// //

Kiprah Chevrolet Orlando di Indonesia

Chevrolet Orlando di Indonesia hadir meramaikan bursa otomotif tanah air semenjak kurang lebih dua tahun lalu. Dengan positioning yang unik yaitu menggabungkan antara konsep 7-seater MPV sekaligus crossover mobil besutan Chevrolet ini awalnya sempat diragukan. Pasalnya dengan harga yang dibanderol cukup tinggi mesin yang ditawarkan memiliki kapasitas tak sampai 2.0 liter.

Chevrolet Orlando di Indonesia hanya menyediakan satu opsi mesin yaitu empat silinder 1.8 liter dengan transmisi matic enam kecepatan yang menjadikan Orlando sebagai satu-satunya MOV di Indonesia dengan transmisi matic enam kecepatan.. Desainnya yang unik membuat mobil ini sering dilirik oleh mereka yang membutuhkan MPV 7-seater namun sekaligus ingin tampil beda. Desain berkesan tangguh ala Chevrolet dan lebih menyerupai SUV ketimbang MPV seketika membedakan MPV 7 seater lain dengan Chevrolet Orlando di Indonesia.

Chevrolet Orlando Indonesia Review

Meski konsep dan desainnya tampak unik jika dibanding mobil lain sekelasnya namun dibalik itu sebenarnya lebih banyak pendekatan konvensional yang diambil oleh pihak pabrikan. Tengok saja misalnya sistem penggerak roda depan yang juga diadopsi oleh MPV lain di kelas ini. Sebenarnya Chevrolet Orlando Diesel menjadi opsi yang lebih layak dipertimbangkan oleh calon konsumen namun sayangnya hingga kini belum ada tanda-tanda bakal dihadirkan di Indonesia.

Di sektor interior Chevrolet Orlando lagi-lagi memiliki keunikan dibanding MPV lain seperti posisi duduk yang lebih rendah namun diimbangi desain yang tetap mampu memberikan pandangan luas bagi pengemudinya. Beberapa fitur yang ada di balik kabin Orlanda antara lain adalah climate electric, tilt telescopic steering serta MID pada instrumen speedometer.

Interior Chevrolet Orlando

Soal standar keselamatan sebagaimana umumnya mobil-mobil keluaran Chevrolet maka empat buah airbag, dengan sistem rem cakram plus ABS dan EBD. Begitu pula power steering elektrik, electronic stability program dan traction control. Serta side impact protection beam dan spion lipat otomatis semuanya sudah menjadi bagian dari Chevrolet Orlando yang dipasarkan di Indonesia.

Di sektor keselamatan Chevrolet Orlando layak mendapatkan lima bintang, hanya saja airbags yang tidak ditempatkan untuk semua penumpang menjadi salah satu poin minus meski faktanya mayoritas kompetitornya di Indonesia juga demikian atau bahkan lebih buruk.

Memang dashboard-nya didominasi oleh material plastik yang secara estetika merupakan nilai minus. Namun setidaknya soal kualitas dan durabilitas tak ada yang perlu dikritisi di sini

Seperti sudah disebut bahwa posisi duduk terasa lebih rendah dibanding umumnya MPV namun selain desain yang memberikan pandangan luas untuk pengemudi juga baik lingkar kemudi maupun jok pengemudi bisa diatur ketinggiannya.

Soal akomodasi penumpang depan dan baris kedua sama-sama dimanjakan dengan headroom dan legroom yang lega. Sedangkan pada bangku baris ketiga meski tak senyaman baris kedua namun masih terbilang layak untuk memuat dua penumpang dewasa berukuran normal, jauh lebih layak dibandingkan segmen Low MPV yang satu kelas di bawahnya.

Harga Chevrolet Orlando

Chevrolet Orlando Indonesia Interior

Di atas kertas mesin 1.8 liter yang menjadi dapur pacu Chevrolet Orlando memang tampak di bawah rata-rata, namun berkat teknologi Ecotec faktanya mesin dengan konfigurasi empat silinder ini sanggup memuntahkan daya maksimum 141 dk dan torsi maksimum 176 Nm. Sementara market leader di kelas ini yaitu Toyota Innova yang dibekali mesin 2.0 liter “hanya” sanggup menghasilkan daya maksimum 136 dk. Output mesin MPV keluaran Chevrolet ini berada di antara Toyota Innova dan Nissan Serena.

Spesifikasi Chevrolet Orlando

Engines and Transmission LT 1.8 AT
Transmission 6 Speed Automatic
Fuel Injection System Multi Point Fuel Injection System
Suspension McPherson Strut – Front /Compound Crank – Rear
Torque 176 Nm/3800 rpm
Valves 4 Valves Per Cylinder
Drive Axle Front Wheel Drive (FWD)
Steering Electric Power Steering (EPS)
Camshaft Layout Double overhead camshaft
Brakes Brakes – Disk Brakes Front, Ventilated & Rear
Power Output 6200 rpm/141 ps
Fuel Type Petrol
Cylinder Configuration 4 cylinders in-line
Stroke (mm) 88.2
Displacement (cc) (ccm) 1796
Compression Ratio (Ratio) 10.5
Bore (mm) 80.5
Fuel Consumption LT 1.8 AT
Emission class Emission class Euro V
CO2 Emission (g/km) 184
Dimensions LT 1.8 AT
Seating Capacity Seats – 7
Shoulder Room Rear (mm) 1419
Legroom Rear (mm) 917
Headroom Rear (mm) 983
Legroom Front (mm) 1034
Shoulder Room Front (mm) 1450
Track Front (mm) 1584
Fuel Tank Capacity (l) 64
Min. Turning Radius (m) 11.3
Max. Allowable Weight (kg) 2179
Width Incl. Mirrors (mm) 1836
Length (mm) 4652
Kerb Weight (kg) 1539
Towing Capacity (Braked) (kg) 1100
Load Space Seats Folded (l) 466
Towing Capacity (Unbraked) (kg) 750
Track Rear (mm) 1588
Load Space Seats Up to Window Line (l) 101
Roof Load (kg) 100
Height With Roof Rails (mm) 1633
Wheelbase (mm) 2760

Soal kualitas riding dan handling pada satu sisi Chevrolet Orlando memiliki stabilitas dan body control yang jauh di atas rival-rivalnya di kelas ini. Kemampuannya untuk mengatasi permukaan jalan yang kurang baik pun menjadi salah satu keunggulan Chevrolet Orlando atas kompetitor. Bobot setirnya pada satu sisi menjadikan pengemudi merasa percaya diri saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, namun pada sisi lain terasa lebih berat dibanding kompetitor saat hendak memarkirkannya. Kelemahan Chevrolet Orlando sebagaimana sudah bisa ditebak dari keunggulannya yaitu bantingannya terbilang keras untuk ukuran sebuah MPV yang sangat identik dengan mobil keluarga.

Chevrolet Orlando Indonesia Spesifikasi

Singkatnya Chevrolet Orlando sudah memiliki semua aspek serta kelengkapan yang dibutuhkan untuk membuatnya berbeda dengan para kompetitor sekaligus memenuhi ekspektasi konsumen di kelas tersebut. Mobil ini layak dipilih sebagai alternatif bagi mereka yang menghendaki sebuah mobil keluarga tujuh penumpang dengan kenyamanan rata-rata dan pada sisi lain tetap tidak mengorbankan performa serta penampilan.

Saat ini harga Chevrolet Orlando di Indonesia menurut situs resmi Chevrolet Indonesia dibanderol Rp 295 juta.