// //

Foto Toyota Yaris Versi Eropa Beredar

Belum lama ini All New Toyota Yaris versi Thailand atau yang banyak disebut sebagai “Yaris Lele” resmi dijual di Indonesia. Sementara itu beberapa negara lain yang selama ini merupakan pasar Toyota Yaris versi Eropa masih menantikan kehadiran versi terbaru dari hatchback subkompak B andalan Toyota ini.

Penantian tersebut rupanya tidak berlangsung lama, sebab baru-baru ini foto Toyota Yaris terbaru yang berasal dari hasil scan-scan-an brosur tersebut beredar di dunia maya. Foto yang berasal dari brosur Toyota Vitz berbahasa Jepang tersebut pertama kali diedarkan oleh sebuah situs otomotif berbasis di Italia.


Dari foto tersebut tampak bahwa bagian depan Toyota Yaris memiliki beberapa kesamaan dengan Toyota Corolla hatchback yang sudah lebih dahulu beredar di Eropa dan Australia. Selain versi standar tampaknya Toyota juga bakal merilis Toyota Yaris tipe RS yang memiliki lower intake berukuran lebih besar ketimbang tipe standard-nya plus velg alloy berkelir hitam.

Masih bersumber dari brosur yang sama Toyota rupa-rupanya melakukan upgrade terhadap sistem perangkat hiburan Yaris terbaru ini. Sebaliknya untuk dapur pacu dan transmisinya masih mengandalkan mesin dan transmisi yang sama dengan Yaris versi Eropa dan Jepang yang ada saat ini yaitu mesin 1.3 dan 1.5 liter dengan pilihan transmisi manual lima kecepatan atau matic lima empat kecepatan.


Sementara itu sebuah situs otomotif di Inggris melaporkan bahwa Toyota Yaris versi terbaru itu bakal lansir di negeri tersebut pada bulan Mei tahun ini. Toyota UK sendiri menjadwalkan pengumuman resmi tersebut dalam beberapa minggu kedepan.

Di negara tetangga, Australia yang selama ini juga mendapat pasokan Toyota Yaris versi Eropa kabarnya versi facelift ini akan mulai beredar pada kuartal keempat tahun ini. Di negeri tersebut Toyota Yaris menjadi mobil hatchback subkompak B terlaris kedua setelah Mazda2.

Sementara itu untuk Yaris versi AS masih belum jelas apakah akan menggunakan versi yang sama dengan Eropa atau menunggu terwujudnya kesepakatan antara Toyota dan Mazda. Semula dikabarkan bahwa Yaris versi AS akan menggunakan teknologi Skyactiv buatan Mazda dalam rangka mendongkrak penjualan Toyota Yaris yang lesu di pasar tersebut.