// //

Rivalitas Sedan Kelas Menengah Makin Bergairah

Posisi Toyota All New Camry sebagai penguasa di segmen kelas menengah tak lagi sekokoh dulu setelah Nissan terbukti cukup sukses dengan Nissan All New Teana ditambah lagi keputusan PT. Mazda Motor Indonesia untuk memboyong All New Mazda6 Sedan yang banyak mendapat penghargaan sebagai mobil terbaik di kelasnya ke Indonesia. Lantas terlepas dari nama besar pabrikan, siapa sebenarnya di antara ketiga sedan 2.5 liter ini yang sesungguhnya paling unggul? Untuk menemukan jawabnya kami mencoba melakukan komparasi Toyota All New Camry vs. Nissan All New Teana vs. All New Mazda6 Sedan.

Sedan kelas menengah sebagaimana Toyota All New Camry vs. Nissan All New Teana vs. All New Mazda6 Sedan sejatinya dirancang sebagai sebuah sedan keluarga. Namun seiring dengan perkembangan jaman maka fungsinya tak lagi sekedar memenuhi kebutuhan dasar sebagai alat transportasi keluarga namun sekaligus mengedepankan unsur gengsi, kenyamanan dan tentu saja efisiensi.

Perlu ditekankan bahwa ketiga versi terbaru dari masing-masing sedan kelas menengah ini sudah sama sekali berbeda dari pendahulunya. Jadi selain nama yang sama pada dasarnya sudah tak ada lagi DNA generasi sebelumnya baik pada Toyota All New Camry, Nissan All New Teana maupun All New Mazda6 Sedan.

Nissan All New Teana dihadirkan oleh Nissan dengan mengusung teknologi yang mereka sebut sebagai zero gravity. Teknologi ini menurut Nissan terinspirasi dari teknologi yang digunakan oleh NASA dalam merancang jok yang mampu memberikan support maksimal pada tubuh para awak pesawat luar angkasa.

Sementara itu sang rival yang kini menjadi sedan terbaik di kelas ini yaitu All New Mazda6 Sedan juga tak kalah dalam pamer teknologi. Salah satu keunggulan All New Mazda6 Sedan tak lain adalah teknologi drivetrain terbaru andalan Mazda yang diklaim sebagai terbaik saat ini. Selain itu sistem auto start/stop pada sedan andalan Mazda ini juga adalah yang bekerja paling cepat dibanding semua mobil yang beredar di pasaran saat ini.

Sebagai mantan penguasa sedan kelas menengah tentu Toyota All New Camry tak mau menerima kekalahan begitu saja. Lewat desain bodi terbarunya ditambang perbaikan kinerja VVT-I pihak Toyota mengklaim bahwa Camry versi terbaru ini lebih aerodinamis dan efisien dalam penggunaan bahan bakar dibanding versi sebelumnya.

Jelaslah dari sekilas paparan di atas bahwa sedan kelas menengah masa kini memang bukan lagi sekedar menawarkan fungsi basic sebagai alat transportasi keluarga. Sederet teknologi tercanggih turut melekat pada ketiga sedan terbaik di kelas tersebut.




Eksterior Toyota All New Camry vs. Nissan All New Teana vs. All New Mazda6 Sedan

Sekalipun ketiganya menyasar segmen pasar yang sama namun Toyota All New Camry vs. Nissan All New Teana vs. All New Mazda6 Sedan masing-masing melakukan pendekatan yang berbeda.

Nissan All New Teana misalnya, sebagai pendatang paling akhir di kelas ini pilih mengadopsi desain dari Nissan Sylphy. Namun berkat kepiawaian para desainer Nissan maka hasilnya Nissan All New tampak begitu proporsional dan anggun jika dibandingkan dengan Sylphy.

Di pihak lain Toyota All New Camry menawarkan desain yang sama sekali berbeda dari All New Teana. Jika sedan andalan Nissan banyak menggunakan lekukan membulat pada desainnya sementara Camry lebih mengkotak, seolah para desainer Toyota hendak menunjukkan ketangguhan All New Camry.

Sementara itu meski disebut paling akhir namun All New Mazda6 sama sekali bukan yang terburuk, sebaliknya dari segi desain sedan buatan Mazda ini justru yang paling stylish di antara ketiganya. Desainer Mazda seolah hendak menunjukkan pada para kompetitor bahwa luxury dan sporty bukanlah dua hal yang saling bertentangan, sebaliknya kedua unsur tersebut mampu berpadu secara apik lewat desain All New Mazda6 Sedan.

Mazda bahkan dengan berani mengadopsoi 90% desain mobil konsep Mazda Takeri yang adalah cikal bakal All New Mazda6 ke desain mobil yang akhrnya beredar di pasaran ini. Sebuah langkah yang jarang diambil oleh para produsen mobil. Dan hasilnya? All New Mazda6 menawarkan desain ekterior yang terbaik dibanding kedua rival beratnya itu.




Interior Toyota All New Camry vs. Nissan All New Teana vs. All New Mazda6 Sedan

Dari generasi ke generasi Toyota Camry selalu terkenal dalam menghadirkan kabin yang nyaman sekaligus mewah. Kondisi ini masih terbukti mampu dipertahankan oleh generasi terbarunya yaitu Toyota All New Camry. Lapisan kulit yang lembut pada jok serta karpet yang tebal membuat pengemudi dan penumpang segera menyadari aura kemewahan begitu masuk ke dalam kabin Toyota All New Camry.

Meski mengedepakan kemewahan pada kabin namun desainer Toyota tak lantas melupakan fungsionalitas. Buktinya dashboard All New Camry didesain sedemikian rupa hingga pengemudinya tidak kesulitan dalam memahami dan mengakses berbagai tombol dan instrumen yang ada di dashboard sedan Toyota ini. Sayang bahwa Toyota rupanya masih terlena dengan sukses masa lalu yang ditorehkan oleh Camry sehingga secara keseluruhan desain interior All New Camry bisa dibilang sudah ketinggalan jaman, estetika merupakan salah satu kelemahan Toyota All New Camry.

Nissan All New Teana adalah yang paling baru di antara ketiga sedan kelas menengah ini yang mengedepankan perpaduan antara kemewahan dengan kualitas tinggi. Terbukti bahwa teknologi zero gravity yang digembar-gemborkan oleh Nissan bukan sekedar gimmick, sebab duduk di jok All New Teana baik sebagai pengemudi maupun penumpang Anda akan merasakan sensasi nyaman dan ergonomis yang tidak diketemukan pada mobil lain.

Menariknya sekalipun di atas kertas dimensi sedan keluaran Nissan ini tak sebesar Camry namun fakta tersebut nyaris tak disadari begitu Anda masuk ke dalam kabin All New Teana.
Soal kenyamanan penumpang harus diakui bahwa Nissan All New Teana masih lebih baik ketimbang All New Camry. Sementara penumpang di jok belakang bisa duduk dengan nyaman, pengemudi pun terus disodori dengan berbagai informasi dan hiburan yang disediakan oleh layar pada bagian tengah dashboard All New Teana.




Sementara kemewahan merupakan unsur yang menonjol pada Toyota All New Camry dan Nissan All New Teana, lagi-lagi desainer Mazda memilih pendekatan berbeda dengan memperkuat nuansa sport pada All New Mazda6 Sedan. Karakter sporty dari Mazda6 bahkan sudah terasa hanya dengan melihat dan menggenggam lingkar kemudi tiga jarinya saja.

Kabin All New Mazda6 menyiratkan kesan dinamis dan jiwa muda yang sangat kontras jika dibandingkan kedua rival yang cenderung ber-aura “om-om”. Perpaduan antara material aluminium dan kulit adalah salah satu kunci kesuksesan Mazda menghadirkan nuansa sporti dan mewah dalam kabin All New Mazda6.

Sekalipun kami sendiri lebih menikmati perpaduan aluminium dan kulit yang ditawarkan oleh Mazda6, namun secara gentle kami akui bahwa material bercorak kayu pada All New Camry dan All New Teana jauh lebih solid ketimbang material pada kabin Mazda6.




Adu Performa Tiga Sedan Mewah

Lewat tagline ‘zoom to zoom’-nya Mazda menghadirkan mesin berkapasitas 2.5 liter pada All New Mazda6 Sedan yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 190 PS dan torsi 250 Nm. Dengan konfigurasi mesin yang berbeda dari All New Camry dan All New Teana maka jelas bahwa mesin Mazda6 menyimpan potensi terbesar di antara ketiganya.

Mendukung performa mesin yang powerfull maka sasis All New Mazda6 pun didesain untuk memaksimalkan kenyamanan dan kemampuan bermanuver. Boleh dikata Mazda6 memiliki karakter handling dan performa yang sama sekali tak pernah diketemukan pada mobil lain di kelas ini.
Hasilnya lagi-lagi faktor fun to drive yang merupakan ciri khas Mazda mampu dihadirkan secara konsisten pada sebuah sedan keluarga sekalipun.

Sementara itu mantan penguasa kelas ini yaitu All New Camry mengusung mesin dengan kapasitas yang sama namun ‘hanya’ mampu menghasilkan tenaga maksimal 183 PS dan torsi maksimal 231 Nm. Wajar saja mengingat Toyota tidak mencoba menawarkan cita rasa sporty pada sedan kelas menengahnya ini. Suspensi yang di setting lunak juga mendukung bukti bahwa All New Camry lebih mengedepankan kenyamanan ketimbang performa.

Dengan kapasitas mesin setara kedua rivalnya All New Teana menghasilkan tenaga paling minim di antara ketiga sedan favorit di kelas menengah ini. Tenaga maksimal yang tersembur dari mesin 2.5 liter Nissan All New Teana menurut data adalah 175 PS, sementara torsi maksimalnya sedikit lebih besar dari Toyota Camry yaitu 234 Nm. Karena torsi yang cukup besar itu maka Nissan Teana masih tetap terasa responsif dan meyakinkan pada kondisi lalu lintas stop and go maupun saat hendak mendahului kendaraan lain.

Yang patut diacungi jempol dari handling Nissan All New Teana adalah daya cengkeram ke permukaan aspal yang terasa meyakinkan dan kemampuan meredam goncangan saat melintasi permukaan jalan yang kurang baik.




Penilaian Akhir Uji Pesona Tiga Sedan

Harus diakui bahwa membandingkan Toyota All New Camry vs. Nissan All New Teana vs. All New Mazda6 Sedan bukanlah perkara sepele. Bukan hanya karena masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda namun ketiga juga menawarkan karakter serta pendekatan yang tidak sama satu sama lain.

Konstruksi yang solid, kenyamanan interior dan nama besar Toyota adalah tiga keunggulan utama yang dimiliki oleh Toyota All New Camry.
Sementara itu All New Mazda6 adalah pilihan terbaik bagi mereka yang lebih suka memegang kemudi sendiri ketimbang menyerahkan pada sopir. Bagi pria berkeluarga Mazda6 juga tak bakal membuatnya mati gaya.

Kejutan justru datang dari Nissan All New Teana yang lewat performa dan kenyamanannya seolah hendak menjembatani gap antara Toyota All New Camry dengan All New Mazda6 Sedan. Hasilnya All New Teana menawarkan keseimbangan kenyamanan antara penumpang dan pengemudi.

Harga Toyota All New Camry 2.5 G saat ini dibanderol mulai Rp 497,3 juta, harga All New Mazda6 Sedan mulai Rp 548,7 juta untuk warna true red dan Rp 545,7 juta untuk warna lain. Sementara harga Nissan All New Teana berkisar Rp 515,7 juta-an.