// //

Pilih Toyota Fortuner atau All-new Chevrolet Trailblazer?

OK, kami akui judul semacam ini selalu menimbulkan perdebatan... sama halnya setiap kemunculan produk baru yang bermain di segmen pasar sama selalu muncul perdebatan di berbagai forum seperti Kaskus misalnya plus komentar-komentar negatif dari masing-masing pendukung (meski tak dibayar dan tak dapat untung...).

Namun seperti halnya dengan perbandingan all-new Honda CR-V dengan Mazda CX-5 yang kami buat beberapa waktu lalu fenomena tersebut tak akan membiarkan kami untuk memperbandingkan performa Toyota Fortuner vs. All-new Chevrolet Trailblazer. Jika dirasa bermanfaat silakan diterima jika tidak setuju silakan membuat opini sendiri.

Chevrolet Trailblazer generasi kedua atau yang akrab disapa sebagai All-new Chevrolet Trailblazer tidak lagi diproduksi di Amerika Serikat dan eksklusif dijual di negara Paman Sam itu saja. Sebagaimana pernah kami sebutkan pada ulasan All-new Chevrolet Trailblazer bahwa mobil SUV mewah itu kini diproduksi di Thailand setelah pemerintah setempat menawarkan insentif pajak kepada pihak GM dan selanjutnya mobil tersebut dipasarkan di beberapa negara termasuk Indonesia.

Keputusan GM untuk menjual All-new Chevrolet Trailblazer secara global menempatkan mobil baru keluaran Chevrolet tersebut berhadapan langsung dengan Toyota Fortuner yang sudah lebih dahulu menjadi market leader di beberapa negara.

Lantas siapa kira-kira diantara keduanya yang lebih pantas dilirik?

Toyota Fortuner vs. All-new Chevrolet Trailblazer

Perbandingan Fortuner vs. Trailblazer


Head to head Toyota Fortuner vs. All-new Chevrolet Trailblazer

Ketika kami memarkir keduanya saling berhadap-hadapan seolah kami menangkap kesan dua monster atau dua penguasa hutan bertampang ganas yang hendak menerkam satu sama lain.

Toyota Fortuner yang moncong depannya mirip anjing Bulldog seolah ingin menegaskan diri bahwa ia adalah penguasa di wilayahnya dan anjing ini bisa “mengencingi” pohon dan tempat manapun yang ia mau untuk menegaskan kekuasaannya.

All-new Chevrolet Trailblazer sendiri, entahlah meski ia nampak tak kalah garang namun kami belum bisa menemukan personalisasi yang tepat untuknya. Namun ketika kami mencoba masuk ke dalam kabin All-new Chevrolet Trailblazer, jelas sekali bahwa mobil ini secara khusus dirancang untuk menaklukan medan liar. Posisi dudukan yang tinggi membuat pengemudi memiliki pandangan luas ke sekeliling mobil,

Velg berukuran 18 inch pada All-new Chevrolet Trailblazer menjadikan mobil ini berkesan lebih gagah ketimbang Fortuner, namun dalam hal pemilihan ban harus diakui bahwa Toyota Fortuner yang standarnya dilengkapi dengan ban Bridgestone Duellers AT lebih handal menaklukan medan berat ketimbang Duellers HT yang dipasang di Trailblazer.

Interior Toyota Fortuner vs. All-new Chevrolet Trailblazer

Masuk ke kabin Toyota Fortuner jujur saja sejak pertama kali mengenal Fortuner kami beranggapan bahwa kabinnya terlampau biasa untuk ukuran sebuah mobil mewah. Namun hal yang sama kami temukan pada hampir semua mobil keluaran Toyota. Akhirnya kami berasumsi bahwa Toyota memang lebih mementingkan fungsional ketimbang kemewahan.

Dan memang faktanya demikian, desain dan material dashboard dan bagian lain dalam kabin Fortuner bukan hanya memudahkan pengemudi untuk memahami dan menggunakan setiap instrumennya namun sekaligus juga mudah dibersihkan jika kotor atau tidak sengaja tertumpahi oleh minuman ringan.

All-new Chevrolet Trailblazer Indonesia

Toyota Fortuner Indonesia

Saat kami memasuki kabin All-new Chevrolet Trailblazer setelah keluar dari Toyota Fortuner maka seketika kami merasakan nuansa stylish, berkelas dan modern dibanding Fortuner.

Meski demikian kualitas interior keduanya boleh dibilang seimbang mseki berbeda gaya, jadi pada akhirnya akan kembali pada selera dan preferensi masing-masing.

Sebenarnya perbedaan terbesar adalah pada kemampuan melipat kursi baris ketiga dimana All-new Chevrolet Trailblazer mampu menyediakan lebih banyak ruang ketimbang Toyota Fortuner.

Performa Mesin Fortuner vs. All-new Chevrolet Trailblazer

Unit Fortuner yang kami uji bukan yang umum beredar di Indonesia. Unit Fortuner kami mengusung mesin Diesel berkapasitas 3.0 liter dengan kode 3.0 D-4D, mesin ini sudah lama terbukti sebagai salah satu mesin tertangguh. Dengan daya maksimum 120 kW dan torsi 343 Nm mesin ini tak hanya menjadikan Fortuner sebagai salah satu mobil tertangguh di medan berat namun sekaligus juga termasuk halus untuk dikemudikan di kondisi jalanan harian.

Sementara itu All-new Chevrolet Trailblazer yang kami uji mengandalkan mesin 2.8 liter. Meski dari kapasitasnya mesin Trailblazer sedikit lebih rendah di bawah Fortuner namun mesin yang diproduksi di Eropa ini menghasilkan daya maksimum yang sedikit lebih besar yaitu 132 kW dan torsi 470 Nm. Alhasil mesin All-new Chevrolet Trailblazer terasa lebih responsif dan bertenaga ketimbang Fortuner. Namun kelemahannya mesin ini masih kalah halus dibanding Fortuner.

Pada pengujian di medan berat All-new Chevrolet Trailblazer mampu melewati beberapa lintasan dimana Toyota Fortuner dipaksa berhenti sama sekali.
Berbeda dengan Fortuner 4x4 dimana sistem 4WD nya senantiasa aktif, sistem 4WD pada All-new Chevrolet Trailblazer baru aktif manakala gejala kehilangan traksi atau selip mulai terjadi.

Di tanjakan medan berat Fortuner ganti menunjukkan keunggulannya dimana mobil mewah Toyota ini mampu menaiki tanjakan tanpa usaha keras, sebaliknya Trailblazer perlu sedikit memaksa gas untuk mengimbangi Fortuner.

Penilaian kami dari hasil uji Toyota Fortuner vs. All-new Chevrolet Trailblazer

Secara umum All-new Chevrolet Trailblazer termasuk salah satu mobil SUV tertangguh di medan berat, namun Toyota Fortuner mampu mengunggulinya.

Sebaliknya jika berkotor-kotor bukan bagian dari keseharian atau Anda bahkan terlalu sayang mengajak mobil mewah Anda berkotor-kotor di medan berat maka All-new Chevrolet Trailblazer masih lebih unggul dalam hal eksterior maupun interior dibanding Toyota Fortuner.

Harga tentu adalah pertimbangan lain, jika Anda memilih tipe 4x2 maka harga All-new Chevrolet Trailblazer lebih murah ketimbang Fortuner, sebaliknya All-new Chevrolet Trailblazer 4x4 lebih mahal dibanding Fortuner 4x4.