// //

Suzuki Karimun Wagon R Matic Masuk Indonesia?

Setelah dikabarkan bahwa Datsun Go Panca matic bakal segera dirilis ternyata tak lama kemudia diberitakan oleh AutonetMagz bahwa Suzuki pun akan mengambil langkah serupa. Belum lama berlalu tepatnya di gelaran IIMS kemarin PT. SIS merilis varian tertinggi LCGC andalannya yang dinamai Suzuki Karimun Wagon R GS, ternyata selain tipe GS masih ada amunisi lain yang disembunyikan.

Tampaknya Suzuki tidak akan memisahkan Suzuki Karimun Wagon R dengan transmisi matic ini dari segmen LCGC sebagaimana dilakukan Honda terhadap Honda Brio. Minat calon konsumen LCGC yang cukup tinggi terhadap mobil dengan transmisi otomatis rupa-rupanya dianggap lebih menguntungkan ketimbang mengikuti keputusan yang diambil oleh Honda.

Menilik sejarah Suzuki Karimun maupun Maruti Wagon R yang sejak lahir belum pernah didampingi dengan transmisi matic maka proses mewujudkan Suzuki Karimun Wagon R matic tidak bakal singkat. Namun demikian Maruti sendiri sebenarnya juga sudah mengaplikasikan transmisi matic pada Maruti Celerio yang notabene mesinnya sama dengan Suzuki Karimun Wagon R.

Suzuki Karimun Wagon R Matic

Sejauh ini rumornya Suzuki Karimun Wagon R matic akan dirilis paling cepat tahun depan, dan soal harga masih menjadi misteri. Justru pertanyaan baru yang muncul adalah apakah dengan kehadiran Wagon R matic ini berarti PT. SIS tidak jadi memasukkan Suzuki Celerio ke Indonesia?

Bisa jadi demikian, pasalnya dengan semakin banyaknya varian Karimun Wagon R justru masuknya Suzuki Celerio bakal membingungkan konsumen. Selain itu selama ini Karimun Wagon R sudah terbukti diterima dengan baik oleh pasar, jadi kenapa Suzuki harus mengambil resiko dengan memasukkan Celerio yang bukan hanya belum teruji di pasar Indonesia namun juga berpotensi saling mengkanibal dengan Wagon R di pasaran.

Asumsi ini rasanya sejalan dengan penuturan Davy J Tuilan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan SIS yang tempo hari menyebut bahwa Suzuki memang akan memperkenalkan mobil baru pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Kala itu Davy menegaskan bahwa konsen PT. SIS adalah pada model yang merupakan mobil dengan penjualan atau permintaan yang besar. Maka rasanya tak berlebihan bahwa yang dimaksudnya tak lain adalah Suzuki Karimun Wagon R yang sejauh ini memang menyumbang penjualan fantastis bagi PT. SIS.