// //

Sempat Tertunda, Porsche Macan Tetap Meluncur ke Indonesia

Porsche Macan sebelumnya diyakini bakal meluncur di Indonesia pada bulan April tahun ini, ternyata meski tertunda namun PT Eurokars Artha Utama yang adalah ATPM Porsche di Indonesia rupanya tetap akan merilis SUV kompak ini dalam waktu dekat. Pihak Porsche Asia Pacific sendiri menegaskan bahwa calon pesaing Range Rover Evoque dan Audi Q5 ini akan hadir di Indonesia pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini.

Harga Porsche Macan di Indonesia sendiri hingga saat ini masih belum diberitakan secara resmi, namun beberapa media otomotif luar menyebut bahwa harga Porsche Macan lebih murah dibandingkan Nissan Patrol ataupun Toyota Land Cruiser. Tahun lalu hanya dengan mengandalkan Porsche Cayenne saja pabrikan asal Stuttgart ini mencatatkan penjualan mobil SUV tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang penjualan Porsche 911 yang merupakan salah satu ikon Porsche. Meski demikian rupa-rupanya perusahaan tersebut memilih langkah berhati-hati dengan hanya memproduksi 50.000 unit Porsche Macan pada tahun pertamanya.

Porsche Macan Indonesia

Saat ini Porsche Macan tersedia dalam tiga opsi yaitu Porsche Macan S Diesel dengan mesin 3.0 V6 yang menghasilkan daya maksimum 258 PS dengan torsi 580 Nm yang disalurkan ke keempat rodanya oleh transmisi matic dual clutch tujuh kecepatan. Konsumsi BBM Porsche Macan S Diesel menurut klaim pabrikan adalah 6,1 hingga 6,3 liter/100 km. Sementara akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam waktu 6,3 detik dengan kecepatan maksimal hingga 230 km/jam.

Untuk tipe bermesin bensin tersedia dalam dua pilihan. Pilihan pertama adalah Porsche Macan S 3.0 liter V6 dengan daya maksimum 340 PS dan torsi 460 Nm dengan transmisi dan sistem penggerak roda yang sama dengan Porsche Macan S Diesel. Konsumsi BBM yang diklaim pabrikan adalah 8,7 hingga 9,0 liter/100 km. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 5,4 detik dan kecepatan maksimumnya 254 km/jam.

Porsche Macan bermesin bensin lainnya mengandalkan mesin V6 3.6 liter berdaya maksimum 400 PS dengan torsi maksimum 550 Nm. Lagi-lagi transmisi dan sistem penggerak rodanya sama seperti dua tipe yang sudah disebut sebelumnya. Porsche mengklaim konsumsi BBM Porsche Macan 3.6 liter ini 8,9 hingga 9,2 liter/100 km. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam waktu 4,6 detik dan kecepatan maksimumnya 266 km/jam.

Harga Porsche Macan Indonesia

Spesifikasi Porsche Macan Indonesia

Beberapa minggu lalu sempat diberitakan juga bahwa produsen otomotif asal Stuttgart tersebut tengah mempersiapkan Porsche Macan dengan mesin V4 yang dikhususkan untuk pasar Asia Tenggara dan UK. Berita tersebut kemudian dipastikan kebenarannya oleh pihak Porsche sendiri pada gelaran Beijing motor show. Iklan Porsche Macan V4 sendiri mengambil latar belakang sungai dn bangunan ikonik di Melbourne yaitu Yarra River dan Flinders St. Station.

Meski mengusung mesin empat silinder namun bukan berarti tenaga Porsche Macan bisa diremehkan. Diperkirakan daya maksimumnya tercatat 237 PS, sementara torsi maksimumnya 350 Nm. Memang terasa jauh jika dibandingkan mesin enam silinder yang sudah diproduksi saat ini, namun pihak pabrikan berani mengklaim akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 6,9 detik. Sementara untuk transmisi dan sistem penggerak rodanya sama persis dengan ketiga tipe lainnya. Berkat mesin dengan kapasitas yang lebih kecil ini maka konsumsi BBM Porsche Macan V4 pun lebih irit dibanding V6 yaitu 7,2 hingga 7,5 liter/100 km menurut klaim pabrikan.

Review Porsche Macan Indonesia

Porsche Macan Indonesia

Kabarnya mesin V4 yang bakal diusung oleh Porsche Macan adalah mesin EA888 2.0 liter yang digunakan pula oleh Audi A3, VW Golf dan beberapa mobil bermerek Skoda.

Meski pasar Asia Tenggara adalah salah satu target utama Porsche Macan bermesin V4 ini namun sepertinya tipe ini belum akan datang dalam waktu dekat.