// //

Membandingkan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Membandingkan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio hampir pasti dilakukan oleh siapapun yang hendak membeli Low MPV untuk keperluan non niaga. Keduanya sama-sama hadir dengan desain dan akomodasi yang pas untuk keluarga muda. Meski demikian masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Membandingkan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio sebenarnya juga bukan sebuah perkara gampang karena harus melihat preferensi calon pembeli. Meski keduanya bermain di segmen yang sama dengan harga yang tak terlalu jauh berbeda pula namun karakteristik masing-masing dalam beberapa hal sangat bertolak belakang. Preferensi yang berbeda dari masing-masing konsumen itulah menjadikan perbandingan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio tidak bisa dibuat dengan sederhana.

Suzuki Ertiga bagaimanapun masih layak diposisikan sebagai benchmark Low MPV di tanah air dengan catatan peruntukannya adalah sebagai mobil keluarga pengangkut penumpang. Di lain pihak Honda dengan berani mengusung desain yang tidak biasa untuk sebuah MPV dan dalam waktu singkat memikat hati calon konsumen berkat citra merek Honda itu sendiri. Untuk saat ini rasa-rasanya kedua mobil ini layak difavoritkan di kelasnya dibanding beberapa kompetitor lain.

Membandingkan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio


Perbandingan Suzuki Ertiga vs. Harga Honda Mobilio

Seperti biasa Honda membanderol mobilnya sedikit lebih mahal jika dibandingkan Suzuki. Harga Honda Mobilio tipe termurah yaitu S MT saat ini dibanderol Rp 162,5 juta sementara Harga Suzuki Ertiga GA sedikit lebih murah yaitu Rp 161,2 juta.

Meski dari sisi harga tampaknya Suzuki Ertiga lebih unggulan atas Honda Mobilio namun penilaiannya tidak sesederhana itu, sebab ada beberapa variabel lain yang harus dipertimbangkan sebelum melabeli produk tertentu murah atau mahal. Untuk sampai ke sana mari kita tengok dulu perbandingan keduanya di aspek-aspek yang lain.

Perbandingan Mesin Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Di atas kertas spesifikasi Honda Mobilio jelas unggul atas Suzuki Ertiga. Mobilio mengusung mesin 1.5 liter milik All-new Honda City yang mampu menghasilkan daya maksimum 118 hp dan torsi 145 Nm, sementara Ertiga mengusung mesin 1.4 liter dengan daya maksimum 94 hp dan torsi 130 Nm.

Meski performa mesin Honda Mobilio lebih unggula atas Suzuki Ertiga namun ternyata pada saat yang sama tingkat efisiensi konsumsi BBM Honda Mobilio pun lebih baik dibanding Suzuki Ertiga, setidaknya menurut klaim masing-masing pabrikan. Konsumsi BBM Mobilio tercatat 17,3 km/liter sementara Suzuki Ertiga 16,2 km/liter. Namun perlu diingat bahwa angka tersebut adalah klaim dari masing-masing pabrik dan bisa berbeda jauh di lapangan tergantung pada situasi kepadatan lalu lintas, kondisi jalanan yang dilalui dan tentu gaya mengemudi.

Setidaknya dari data di atas kertas Honda Mobilio muncul sebagai pemenang di sektor ini.

Performa Handling dan Riding


Meski output mesinnya tak sebesar Mobilio namun Suzuki Ertiga terkenal sebagai salah satu MPV dengan kualitas riding terbaik, tidak hanya di kelasnya namun bahkan dibanding dengan beberapa MPV yang satu tingkat di atasnya. Faktor inilah yang menjadikan Ertiga digandrungi oleh calon konsumen sebagai mobil keluarga dan kala itu dengan cepat menyingkirkan popularitas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Tingkat NVH (Noise, Vibration, Harshness) pada Suzuki Ertiga juga sangat rendah sehingga kenyamanan di dalam kabin makin optimal.

Pada sisi lain Honda Mobilio yang mengusung mesin milik All-new Honda City memiliki karakteristik refinement yang bahkan terasa lebih baik sekaligus lebih halus dibandingkan Honda City sendiri. Keunggulan ini masih ditambah lagi dengan minimnya gejala limbung pada Mobilio jika dibanding Ertiga.

Karena itu lagi-lagi pada sektor ini Suzuki Ertiga harus mengakui keunggulan Honda Mobilio.

Perbandingan Akomodasi Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Membandingkan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Membandingkan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Honda Mobilio memang dibangun dengan sasis Honda Brio, fakta inilah yang semula membuat orang mengernyitkan dahi sebelum mobil ini menampakkan diri secara langsung. Namun terbukti bahwa para desainer Honda cukup piawai dalam menyiasati sehingga headroom maupun legroom yang tersedia memenuhi kriteria sebagai sebuah Low MPV. ”Man maximum, space minimum” adalah tagline yang digunakan oleh Honda kala merancang Mobilio, dan hasilnya mampu diterjemahkan dengan baik oleh para desainer di lapangan.

Dilihat dari dimensinya sendiri Mobilio sedikit lebih panjang dibanding Ertiga, namun Ertiga lebih lebar sekaligus lebih tinggi dibanding Mobilio.

Di sektor ini tampaknya kedua mobil ini cukup adil diberi nilai imbang.

Perbandingan Interior Suzuki Ertiga dengan Interior Honda Mobilio

Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Di sektor interior Suzuki Ertiga masih tak bisa dikalahkan. Pada awal kelahirannya beberapa tahun lalu banyak orang terkagum-kagum karena tidak menduga bahwa sebuah mobil yang masuk dalam kategori Low MPV bisa memiliki kabin yang begitu mewah dan bahkan dalam beberapa hal memiliki fitur yang tak ada pada mobil lain yang harganya beberapa kali lipat di atasnya.
Kondisi ini tidak berubah hingga saat ini.

Sebaliknya interior Honda Mobilio langsung mengingatkan pada interior Honda Brio yang terus terang saja jauh dari istimewa. Jangan harapkan kesan mewah pada Suzuki Ertiga bakal diketemukan dalam kabin Honda Mobilio.

Ibaratnya ketika masuk ke dalam kabin Ertiga orang langsung merasa familiar dengan aura kabin Suzuki Swift, sementara saat masuk ke kabin Mobilio orang langsung teringat pada kabin Honda Brio. Tak perlu dibahas artinya, sebab kelas Suzuki Swift dan Honda Brio saja sudah jelas berbeda.

Kesimpulannya di sisi interior Suzuki Ertiga menang telak atas Honda Mobilio.

Perbandingan Eskterior Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Desain eksterior Suzuki Ertiga selalu memanjakan mata karena kesan yang luxury, kompak namun tetap atraktif. Sedangkan Honda Mobilio tampak lebih dinamis sekaligus macho dibanding Suzuki Ertiga.

Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Meski soal desain adalah soal selera namun di sini kami lebih cenderung memberi nilai plus pada desain eksterior Suzuki Ertiga ketimbang Honda Mobilio. Pasalnya desain Suzuki Ertiga tampak lebih fresh, sementara Mobilio seolah sekedar menggabungkan antara Honda Brio dan Honda All-new Honda City dengan modifikasi untuk menyesuaikan dengan dimensi tentunya.

Hak Anda untuk tidak setuju, namun kami menilai Suzuki Ertiga unggul di bagian desain eksterior.

Harga Promo Suzuki Ertiga GX DB (AT)
Pearl White Radiant Red
Harga Suzuki Ertiga Harga Suzuki Ertiga
Rp 199.800.000
Rp 199.400.000
Rp 199.800.000
Rp 199.400.000
beli sekarang beli sekarang

Kesimpulan Perbandingan Suzuki Ertiga dengan Honda Mobilio

Melihat beberapa perbandingan di atas rasanya layak memberikan apresiasi kepada Honda yang sukses merancang ulang Honda Brio menjadi sebuah MPV yang memiliki segudang potensi untuk menjadi bintang di kelas ini. Namun pada saat yang sama Suzuki Ertiga juga tak bisa digulingkan begitu saja dari tahtanya. Lebih-lebih di sektor desain serta kualitas riding, meski Mobilio lebih fun to drive tapi jangan lupakan bahwa mayoritas calon konsumen membeli MPV adalah untuk dijadikan sebagai mobil keluarga bukan mengejar faktor fun to drive.

Sejujurnya Suzuki Ertiga lebih layak difavoritkan dan tetap menjadi benchmark di kelas ini. Namun dengan berbagai kelebihannya Honda Mobilio bakal lebih menarik minat segmen usia yang lebih muda. Selain itu perbandingan citra merek antara Honda dan Suzuki sudah hampir pasti bakal menguntungkan Mobilio.