// //

Isuzu MU-X: Trailblazer ala Isuzu

Isuzu MU-X atau Isuzu Alterra baru-baru ini diperkenalkan di Thailand sebagai penerus dari Isuzu MU-7 , sebuah premium SUV keluaran Isuzu. SUV mewah keluaran Isuzu ini kini dilengkapi dengan desain baru dan fitur mewah ala SUV Eropa. Tak mengherankan mengingat bahwa Isuzu MU-X berbagi platform yang sama dengan Chevrolet Trailblazer.

Pada peluncuran Isuzu MU-X pihak pabrikan asal Jepang itu menjelaskan bahwa MU merupakan singkatan dari “Mysterious Utility” sementara “X” sendiri merupakan cerminan dari “Exemplary, Exotic and Extraordinary. Berbagi platform yang sama dengan Trailblazer dan diposisikan sebagai premium SUV maka jelaslah bahwa Isuzu MU-X bermain di segmen yang sama dengan Chevrolet Trailblazer sendiri, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport serta Kia Sorento.

Isuzu MU-X Indonesia


Harga Isuzu MU-X

Spesifikasi Isuzu MU-X

Karena berbasis Trailblazer maka kentara sekali bahwa kontur desain eksterior Isuzu MU-X sangat mirip dengan sepupunya yang berasal dari Amerika tersebut. Namun demikian Isuzu tak lantas menjiplak mentah-mentah karena ada sedikit ciri khas Isuzu D-Max yang turut membentuk karakter dari SUV mewah keluaran Isuzu ini. Penambahan beberapa fitur seperti 0.4cd aerodynamic body serta “Super Daylight” LED daytime running lights menunjukkan bahwa mobil baru Isuzu ini dibuat dengan standar Eropa. Sementara itu di bagian interior nuansa Isuzu D-Max kental terasa, Isuzu menyebutnya sebagai “Isuzu Universal Design”.

Sektor dapur pacu untuk Isuzu MU-X yang beredar di Thailand mengandalkan mesin VGS dengan kapasitas 3.0 liter 2.5 liter common rail yang masing-masing menghasilkan tenaga 177 PS dan 136 PS. Kemungkinan untuk negara lain di Asia Tenggara akan tersedia dengan kapasitas mesin yang sama namun menggunakan versi non VGS sehingga menghasilkan output tenaga yang lebih kecil.

Pada mobil terbaru ini Isuzu menggantikan suspensi lama dengan suspensi independen dengan coil-springs pada keempat roda dan suspensi lima titik di bagian belakang untuk memberikan traksi, stabilitas dan kenyamanan yang optimal ketika Isuzu MU-X dikedarai.
Sementara itu TCS dan ECS turut disematkan sebagai bagian dari fitur keselamatan.

Mobil baru Isuzu MU-X ini rencananya akan mulai beredar di negara-negara Asia Tenggara mulai tahun 2014 nanti meski belum jelas apakah Indonesia termasuk satu di antaranya mengingat citra merek Isuzu di Indonesia selama ini jauh dari kesan mobil mewah.