// //

Mengulas Toyota Kijang Innova Terbaru (All-new Innova)

Toyota Kijang Innova terbaru atau yang resminya diberi nama Toyota Kijang All-new Innova hanya membutuhkan waktu singkat untuk ditemukan kehadirannya di jalanan Indonesia hanya beberapa bulan selepas diperkenalkan secara resmi. Sama seperti para pendahulunya maupun produk Toyota lain, Toyota Kijang Innova 2016 disambut dengan antusiasme tinggi oleh konsumen baik di segmen korporat maupun perorangan.

Mengusung basis yang sama dengan Toyota All-new Fortuner serta Toyota All-new Hilux, Toyota Innova terbaru ini tampil lebih segar jika dibandingkan generasi sebelumnya. Mobil yang seolah sudah menjadi simbol kendaraan keluarga Indonesia ini ditawarkan dalam tiga tipe yaitu G, V dan Q dimana Toyota Innova tipe Q kini menjadi varian tertinggi.

Spesifikasi dan harga Toyota Kijang Innova Terbaru


Tampilan Eksterior Toyota Kijang Innova Terbaru (All-new Innova)

Di sisi depan penampilan eksterior Toyota Kijang Innova terbaru memang memberi kesan agresif, sangat berbeda dari kesan kebanyakan kendaraan keluarga. Namun sebenarnya jika ditilik secara keseluruhan tidak juga terlalu agresif terutama di sisi samping dan buritan yang justru tampak kalem.


Dimensi Toyota Kijang Innova 2016 tercatat 4.735 mm x 1,830 mm x 1,795 mm yang berarti sekitar 155 mm lebih panjang dan 60 mm lebih lebar jika dibandingkan Toyota Innova generasi keempat. Sedangkan panjang wheelbase serta ketinggiannya masih persis sama seperti sang pendahulu. Walau ada penambahan panjang serta lebar namun desain ramping tampak menyamarkan fakta tersebut jika hanya melihat sekilas lalu.

Desain headlamp menjadi daya tarik tersendiri sebab kombinasi antara panjang yang melebihi rata-rata desain headlamp serta kesan sempit sekaligus meruncing seolah membuatnya terkesan seperti mata elang. Pada kedua sisi tercatat total terdapat empat titik LED.
Seolah dalam upaya mempertahankan desain headlamp yang unik tersebut para desainer tak rela memasukkan lampu sein/indikator yang berpotensi mengganggu pencapaian estetika tersebut. Karenanya lampu tersebut diletakkan di bawah grille, bersebelahan dengan fog lamps.

Keunggulan dan kekurangan Toyota Kijang Innova Terbaru

Review Toyota Kijang All-new Innova Indonesia

Grill dengan desain trapezoidal turut menjadi daya tarik tersendiri pada tampilan eksterio Toyota Kijang All-new Innova ini. Seperti sudah disinggung di atas bahwa dari depan ia terkesan agresif, bahkan sedikit mengintimidasi.
Walau sedikit agresif namun Toyota Innova tak ingin kehilangan jati dirinya sebagai mobil keluarga, sehingga bisa dilihat pada sisi samping dimana tak ada upaya para perancang untuk memberi embel-embel yang membuatnya seolah ingin tampil mendekati SUV.

Toyota Innova 2016 Indonesia

Antara satu tipe dengan tipe yang lain dalam keluarga Kijang All-new Innova tidak tampak perbedaan menonjol sebagaimana terjadi di masa lalu. Perbedaan fisik menonjol hanya tampak pada ukuran velg dimana untuk tipe Q adalah 17 inch sementara dua lainnya 16 inch.

Menilik Interior Toyota Kijang Innova Terbaru

Masuk ke bagian interior Toyota All-new Innova kesan pertama yang muncul adalah lapang, bahkan interior Innova generasi keempat yang sebenarnya sudah sangat lapang pun menjadi terasa lebih kecil setelah merasakan interior sang penerusnya. Memang panjang wheelbase kedua Toyota Innova berbeda generasi tersebut tetap sama, namun tambahan sisi lebar ternyata mampu membuat perbedaan yang cukup berarti.

Jika Anda memilih Toyota Innova terbaru tipe Q maka hal lain yang tak kalah menarik mata adalah desain captain seat berikut illuminated LED di kabin penumpang yang hampir mirip dengan milik Toyota All-new Alphard. Dominasi kelir hitam di dalam kabin makin menguatkan nuansa mewah kala berada di sana.

Interior Toyota Kijang All-new Innova

Masih dari kabin baris kedua, jika menengok ke atas maka akan terlihat bagian menyerupai busur panah yang merupakan wadah bagi ventilasi udara.

Kenyamanan Toyota Kijang All-new Innova

Kemewahan tak hanya dinikmati oleh penumpang sebab sang pengemudi juga disuguhi dengan lingkar kemudi berbalut leather dengan nuansa wood pada satu bagian.
Setiap joknya tampak dijahit dengan rapi, memiliki kepadatan busa yang ideal serta desain yang makin menjadikannya nyaman sekaligus suportif pada perjalanan jauh sekalipun.

Pengalaman Toyota Kijang All-new Innova

Untuk head unit tampak ada sedikit pembeda antar tipe dimana untuk Innova G hanya dilengkapi layar berukuran 6 inch sedangkan dua tipe lainnya mengusung layar sedikit lebih besar yaitu 8 inch. Namun kualitas output audio-nya sendiri yang dihasilkan oleh enam buah speaker tidaklah terlalu istimewa lebih-lebih bagi telinga seorang audiophile.

Seperti biasa Toyota Innova 2016 ditawarkan dalam dua opsi mesin masing-masing adalah Diesel dan bensin. Versi bensin mengandalkan dapur pacu 1TR-FE dengan kapasitas 2.0 liter yang sanggup memuntahkan daya puncak 139 PS dengan torsi maksimum 18,7 kgm.
Sedangkan untuk Toyota Innova Diesel terbaru kini mengandalkan mesin anyar generasi GD yang sudah digunakan pula oleh Toyota All-new Fortuner dan Toyota All-new Hilux. Kali ini kapasitasnya menjadi 2.4 liter. Didukung oleh teknologi VNT ber-intercoller dapur pacu ini sanggup menghasilkan daya puncak 149 PS dan torsi maksimum 34,9 kgm untuk versi MT dan 36,7 kgm untuk AT.

Salah satu keunggulan Toyota Innova terbaru yang tampak dibangga-banggakan oleh pihak pabrikan adalah penyempurnaan insulasi atau peredaman kabin. Dalam pengujian singkat Toyota tampaknya memang layak membanggakan diri, sebab suara yang dihasilkan dari gesekan ban dengan aspal maupun terpaan angin memang teredam lebih baik dibanding Toyota Innova lawas. Namun pada sisi lain suara mesin Diesel masih cukup menganggu bahkan cenderung lebih kentara karena suara berisik lainnya teredam.

Dari sisi performa tidak ada kritikan, ia mampu berakselerasi dengan mulus sekaligus responsif. Demikian pula dengan transmisi matik yang mendampingi mesin Diesel generasi baru tersebut.

Sama-sama mengandalkan body-on-ladder frame sebagaimana pendahulunya, kini rangka Toyota Innova terbaru dibuat lebih kaku untuk mengimbangi penambahan bobot. Toyota juga melembutkan suspensi dengan damper yang lebih panjang. Hasilnya lumayan baik, kualitas riding Toyota Kijang All-new Innova terasa lebih baik dibanding pendahulunya meski gejala limbung kala melibas tikungan masih tetap hadir.

Salah satu kekurangan Toyota Innova generasi kelima pada poin ini adalah lingkar kemudi yang masih terasa berat sehingga kurang nyaman bagi kebanyakan kaum Hawa jika harus memarkir sendiri misalnya. Pihak produsen memang berusaha mengkompensasi dengan ukuran lingkar kemudi yang dibuat lebih besar namun tidak sepenuhnya menyelesaikan kekurangan tersebut. Bobot kemudi sendiri meningkat seiring dengan bertambahnya kecepatan namun muncul dead zone ditengah yang perlu pembiasaan beberapa waktu bagi pengemudinya.

Performa pengereman yang didukung oleh ABS dan EBD terbukti mumpuni menghentikan laju Toyota Innova keluaran terkini tersebut.
Dual SRS airbags, knee airbag, side airbag berikut curtain shiled airbag tampaknya sudah cukup memberikan rasa aman bagi pengemudi maupun penumpang.

Toyota Kijang All-new Innova

Impresi Terhadap Toyota Innova Terbaru (Toyota Kijang All-new Innova)

Kabin yang lebih lega, tampilan keseluruhan lebih mewah, insulasi kabin lebih baik belum lagi penggunaan mesin generasi terbaru menunjukkan keseriusan sang produsen dalam menjadikan Toyota Kijang All-new Innova sebagai market leader sekaligus mobil keluarga ideal bagi keluarga Indonesia.

Sejujurnya setelah menjajal singkat Toyota Kijang All-new Innova baik dari sisi pengemudi maupun penumpang seketika Toyota Innova generasi keempat menjadi terasa uzur. Fakta itu ditambah reputasi layanan purna jual Toyota tidak menjadi terasa mengherankan jika hanya butuh waktu singkat bagi demikian banyak unit generasi terbaru Toyota Innova ini berlalu lalang di jalanan.