// //

Test Drive All-New Mazda 6: Semewah Sedan Eropa

All-New Mazda 6 yang dibanderol sekitar Rp 535-538 juta (tergantung warna) terbilang cukup mahal untuk ukuran sebuah sedan buatan Jepang. Meski demikian untuk ukuran sebuah sedan kelas medium, harga All-New Mazda 6 sangat layak mempertimbangkan berbagai fitur dan perfoma yang ditawarkannya.

All-New Mazda 6 bukan hanya unggul dalam kelengkapan fitur namun mobil sedan keluaran Mazda ini juga sarat teknologi terbaru plus standar keamanan yang sangat tinggi sekelas sedan buatan Eropa.

All-New Mazda 6 secara khusus didesain untuk memenuhi selera pasar sedan di AS yang merupakan target market utama Mazda 6. Karenanya memang secara sekilas maupun detil tampak jelas bahwa All-New Mazda 6 lebih merupakan sedan selera konsumen Amerika daripada selera konsumen Asia maupun Jepang. Apa saja yang bisa Anda peroleh dari sedan seharga lebih dari setengah milyar rupiah ini?


All-New Mazda 6 Indonesia


Interior All-New Mazda 6

Di sektor interior All-New Mazda 6 mengusung nuansa khas mobil Mazda: desain interior yang cantik, elegan tanpa mengabaikan fungsionalitas.

Hanya dengan menilik interior All-New Mazda 6 saja siapapun pasti setuju bahwa mobil ini mengusung standar yang jauh di atas sedan buatan Jepang pada umumnya. Kualitas material maupun finishing-nya tidak perlu diragukan lagi: berkualitas tinggi dan tanpa cela.

Jok bagian depan baik untuk pengemudi maupun penumpang memiliki ruang yang lega untuk ukuran mobil sedan kelas medium. Desain baru pada pilar-pilarnya menjadikan sudut pandang pengemudi lebih luas jika dibanding Mazda 6 versi lama.

Harga All-New Mazda 6 Indonesia

Jok bagian belakang memberikan kenyamanan optimal bagi penumpang dan bisa dilipat andaikata tidak diperlukan. Sayangnya proses melipat jok belakang terbilang sulit, terkadang perlu dilakukan oleh dua orang untuk melakukan tugas ini.

Performa All-New Mazda 6

All-New Mazda 6 mengusung mesin 2.5 liter empat silinder sebagaimana yang digunakan oleh Mazda CX-5 Maxx Sport dan Grand Touring. Mesin ini menghasilkan maks. Power 138 kW dan torsi maksimal 250 Nm. Mesin ini bukan hanya bertenaga namun sekaligus efisien dalam penggunaan BBM serta ramah lingkungan. All-New Mazda 6 adalah mobil kedua keluaran Mazda yang menggunakan teknologi Skyactiv setelah sebelumnya diterapkan lebih dahulu di Mazda CX-5.

Mazda mengklaim konsumsi BBM All-New Mazda 6 adalah 9 liter/100 km, namun saat dilakukan pengujian hasil yang diperoleh tidak sama dengan klaim Mazda. Dalam kondisi keseharian dalam kota konsumsi BBM All-New Mazda 6 tercatat 6,6 liter/100 km. Angka tersebut masih terbilang irit untuk medium sedan.

Teknologi auto stop/start yang oleh Mazda disebut sebagai “i-stop” cukup memberikan kontribusi bagi hematnya konsumsi bahan bakar All-New Mazda 6.

Baik di Indonesia maupun di negara lain All-New Mazda 6 hanya tersedia versi transmisi otomatis enam kecepatan, transmisi otomatis buatan Mazda ini bisa dibilang sebagai yang terbaik di kelasnya.

Transmisi otomatisnya sangat presisi dan reliable, hasilnya bukan hanya perpindahan gigi yang sangat halus namun lagi-lagi konsumsi BBM yang lebih efisien. Meski tidak ada mode “Sport” pada transmisi otomatis ini namun teknologi Active Adaptive Shift yang diterapkan pada All-New Mazda 6 sudah sangat mumpuni untuk menuruti kemauan pengemudi.

Selama dikendalikan kabin All-New Mazda 6 sangat senyap, tidak ada suara-suara yang mengganggu baik berasal dari gesekan roda dengan aspal maupun angin. Memang terkadang terdengar suara getaran yang nampaknya berasal dari bagian bahwa dashboard, namun secara keseluruhan mobil ini lebih hening dibanding pendahulunya.

All-New Mazda 6 Indonesia

Spesifikasi All-New Mazda 6 Indonesia

Mobil-mobil keluaran Mazda selalu terkenal dengan kenyamanannya dalam hal pengendalian. All-New Mazda 6 bukan perkecualian meski bertubuh bongsor, mobil ini mampu melahap tikungan dengan stabil, tajam dan memberikan kepecayaan diri bagi pengemudinya.

Sistem rem bekerja dengan sangat baik, ditambah lagi keberadaan teknologi Smart Brake Support yang memberi peringatan kepada pengemudi untuk menginjak rem jika terdapat obyek di depannya.

Kesimpulan Hasil Test Drive All-New Mazda 6

Hingga saat ini kelas sedan medium memang masih didominasi oleh Toyota Camry. Meski Toyota Camry bukan pilihan yang buruk namun dalam hal pengendalian All-New Mazda 6 jelas lebih baik dan lebih lincah. Dalam hal kualitas interior, All-New Mazda 6 juga masih lebih baik dibanding Camry.
Dibandingkan dengan Honda Accord, All-New Mazda 6 juga unggul dalam hal teknologi.

Harga All-New Mazda 6 Indonesia

Setelah beberapa hari mengemudikan All-New Mazda 6 maka bisa disimpulkan bahwa poin-poin penting yang menjadi keunggulan All-New Mazda 6 dibanding kompetitornya adalah dalam hal: pengendalian, hemat BBM serta ruang yang lebih lega. Meski subyejtif dan relatif namun rasanya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa desain All-New Mazda 6 juga jauh lebih baik dibanding Toyota maupun Honda.

Harga mobil baru keluaran Mazda yang lebih dari Rp 500 juta ini memang terbilang mahal, namun setelah merasakan dan mengemudikan langsung jelaslah harga tersebut sangat layak untuk sebuah sedan sekelas Mazda 6.