// //

Inilah Mobil Terbaru Mazda yang Paling Ditunggu!!

Beberapa mobil terbaru keluaran Mazda yang akan rilis tahun ini sudah masuk dalam daftar “the most anticipated cars of 2014” jauh-jauh hari sebelumnya. Beberapa mobil terbaru Mazda yang masuk dalam daftar tersebut adalah All-new Mazda3, All-new Mazda2 dan tentu saja New Mazda MX-5 yang merupakan salah satu seri yang paling diminati. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai mobil-mobil baru tersebut.

All New Mazda3

Sejak pertama kali diluncurkan All New Mazda3 merupakan bintang di segmen mobil hatchback subkompak C, bahkan di awal peluncurannya mobil ini secara signifikan mampu menggerus tingkat penjualan para kompetitor yang sudah mapan. Namun dalam beberapa tahun kondisi itu berubah, para kompetitornya berbenah sementara Mazda3 masih hadir dengan tampilan dan spesifikasi yang itu-itu saja.

Mobil Terbaru Mazda


Didorong oleh ambisi mengembalikan kejayaan tersebut pihak Mazda memutuskan merombak total mobil andalannya di segmen subkompak C ini dengan menghadirkan All New Mazda3. Generasi ketiga dari Mazda3 ini dijadwalkan rilis pada awal tahun 2014 dengan desain yang jauh lebih atraktif sekaligus menjanjikan performa mesin lebih efisien serta performa handling yang lebih baik ketimbang pendahulunya.

Di sektor dapur pacu bakal tersedia dua opsi mesin empat silinder masing-masing adalah mesin 2.0 liter dengan tenaga maksimal 155 PS dan torsi maksimal 200 Nm. Sementara mesin lain yang tersedia berkapasitas 2.5 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 187 PS dengan torsi 250 Nm yang digunakan pula oleh All-new Mazda6 dan Mazda CX-5.

Bukan sekedar desain dan dapur pacu baru yang menjadi keunggulan All New Mazda3, segudang fitur keselamatan seperti auto city braking dan blind spot monitoring turut menjadi pelengkap hatchback terbaru keluaran Mazda ini. Sementara perangkat sistem audio nya kini bisa terhubung langsung dengan jaringan internet.

Secara keseluruhan nyaris tak ada mobil lain yang mampu menyaingi All New Mazda3 di segmen subkompak hatchback kelas C ini selain VW Golf.

All New Mazda2

Jangan terlalu kecewa jika New Mazda2 yang baru saja diperkenalkan beberapa bulan lalu tak banyak mengusung perubahan dibanding versi sebelumnya, sebab pabrikan asal Jepang itu tengah mempersiapkan All New Mazda2 yang bukan sekedar facelift.

Mobil Terbaru Mazda


Seperti apa bentuk All New Mazda2 masih menjadi misteri sebab sejauh ini hanya gambar versi rendering saja yang sudah beredar di internet. Pastinya akan banyak perubahan dari mobil subkompak hatchback kelas B andalan Mazda ini. Sebab berbeda dengan pendahulunya yang berbagi platform dengan Ford Fiesta, All New Mazda2 nantinya akan menggunakan platform Mazda CX-5. Desainer Mazda yang bertanggung jawab terhadap desain All New Mazda2 sendiri menyebut bahwa desain Mazda2 terbaru dirancang lebih feminin dari pendahulunya sebab pihak pabrikan ingin menyasar pembeli kalangan kaum hawa dengan mobil terbarunya ini.

All New Mazda2 dijadwalkan muncul di depan publik pada bulan Maret 2014 pada gelaran Geneva Motor Show, sementara versi produksi massal-nya sendiri baru tersedia di pasaran pada awal tahun 2015 nanti.

Untuk dapur pacunya sendiri sudah hampir pasti mobil ini akan mengusung mesin empat silinder berkapasitas 1.5 liter yang menyemburkan tenaga maksimal 102 PS dengan torsi maksimal 150 Nm dikombinasikan dengan transmisi baru keluaran Mazda manual enam kecepatan atau matic.

New Mazda MX-5

New Mazda MX-5 baru akan diperkenalkan secara resmi pada akhir tahun 2014 nanti, sementara penjualannya baru akan dimulai pada tahun 2015. Mobil berpenggerak roda belakang ini dikembangkan Mazda bekerja sama dengan pabrikan otomotif Italia Alfa Romeo yang hasilnya adalah sebuah mobil konvertibel dengan bobot kurang dari 1000 kg atau sekitar 170 kg lebih ringan dari Mazda MX-5 versi sebelumnya.
Mobil Terbaru Mazda


Opsi mesin yang tersedia masing-masing berkapasitas 1.5 liter dan 2.0 liter dengan transmisi Skyactiv yang kini menjadi salah satu keunggulan Mazda dibanding pabrikan lain. Detil lain mengenai New Mazda MX-5 belum banyak beredar hingga saat tulisan ini dibuat.