// //

Review All New Kia Optima

All New Kia Optima baru-baru ini mendapatkan peremajaan, sedan kelas menengah andalan Kia tersebut kini semakin sulit untuk tidak dipertimbangkan di antara sedan kelas menengah lainnya. Sejak bergabungnya Peter Schreyer ke produsen otomotif asal Korea itu mobil-mobil Kia maupun Hyundai memang selalu menarik perhatian, setidaknya dari sisi desain. Namun di luar desain yang menjanjikan apakah ada hal lain yang patut dipertimbangkan dari All New Kia Optima?

Beberapa ubahan pada All New Kia Optima antara lain bisa dilihat dari diffuser yang terletak di bagian belakang, penggunaan empat LED foglights di bagian depan (untuk tipe tertentu) serta desain velg terbaru yang berkesan lebih sporti. Namun diluar semua ubahan di bagian luar itu yang layak digarisbawahi adalah klaim Kia bahwa mereka sukses meredam vibrasi dan kebisingan pada All New Kia Optima hingga 3.3 db dibandingkan model sebelumnya.

Harga All New Kia Optima

Interior All New Kia Optima tak lepas dari peremajaan, tujuannya tak lain adalah memperkuat kesan mewah pada sedan yang bermain di kelas yang sama dengan Toyota Camry, Honda Accord, Nissan Teana serta Mazda6 ini.

Pada versi terbarunya ini Kia masih mempertahankan layout unik dengan konsol tengah yang condong 9.6° ke arah pengemudi. Sistem perangkat hiburan yang mendominasi konsol tengah ini sendiri diperlengkapi dengan layar monitor berukuran 4.3 inch.

Interior All New Kia Optima

Review All New Kia Optima

Pada beberapa varian tertinggi Kia bahkan melengkapi All New Kia Optima dengan fitur mewah seperti fully adjustable electric seats komplet dengan elemen pemanas dan pendingin di dalamnya. Fitur tersebut awalnya hanya diketemukan pada mobil-mobil sedan buatan Lexus, namun belakangan beberapa pabrikan lain mulai mengadopsinya. Rake and reach steering serta posisi duduk yang pas semakin menyempurnakan kabin All New Kia Optima.

Untuk memperkuat kesan mewah di dalam kabin para desainer memutuskan memberi dominasi warna hitam piano serta beberapa polesan panel kayu. Memang masih ada beberapa bagian yang menggunakan material plastik namun kentara sekali bagaimana para desainer meminimalisir sedapat mungkin penggunaan material plastik tersebut.

Dengan panjang wheelbase mencapai 2,795 mm kabin bagian belakang terasa cukup lega. Meski demikian idealnya jok belakang memang hanya digunakan untuk memuat dua penumpang dewasa. Jika memang terpaksa maka bagian tengah masih mungkin diduduki oleh anak-anak.

Sebagai salah satu mobil andalan Kia di pasar Eropa tentu standar keselamatan tidak bisa ditolerir. Karenanya All New Kia Optima sudah mengusung beberapa fitur keselamatan seperti enam kantong udara, curtain airbags yang berfungsi melindungi kepala dari benturan dan beberapa fitur lainnya yang terbilang cukup istimewa untuk sebuah mobil sedang dengan harga relatif terjangkau.

Di sektor dapur pacu All New Kia Optima mengandalkan mesin Theta II 2.4 liter yang menggantikan mesin 2.0 liter pada Kia Optima lawas. Mesin baru ini sanggup memuntahkan daya maksimum 180 PS dan torsi maksimal 231 Nm.

Spesifikasi All New Kia Optima Indonesia

Meski banyak melakukan peremajaan dan penyempurnaan sayangnya Kia lupa memperbaiki salah satu kelemahan Kia Optima sebelumnya yaitu setir yang terasa minim feedback. Karenanya gejala tersebut masih terasa pada All New Kia Optima sekalipun mode “Sport”-nya diaktifkan.

All New Kia Optima Indonesia

Secara menyeluruh All New Kia Optima masih tetap layak dilirik diantara sedan-sedan kelas menengah lainnya. Memang kualitas handling dan riding-nya masih belum bisa disetarakan dengan sang primadona di kelas ini yaitu Mazda6, namun dengan harga yang tak jauh beda All New Kia Optima menawarkan lebih banyak fitur ketimbang kompetitornya itu.

Saat tulisan ini dibuat harga All New Kia Optima dilepas di kisaran Rp 500 juta dengan transmisi matic.