// //

Toyota Yaris Terbaru Bakal Gunakan Teknologi Mazda2

Mazda2 terbaru alias All New Mazda2 sudah mulai terkuak meski masih sebatas mobil konsep Hazumi. Namun sebuah berita berita mengejutkan justru datang dari kompetitornya Toyota Yaris. Jika selama ini Toyota Yaris dan Honda Jazz dikenal sebagai rival berat Mazda2 ternyata kini Toyota justru mendekati Mazda agar model Yaris terbaru nantinya bisa gunakan teknologi Skyactiv seperti Mazda2.

Kerjasama produksi antara Mazda dan Toyota sendiri sebenarnya sudah disepakati pada tahun 2012. Namun pada saat itu masih belum jelas sejauhmana kerja sama antara kedua pabrikan Jepang tersebut bakal berlangsung.
Baru-baru ini majalah otomotif Automotive News membeberkan detil kerjasama kedua pihak tersebut yang ternyata meliputi kesepakatan keduanya mengenai penggunaan mesin Skyactiv untuk Toyota Yaris terbaru atau All New Yaris yang bakal meluncur tak lama lagi.

All New Toyota Yaris

Diyakini bahwa All New Toyota Yaris nantinya bakal mengusung mesin bensin 1.3 liter milik Mazda2 versi Jepang yang sanggup menghasilkan daya maksimum 85,3 PS. Meski Mazda memiliki opsi mesin 1.5 liter bensin dan Diesel namun tampaknya Toyota belum berencana untuk meminangnya sejauh ini.

Baik All New Mazda2 maupun All New Toyota Yaris nantinya akan diproduksi bersama di fasilitas produksi Mazda yang berada di Meksiko. Belum jelas apakah kebijakan ini hanya berlaku untuk Toyota Yaris versi Amerika atau nantinya bakal berlaku juga secara global.

Kesepakatan ini bukan pertama kalinya terjadi. Jika All New Mazda2 berbagi platform dengan All New Toyota Yaris, sebelumnya Mazda2 yang beredar saat ini berbagi platform dengan Ford Fiesta lawas.
Keinginan Toyota untuk berbagi platform dengan Mazda disinyalir merupakan upaya pabrikan tersebut memperbaiki popularitas dan angka penjualan Toyota Yaris di pasar Amerika Utara yang jeblok selama beberapa tahun belakangan ini