mobil crossover dengan transmisi matic sembilan kecepatan yang bakal tersedia untuk opsi mesin 2.4 dan 1.4 disamping transmisi manual enam kecepatan. Sementara untuk varian yang mengusung dapur pacu 1.6 liter hanya tersedia dengan transmisi manual lima kecepatan.

Mobil Jeep Renegade

Jeep Renegade

Mobil Jip

Jeep Renegade

Harga Jeep Renegade

Spesifikasi Jeep Renegade

Tujuan pabrikan tersebut meluncurkan mobil crossover Jeep Renegade tak lain adalah dalam rangka menarik target market baru yang selama ini tidak dijangkau oleh lini produk Jeep lainnya. Dan sama halnya dengan sang legenda Jeep Willys, atap Renegade nantinya juga bisa dilepas jika dikehendaki oleh pemiliknya baik secara manual maupun via power tilt/slide system.

Mobil yang lahir sebagai hasil kerjasama antara Chrysler dengan Fiat ini rencananya bakal mulai beredar paling lambat akhir tahun ini dengan harga yang tak jauh beda dari Nissan Juke dan Ford EcoSport.