// //

Perbandingan Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail : Sebuah Komparasi Asal

Rivalitas Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail memasuki babak baru setelah baru-baru ini Nissan melakukan peremajaan terhadap SUV-nya itu. Nissan X-Trail terbaru muncul pertama kali di Indonesia pada gelaran IIMS lalu. Sementara meski Mazda CX-5 di Indonesia sudah berkiprah beberapa tahun namun desain dan teknologinya masih sangat layak bersaing dengan All New X-Trail.

Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail memang bukan satu-satunya rivalitas yang layak disoroti. Namun sebagaimana dilaporkan oleh AutoNetMagz beberapa waktu lalu bahwa pada gelaran IIMS 2014 penjualan Mazda CX-5 setengah kali lipat lebih tinggi dibanding Nissan X-Trail yang notabene lebih fresh dan lebih murah khusus untuk event tersebut. Apakah fenomena pada IIMS tersebut mampu merepresentasikan potensi rivalitas antara Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail?

Ditilik dari desainnya kedua SUV kompak ini sama-sama layak merepresentasikan brand masing-masing. Mazda CX-5 menjadi mobil pertama keluaran Mazda yang menganut desain Kodo dan kini desain moncong ala cheetah itu sudah diadopsi oleh semua mobil terbaru keluaran Mazda dan sudah menjadi indentitas yang melekat. Sementara Nissan All New X-Trail pun juga demikian, desain moncong ala “V” menjadi ciri khas X-Trail terbaru bersama-sama dengan mobil terbaru keluaran Nissan lainnya.

Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail

Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail

Bicara soal detil, Nissan X-Trail terbaru yang dilengkapi dengan LED daytime lights rasa-rasanya bakal membuat penampilannya makin mencolok terlebih ketika dikemudikan di malam hari.

Beralih ke bagian buritan baik Mazda CX-5 maupun Nissan X-Trail terbaru sama-sama dibekali rear spoiler yang bukan saja membuat kedua kompak SUV tersebut tampak sporti namun juga bukan sekedar hiasan sehingga memiliki kontribusi dalam memperbaiki aerodinamikanya.

Meski sama-sama menunjang estetika dan aerodinamika namun pendekatan desain yang diusung keduanya sedikit berbeda. Mazda CX-5 memiliki desain rear spoiler yang cenderung membulat sementara pada X-Trail berkesan lebih tegas dengan tepi-tepi yang tajam.

Di bagian kaki kedua mobil ini menggunakan kombinasi ban dan velg yang berbeda. Jika Mazda menggunakan perpaduan 225/55R19 di lain pihak Nissan pilih mengadopsi 225/60R18, tentulah masing-masing pabrikan memiliki pertimbangan berbeda dan disesuaikan dengan karakteristik tiap mobil tersebut. Walaupun penampilan Mazda CX-5 dengan velg 19 inch sudah pasti tampak lebih menarik ketimbang velg 18 inch pada X-Trail, namun asumsinya Nissan X-Trail yang menggunakan profil lebih besar bakal mampu memberikan peredaman lebih baik di jalan yang tidak rata dibanding Mazda CX-5. Benar atau tidak silakan coba sendiri.

Komparasi Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail

Perbandingan Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail

Saat ini All New Nissan X-Trail di Indonesia hanya tersedia dalam tiga opsi yaitu 2.0 M/T, 2.0 CVT dan tipe termahalnya adalah 2.5 CVT. Sementara Mazda CX-5 yang sudah dua tahun berkiprah di Indonesia menawarkan opsi pilihan sama yaitu Grand Touring, Touring dan Sport.
Bedanya, semua varian yang ditawarkan oleh Nissan memiliki bangku baris ketiga (7-seater), sementara semua tipe yang tersedia pada Mazda CX-5 adalah 5-seater. Walau demikian bangku baris ketiga pada X-Trail juga seperti umumnya SUV di kelas ini ruangnya sangat terbatas terutama untuk legroom.

Pada tipe tertingginya kedua kompak SUV tersebut sama-sama mengandalkan dapur pacu dengan kapasitas 2.5 liter. Pada CX-5 output yang dihasilkan adalah 184 PS, sementara output X-Trail sedikit di bawah CX-5 yaitu 171 PS. Sementara soal efisiensi tampaknya Mazda lebih unggul berkat teknologi Skyactiv namun pada saat yang sama ternyata daya maksimum yang dihasilkan juga lebih besar. Berkat perpaduan mesin dan transmisi berteknologi Skyactiv tersebut akselerasi Mazda CX-5 sejauh ini adalah yang terbaik dibandingkan para kompetitor termasuk All New Nissan X-Trail.

Pilih Mazda CX-5 atau All New Nissan X-Trail

Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail Indonesia

Kualitas handling danriding Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail tidak terlalu jauh berbeda. Keduanya sama-sama menawarkan posisi duduk yang tinggi dan desain yang memberikan pandangan luas bagi pengemudi.

Hanya saja pendekatan yang dianut keduanya sedikit bertolak belakang. Para desainer Mazda tampaknya mengedepankan stabilitas dan kenyamanan pengemudi seperti umumnya mobil-mobil Mazda yang lain. Karena itu suspensinya disetting lebih keras dengan konsekuensi mengorbankan kenyamanan penumpang.

Sementara Nissan X-Trail terbaru di lain sisi berusaha menjadikan SUV terbarunya ini “lebih beradab” dibanding generasi sebelumnya dengan mengedepankan kenyamanan bagi penumpang dengan konsekuensi sebaliknya terhadap stabilitas pengendalian.

Interior Mazda CX-5

Interior All New Nissan X-Trail

Perbedaan pendekatan antara keduanya sebenarnya juga sudah bisa diduga dengan memperhatikan spesifikasi masing-masing di atas kertas. Salah satunya adalah pilihan Nissan untuk menggunakan transmisi CVT untuk X-Trail, sementara Mazda enggan menggunakan transmisi ini karena bakal berseberangan dengan konsep Zoom-Zoom yang menjadi tagline mereka beberapa tahun belakangan ini.

Sampai di sini saja sebenarnya sudah tampak jelas ketika membandingkan antara Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail. Kenyamanan dan akomodasi pada X-Trail menjadikannya lebih layak dipilih sebagai mobil keluarga, sementara pada sisi lain meski masih mampu mengakomodir keluarga muda namun selain daya muatnya lebih terbatas kenyamanan pun sedikit dikorbankan pada Mazda CX-5.

Bagaimanapun soal kualitas handling keduanya tidak jauh berbeda. Di sektor kaki-kaki baik Mazda CX-5 maupun Nissan X-Trail terbaru sama-sama menggunakan kombinasi suspensi MacPherson di bagian depan dan multi-link independent di bagian belakang.

Bagaimana kesimpulan perbandingan Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail? Seperti biasa jawabannya tidak pernah gampang didapat karena kembali pada peruntukan dan preferensi masing-masing. Kedua kompak SUV itu sama-sama menawarkan keunggulan di sektor desain, performa dan akomodasi.

Bagus mana Mazda CX-5 atau. All New Nissan X-Trail

Mazda CX-5 vs. All New Nissan X-Trail terbaru

Jika harus merekomendasikan salah satu di antara keduanya jujur saja tidak bisa dijawab karena ada banyak variasi atribut yang harus dipertimbangkan termasuk gaya mengemudi masing-masing calon konsumen. Yang terbaik tentu mencoba keduanya secara langsung dan menentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan gaya mengemudi serta kebutuhan Anda.

Harga All New Nissan X-Trail saat ini dibanderol Rp 383 juta untuk tipe 2.0 MT, Rp 413 juta untuk 2.0 CVT dan tipe tertingginya yaitu 2.5 CVT dibanderol 413.5 juta. Sementara harga Mazda CX-5 saat ini dibuka mulai Rp 411 juta untuk tipe Sport, Rp 436 juta untuk tipe Touring dan Rp 455 juta untuk tipe Grand Touring. Untuk warna soul red bahkan lebih mahal lagi.