// //

Uji Komparasi Mazda CX-5 vs. Honda CR-V

Mazda CX-5 dan Honda CR-V keduanya adalah entry-level compact SUV yang relatif populer di Indonesia. Tidak mudah membuat keputusan tatkala diperhadapkan pada dua pilihan tersebut. Masing-masing menarik dengan karakternya yang berbeda.

Nama Honda CR-V tentu sudah lebih lama dikenal di pasar otomotif Indonesia, dan meski nama Honda sendiri dipersepsikan sebagai mobil murah di beberapa negara namun tidak demikian dengan Indonesia. Sedangkan Mazda CX-5 meski belum lama hadir di Indonesia namun sudah menarik cukup banyak peminat.

Karena sulit untuk memutuskan apakah hendak membeli Mazda CX-5 atau Honda CR-V maka saya memutuskan untuk menguji keduanya secara langsung. Hasil uji ini tentu saja subyektif dan personal, bukan patokan obyektif bagi setiap orang. Meski demikian sebagai calon pembeli saya mencoba se-obyektif mungkin dan mengesampingkan penilaian-penilaian emosional seperti fakta bahwa Honda CR-V dipersepsi lebih mewah dikalangan konsumen Indonesia, atau Mazda CX-5 yang relatif masih belum terlalu teruji di Indonesia karena usianya.

Mazda CX-5 vs. Honda CR-V - Value



http://blogmobilbaru.blogspot.com/2013/05/mazda-cx5-vs-honda-crv-indonesia.html

 


Unit Honda CR-V yang diuji di sini adalah CRV 2.0 I-VTEC Otomatis keluaran tahun 2013, sementara perbandingannya adalah Mazda CX-5 tipe Sport keluaran tahun yang sama.
Saat dilakukan pengujian Honda CR-V dihargai Rp. 378.000.000 sementara Mazda CX-5 Rp 382.000.000.

Dari segi harga jelas Honda CR-V lebih unggul jika dibandingkan Mazda CX-5, selisihnya sekitar Rp 4.000.000. CR-V juga lebih menarik karena menggunakan alloy wheel sementara CX-5 menggunakan steel wheel yang terkesan kurang stylish.

Namun ketika bicara transmisi Mazda CX-5 lebih unggul dibanding CR-V karena menawarkan transmisi enam kecepatan sementara Honda hanya lima kecepatan.

Baik Mazda CX-5 maupun Honda CR-V sama-sama sudah dilengkapi dengan kamera mundur, Bluetooth dan cruise control namun CX-5 memiliki nilai lebih karena keberadaan kendali layar sentuh berwarna dan pemantau tekanan ban.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka meski sedikit lebih mahal namun Mazda CX-5 memberikan value yang lebih tinggi ketimbang CR-V.

Interior Mazda CX-5 vs. Honda CR-V




Posisi mengemudi Honda CR-V entah mengapa tidak terasa cukup nyaman. Jika posisi tangan di lingkar kemudi terasa pas maka posisi punggung tak terasa pas menempel di sandaran jok, dan demikian pula sebaliknya. Untuk CR-V generasi keempat ini Honda juga tampak masih nyaman mempertahankan hard plastic. Meski demikian harus diakui bahwa SUV keluaran Honda ini memiliki keunggulan dalam ukuran kabin yang lebih lega ketimbang CX-5.

Mazda di lain sisi melengkapi SUV nya dengan layar sentuh berwarna merupakan fitur langka untuk mobil sekelas ini, ditambah lagi fitur keyless dan push button start. Desain dashboard Mazda CX-5 juga berkesan lebih muda dan dinamis ketimbang CR-V yang nampak ketinggalan jaman Posisi duduk pengemudi terasa lebih nyaman di Mazda CX-5 meski tetap tidak benar-benar terasa pas jika dibandingkan dengan Toyota RAV4 misalnya. Namun sayang kesan mewah pada dashboard Mazda CX-5 'ternodai' oleh kontur kasar pada doortrim dan konsol tengah yang menjadikan kabin CX-5 secara menyeluruh tidak memberi kesan semewah CR-V. Belum pelapis jok CX-5 yang mengkilat semakin menambah poin minus pada kabin SUV keluaran Mazda ini.

Ronde ini secara keseluruhan dimenangkan oleh Honda CR-V, meski segi estetikanya lebih unggul CX-5

Mesin Mazda CX-5 vs. Honda CR-V




Honda memang pernah dikenal sebagai inovator jika bicara soal mesin, dan mesin empat silindernya pernah menjadi yang terbaik di dunia. Sayang sekali keadaan saat ini sudah tidak lagi sama. Teknologi mesin Honda CR-V bisa dibilang usang. Transmisi lima percepatannya tidak terlalu buruk, hanya perbandingan ratio-nya terasa kurang pas.

Mesin Mazda CX-5 terasa lebih bertenaga jika dibanding Honda CR-V, bahkan mesin 2.0 liter CX-5 pun terasa lebih enak dibanding CR-V 2.4 liter.. Teknologi stop/start dan direct injection menjadikan mesin Mazda CX-5 bukan hanya menghasilkan torsi yang lebih baik ketimbang CR-V namun juga lebih efisien dalam penggunaan BBM.

Dengan demikian soal mesin Mazda CX-5 masih lebih unggul dibandingkan Honda CR-V.

Pengendalian

Mesin CR-V terasa lebih halus saat dikemudikan dibanding CX-5, namun demikian soal pengendalian Honda CR-V tidak selincah Mazda CX-5. Gejala body roll terbilang banyak terjadi pada CR-V, padahal semestinya gejala-gejala tersebut tidak ditemukan pada mobil ukuran kecil seperti CR-V.

Mazda CX-5 sekalipun ditilik dari segi dimensi sedikit lebih bongsor dibanding CR-V namun saat dikemudikan tidak terasa demikian. Dalam soal pengendalian harus diakui bahwa Honda CR-V sama sekali bukan tandingan Mazda CX-5.

Karenanya sesi ini lagi-lagi dimenangkan oleh Mazda CX-5.

Mazda CX-5 vs. Honda CR-V - Kesimpulan

Honda CR-V sekilas memiliki keunggulan dibanding Mazda CX-5 karena desain eksteriornya dan penggunaan alloy wheel, luas kabin lagi-lagi CR-V menjadi point plus bagi Honda.
Harga yang lebih murah, resale value yang lebih teruji dan daya muat yang lebih besar menjadikan Honda CR-V sebagai pilihan utama bagi konsumen yang konservatif dan tidak mau mengambil resiko, sekalipun tingkat pengendalian harus dikorbankan.

Mazda CX-5 sebagai pendatang baru unggul dalam hal pengendalian dan efisiensi penggunaan BBM yang memberikan nilai ekstra bagi kenyamanan mengemudi. Honda CR-V mungkin unggul dalam hal harga jual kembali, namun Mazda CX-5 menawarkan performa keseluruhan yang lebih baik daripada CR-V.

Maka sebagai pengguna CR-V selama hampir empat tahun saya harus mengakui keunggulan Mazda CX-5.

Baca juga: Perbandingan Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail