// //

Strategi Isuzu MU-X Tekuk Toyota Fortuner

Persaingan ketat di kelas SUV mewah atau Premium SUV antara dua rival abadi Toyota Fortuner vs. Mitsubishi Pajero Sport yang semakin panas dengan kehadiran penantang baru seperti Chevrolet Trailblazer, Kia Sorento dan Hyundai Santa Fe rupanya tak membuat Isuzu gentar. Buktinya pabrikan asal Jepang itu baru saja merilis mobil baru di segmen ini lewat Isuzu MU-X yang tak lain adalah kembaran dari Trailblazer. Dengan percaya diri Isuzu menabuh genderang perang terhadap para penguasa segmen SUV Premium itu.

Menggunakan kombinasi basis antara Chevrolet Trailblazer dan Isuzu D-Max, Isuzu MU-X yang mengandalkan mesin turbo diesel memang berpotensi menggoyang pasar yang selama ini dikuasai oleh mobil Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport itu. Lewat strategi pricing dan menawarkan varian yang lebih banyak ketimbang para kompetitor Isuzu yakin akan mampu merebut hati konsumen di pasar mobil mewah. Bahkan pada saat peluncuran resminya bulan Desember nanti Isuzu menjanjikan “harga istimewa” bagi para pembeli pertama Isuzu MU-X.

Isuzu MU-X

Dengan mengandalkan ground clearance yang tinggi dan desain tangguh jelas sekali bahwa Isuzu MU-X bukan sekedar SUV mewah yang dirancang untuk berdandan di jalan beraspal namun sekaligus tangguh di medan berat. Meski demikian selain menyediakan Isuzu MU-X berpenggerak empat roda pabrikan otomotif Jepang itu juga menyediakan dalam versi 2WD dengan harga yang sedikit lebih murah ketimbang versi 4WD nya.

Di bagian mesin Isuzu mengandalkan common-rail 3.0 liter empat silinder turbo diesel yang menghasilkan tenaga maksimal 130 kW dan torsi puncak 380 Nm pada putaran mesin 1800 – 2800 rpm. Sementara transmisinya tersedia tipe manual dan otomatis lima kecepatan.

Isuzu MU-X

Spec Isuzu MU-X

Harga Isuzu MU-X

Pada sebuah uji medan berat di Thailand Isuzu MU-X baik bertransmisi matic maupun manual membuktikan ketangguhannya lewat akselerasi yang mantap. Suara mesinnya pun terbilang halus untuk sebuah mesin Diesel.

Sementara itu meski masuk dalam kategori mobil SUV mewah namun jangan mengharapkan interior mewah ketika masuk ke kabin Isuzu MU-X. Sebaliknya interior Isuzu MU-X masih banyak mengandalkan material plastik layaknya mobil non premium, bisa jadi hal ini merupakan salah satu cara Isuzu menekan harga Isuzu MU-X agar bisa dijual lebih murah dibanding para pesaingnya.

Jok pengemudi maupun penumpang memberikan kenyamanan dari segi material maupun desain, sayangnya Isuzu masih mengandalkan non-adjustable steering wheel sehingga agak sulit menemukan posisi mengemudi yang ideal.

Isuzu MU-X Indonesia

Isuzu MU-X

Pertanyaanya: akankah Isuzu MU-X sukses bersaing dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevy Trailblazer, Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento? Kita tunggu saja kiprah Isuzu MU-X mulai bulan Desember nanti.