// //

Pilih Honda Brio 1.2 atau Nissan March 1.2?

Honda Brio dan Nissan March berada di segmen yang sama yaitu subkompak hatchback kelas A yang semakin populer sejak dua tahun lalu. Nissan March sudah lebih dahulu bermain di segmen ini bersama Mitsubishi Mirage. Sementara Honda Brio meski merupakan pendatang baru namun mampu meraih popularitas dalam tempo yang terbilang singkat.

Honda Brio mengusung desain yang lebih luwes dengan banyak kemiripan dengan Honda Civic Wonder hatchback (SB3) yang populer di era 80-an. Sementara belum lama ini Nissan memberikan facelift untuk Nissan March dengan desain bonnet berbentuk “V” yang menjadi ciri khas mobil Nissan terbaru. Singkatnya baik Honda Brio maupun Nissan March sama-sama memiliki desain menawan namun beda pendekatan.

Perbandingan Honda Brio dan Nissan March

Perbandingan Honda Brio dan Nissan March

Sementara itu bagian interior Nissan March didominasi oleh kelir hitam piano yang memberikan kesan elegan dan premium meski desain dashboard-nya sendiri masih tetap sederhana seperti generasi sebelumnya. Di sisi lain interior Honda Brio didominasi oleh kelir beige kecuali bagian dashboard yang diberi warna hitam. Meski dari luar Honda Brio tampak sedikit lebih kecil dibanding Nissan March namun ternyata kondisi tidak demikian setelah menilik ke dalam kabin.

Lagi-lagi terkait akomodasi kedua mobil ini memiliki pendekatan yang berbeda. Pada satu sisi Honda Brio hanya menyediakan ruang untuk empat penumpang dewasa namun masing-masing mendapatkan kenyamanan yang optimal. Di pihak lain Nissan March berusaha mengkomodir 5 penumpang di dalam kabin plus kapasitas bagasi yang sedikit lebih lega. Sulit menentukan yang terbaik di antara keduanya karena faktor selera dan kebutuhan masing-masing konsumen yang pada akhirnya menjadi penentu.

Interior Honda Brio

Interior Nissan March

Di balik bonnet-nya kedua mobil subkompak hatchback kelas A ini mengusung mesin dengan kapasitas yang sama yaitu 1.2 liter. Bedanya mesin Hondar Brio merupakan mesin 4 silinder yang mengembuskan daya maksimum 90 dk dan torsi 110 Nm. Sementara Nissan March menggunakan mesin 3 silinder dengan daya maksimum 79 dk dan 102 Nm.

Keduanya sama-sama memiliki karakter yang pas digunakan untuk kondisi dalam kota, hanya saja saat dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol Honda Brio terasa lebih bertenaga. Sedangkan soal kualitas handling-nya sendiri Honda Brio sedikit di atas Nissan March. Bahkan jika bicara soal kualitas handling Honda Brio adalah yang terbaik di kelasnya, meski riding-nya masih kalah dari Nissan March. Dan sampai saat ini belum ada yang mengalahkan kualitas riding Mitsubishi Mirage di kelas ini.

Pilih Honda Brio atau Nissan March?

Pilih Honda Brio atau Nissan March?

Jika harus memilih antara Honda Brio 1.2 dengan Nissan March 1.2 tampaknya Honda Brio lebih layak dilirik karena lebih seimbang hampir di semua lini daripada Nissan March. Selain itu dengan kualitas handling yang lebih fun, harga lebih murah, serta konsumsi BBM lebih irit dibanding Nissan March rasa-rasanya makin jelas keunggulan Honda Brio atas Nissan March.