// //

Impresi Hasil Uji Jalan All-new Mitsubishi Pajero Sport

All-new Mitsubishi Pajero Sport menjadi salah satu SUV yang paling dinanti tahun ini bersama dengan dua rival abadinya Toyota All-new Fortuner dan Ford Everest terbaru. Mengusung tagline “Design for Perfection”, Pajero Sport terbaru ini didaulat mengganti pendahulunya yang meski diakui ketangguhannya namun di beberapa pasar kurang dinikmati konsumen umum karena memiliki citra identik dengan mobil operasional pekerja konstruksi.

Banyak hal yang baru dari Mitsubishi Pajero Sport 2016 ini selain sekedar penampilan belaka. Mesin Diesel 2.4 liter yang lebih refined menggantikan dapur pacu 2.5 liter milik generasi sebelumya di samping pula transmisi matik delapan kecepatan. Penampilan interior-nya juga tampak naik kelas, mungkin termasuk yang terbaik di kelasnya. Kesan mobil komersial sebagaimana dimiliki pendahulunya maupun All-new Mitsubishi Strada Triton sudah tidak lagi terasa kala memasuki kabin Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini.

All-new Mitsubishi Pajero Sport 2016


Overview All-new Mitsubishi Pajero Sport

Penampilan Mitsubishi Pajero Sport terbaru berkesan modern dan memiliki banyak kemiripan dengan Mitsubishi Outlander terbaru (bukan Outlander Sport a.k.a. ASX). Jika membandingkan tampilan Mitsubishi Pajero Sport dengan Mitsubishi Pajero maka Pajero versi original tersebut langsung kelihatan ketinggalan jaman.

Review Mitsubishi Pajero Sport Terbaru

Berbeda dengan sebelumya dimana Mitsubishi menjual Pajero Sport dengan beberapa nama berbeda termasuk Montero dan Challenger, mulai tahun ini nama Pajero Sport menjadi merek global. Artinya di belahan dunia manapun Mitsubishi menjualnya maka akan tetap mengusung nama tersebut. Selain Ford Everest serta Toyota All-new Fortuner, diperkirakan yang juga bakal menghadang penjualan Mitsubishi Pajero Sport adalah Isuzu MU-X.

Meski saat tulisan ini dibuat Pajero Sport terbaru belum resmi dirilis, namun beberapa waktu lalu pihak produsen mengundang beberapa media untuk menjajal langsung SUV terbarunya itu langsung di Jepang meski hanya berupa pengujian singkat.

Versi yang diuji coba sendiri merupakan Mitsubishi Pajero Sport 5-seater yang bagi konsumen di emerging markets termasuk Indonesia bakal dianggap sebagai nilai minus dibanding Toyota All-new Fortuner dengan 7-seater nya.

Interior All-new Mitsubishi Pajero Sport sebagaimana sudah disinggung, tampak berkelas dan well laid-out. Selain itu build quality masing-masing bagiannya pun tampak sangat solid.
Lingkar kemudi dengan adjustable reach/rake selain ukurannya tidak terlalu besar dan tidak pula kekecilan, juga nyaman digenggam.

Interior All-new Mitsubishi Pajero Sport Indonesia

Joknya didesain dengan nilai ergonomis yang baik sehingga terasa suportif sekaligus nyaman. Dibandingkan dengan rival sekelasnya Mitsubishi Pajero Sport tampak setingkat lebih mewah dan nyaman pada poin ini.

Aksen metal yang tampak mulai dari dashboard hingga panel pintu tampak selaras sekaligus menonjolkan konsol tengah. SUV terbaru dari Mitsubishi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, sayangnya media yang diundang untuk melakukan uji coba singkat tidak cukup memiliki waktu untuk mencobanya.

Interior Mitsubishi Pajero Sport Terbaru

Jok bagian belakang bukan hanya nyaman namun juga sangat lega. Headroom serta legroom luas ditambah dengan jok yang generously-padded tampaknya lebih cari cukup untuk menjamin kenyamanan penumpang dalam perjalanan jauh sekalipun.

Sementara itu kapasitas bagasinya tentu saja sangat lebar mengingat versi yang ditampilkan merupakan SUV 5-seater. Kemungkinan kala masuk di Indonesia nantinya ruang ini akan diisi oleh jok baris ketiga dalam rangka mengakomodir preferensi konsumen di sini.

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi Pajero Sport Terbaru

Mesin Turbo Diesel 2.4 Liter MVEC yang berpadu dengan transmisi matik 8 kecepatan milik Pajero Sport terbaru merupakan yang paling senyap sekaligus halus di kelasnya. Ditambah lagi dengan insulasi yang baik maka tak ada suara mesin mengganggu yang meresapi di dalam kabin.

Opini Awal untuk All-new Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi tampaknya sudah melakukan penelitian dan perancangan yang teliti dalam jangka waktu lama sebelum memutuskan untuk melahirkan Mitsubishi Pajero Sport generasi terbaru ini. Desain bagian buritan yang pada awal kemunculan foto-foto spy shot-nya banyak menuai kritik ternyata tak seburuk yang dibayangkan, meski memang tidak mudah cerna.

Review All-new Mitsubishi Pajero Sport Indonesia

Spesifikasi dan Harga All-new Mitsubishi Pajero Sport Indonesia

Kenyamanan, kekedapan kabin, mesin serta transmisi yang responsif serta bertenaga belum lagi desain stylish dan modern sudah lebih dari cukup untuk menjadi alasan meminangnya. Namun yang lebih istimewa dan mungkin bakal menjadi selling point dari All-new Mitsubishi Pajero Sport adalah karakternya yang sama sekali tidak menunjukkan bahwa dirinya berbagi basis dengan pick-up atau truck Mitsubishi Triton.