// //

Dibalik Harga dan Spesifikasi Audi Q5

Mulai kemarin delapan puluh unit Audi Q5 resmi masuk ke Indonesia melalui PT. Garuda Mataram Motor selaku ATPM Audi di Indonesia. Sebenarnya untuk tahun 2013 ini Audi Q5 terbaru mengusung mesin bensin 3.0 liter V6 yang merupakan kasta tertinggi dari mobil yang masuk dalam jajaran Best Luxury Midsize SUV ini. Namun tampaknya untuk saat ini hanya mesin 2.0 liter yang bakal hadir di Indonesia. Audi Q5 2.0 liter (Audi Q5 PI) ini kabarnya di Indonesia bakal dibanderol seharga Rp 985 juta.

Meski sementara baru Audi Q5 PI dengan mesin 2.0 liter yang bakal hadir di Indonesia namun tak ada salahnya melirik pula tipe lain yang juga merupakan bagian dari keluarga Audi Q5 ini. 


Harga Audi Q5 Indonesia


Audi Q5 hingga saat ini masih diproduksi langsung oleh pabrik Audi di Jerman. Mesin 2.0 liter TFSi dengan empat silindernya menghasilkan tenaga maksimal sebesar 155 kW pada putaran 4500-6250 rpm dan torsi masimal 320 Nm pada putaran 1500-4500 rpm.

Sementara itu Audi Q5 dengan dapur pacu turbo diesel 2.0 common-rail menghasilkan tenaga maksimal 130 kW pada putaran 4200 rpm dan torsi maksimal 380 Nm dari putaran 1750 hingga 2500 rpm.
Dua kasta tertinggi dikeluarga Audi Q5 mengusung mesin bensin 3.0 liter V6 dengan tenaga maksimal 200 kW pada 4780-6500 rom dan torsi 400 Nm pada 2150-4780 rpm. Sementara mesin 3.0 V6 turbo dieselnya menghasilkan 180 kW pada 4000-4500 rpm dan torsi maksimal 580 Nm pada putaran 1750-2500 rpm.

Seri mesin diesel Audi Q5 diperlengkapi dengan transmisi automated manual S-tronic tujuh kecepatan sementara versi mesin bensin dilengkapi dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Semua varian Audi Q5 sudah dilengkapi dengan teknologi automatic start/stop.

Suspensi yang digunakan adalah multilink di bagian depan dan trapezoidal untuk belakang. Teknologi Drice Select memungkinkan pengemudi memilih antara mode Efficiency, Comfort, Auto, Dynamic atau Individual dengan melakukan mapping pada bobot kemudi, performa mesin dan transmisi.
Velg 18 inch dan ban ukuran 235/60 adalah standard seluruh varian Audi Q5.

Performa dan Pengendalian Audi Q5

Mesin berbahan bakar bensin 2.0 liter TFSi pada Audi Q5 menggunakan direct injection dan turbocharging untuk menghasilkan performa yang terbilang mengagumkan untuk sebuah midsize SUV. Meski performanya masih kalah jauh jika dibandingkan dengan mesin turbo diesel 3.0 liter-nya namun mesin 2.0 liter ini memiliki akselerasi yang sangat halus plus penggunaan BBM yang efisien untuk sebuah SUV di kelasnya.

New Audi Q5 PI Indonesia

Mesin 2.0 liter TFSi pada Audi Q5 mampu membawa mobil SUV mewah ini melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 7,2 detik.

Performa maksimal dari Audi Q5 tentu bisa diharapkan dari mesin 3.0 liter V6 TDi yang bukan hanya mantap dalam berakselerasi namun juga sekaligus responsif dan tidak berisik.

Mesin 3.0 liter diesel ini mampu melesatkan Audi Q5 dari 0-100 km/jam hanya dalam wakru 6,5 detik, sementara mesin bensin 3.0 liter TFSi hanya membutuhkan waktu 5,9 detik.

Jika kedua varian itu masih belum cukup memuaskan maka masih tersedia Audi Q5 bermesin 3.0 liter twin-turbo diesel bertenaga masimal 230 kW dan torsi maksimal 650 Nm yang akan membawa Audi Q5 dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,3 detik saja.

Pada Audi Q5 mesin diesel meski pengemudi bisa memilih mode otomatis namun performa terbaiknya baru bisa dirasakan jika dipindah ke mode transmisi manual.
Lain halnya dengan Audi Q5 bermesin bensin yang transmisi otomatisnya terasa sangat pas dengan karakter mesin. Transmisi otomatis pada mesin bensin ini bekerja sangat halus hingga tak jarang pengemudi sendiri tak menyadari bahwa sistem tersebut sedang sibuk bekerja.

Yang penting untuk diperhatikan adalah sama halnya dengan semua SUV keluaran pabrikan Volkswagen yang bermesin 2.0 liter, Audi Q5 PI memiliki sejarah konsumsi oli mesin yang boros dan banyak dikeluhkan oleh pemiliknya. Audi sendiri menyebut bahwa masalah ini sudah diperbaiki pada New Audi Q5 PI.

Audi Q5 keluaran tahun 2013 juga mengalami revisi pada suspensi untuk mendukung pengemudian yang lebih baik meski sebenarnya tidak ada masalah pada versi tahun sebelumnya. Audi juga menyediakan adaptive damper secara opsional jika dikehendaki pemilik, namun rasanya Anda tidak akan memerlukan, karena kondisi suspensi Audi Q5 bawaan pabrik sudah sangat mumpuni dan nyaman.

Audi Q5 adalah SUV medium yang tidak berisik dibandingkan kompetitornya. Kemudinya pada mode Auto terasa sangat ringan sementara pada mode Dynamic lebih terasa mantap dan berbobot.

Interior Audi Q5

Dasboard Audi Q5 didesain menarik dan efisien, serupa dengan Audi A4.
Dan seperti biasa kualitas adalah jaminan utama bagi semua jenis mobil keluaran Audi.

Jok pengemudi sangat nyaman untuk perjalanan jauh meski fungsi pengaturan lingkar kemudinya masih bisa ditingkatkan.


Spesifikasi Audi Q5 Indonesia

Audi Q5 PI

Jok bagian belakang juga lega dan nyaman serta aman berkat keberadaan airbags di bagian samping jok penumpang.

Secara keseluruhan Audi Q5 adalah sebuah midsize SUV yang sukses mengkombinasikan antara kemewahan dan performa. Beberapa menilai bahwa Audi Q5 adalah kompetitor BMW X1, rasanya itu adalah perbandingan yang kurang tepat sebab Audi Q5 sebenarnya adalah mobil SUV di segmen yang sama dengan BMW X3. Sementara BMW X1 bermain di segmen yang sama dengan Audi Q3.