// //

Bedah All-New Ford Ranger Terbaru

All-New Ford Ranger hadir dalam wujud generasi terbaru untuk memenuhi permintaan tinggi terhadap pick-up truck tersebut di beberapa pasar setempat. Tersedia dalam beberapa tipe, semua jajaran keluarga All-New Ford Ranger sudah memperoleh rating lima bintang dari ANCAP. Bahkan pada versi 2WD nya pun kini sudah dilengkapi dengan side airbags.

Sementara itu All-New Ford Ranger versi termahal dihuni oleh tipe Wildtrak meski tampaknya tipe XLT masih akan menjadi pilihan terpopuler. All-New Ford Ranger XLT mengusung dapur pacu 4 silinder dengan kapasitas 3.2 liter. All-New Ford Ranger XLT secara khusus menyasar segmen pertambangan sehingga selain mesin berkapasitas gambot beberapa fitur lain seperti pelapis jok berbahan kanvas, daytime running lights, ancillary wiring serta dual-battery system. Dan kini setelah konsumen semakin sadar berbagai keunggulan Ford Ranger maka di beberapa pasar penjualan double cabin keluaran Ford ini mampu mengungguli kompetitor utamanya seperti Mitsubishi Triton dan Nissan Navara. Sepertinya hanya soal waktu saja hingga All-New Ford Ranger mampu menyamai penjualan Toyota Hilux yang hingga kini masih menjadi mobil terlaris di kelasnya.

All-New Ford Ranger Indonesia

Untuk sebuah mobil yang diperuntukkan bekerja keras, bagian dalam alias kabin All-New Ford Ranger tentu didesain fungsional dan sederhana. Material plastik masih tetap menjadi andalan dalam kabin mobil Ford ini, namun dengan kualitas yang baik menjadikannya sanggup bertahan terhadap noda lumpur, tanah dan sebagainya yang akrab ditemukan pada habitat All-New Ford Ranger. Sementara itu kualitas finishing-nya bisa disebut setara dengan para kompetitor sekelas.

All-New Ford Ranger Indonesia 2014

Sedangkan untuk tipe Wildtrak sedikit kemewahan bisa ditemukan di dalam kabinnya seperti jok berbalut kulit, kamera mundur dan satnav. Bahkan untuk beberapa tipe dibawahnya pun Ford cukup bermurah hati menghadiahkan fitur Bluetooth serta cruise control bagi pekerja kerah biru yang berada di dalam kabinnya.

Ide Ford ketika merancang All-New Ford Ranger adalah membiarkan teknologi mengendalikan semuanya sehingga pengemudi tak perlu berepot-repot selama menjalankan tugasnya. ABS dan perangkat lunak yang mampu mengendalikan descent-control serta hill-hold sesuai kondisi medan yang dihadapi menjadikan aktivitas menjelajahi medan berat pun terasa sederhana.

Saat hendak menaklukan tanjakan di medan berat misalnya, pengemudi cukup memindahkan transmisi ke posisi netral, memindahkan ke mode low-range, menekan tombol descent-control dan membiarkan mobil mendekati tanjakan yang hendak didaki. Begitu mobil mulai menanjak pengemudi tinggal mempercayakan pada teknologi hill-hold untuk menjalankan tugasnya sebelum memindahkan gigi serta menambah gas untuk melanjutkan perjalanan.

Harga All-New Ford Ranger Indonesia

All-New Ford Ranger Indonesia

Melewati turunan juga tak lebih sulit dari saat mendakinya. Pengemudi tinggal melepaskan kaki dari pedal rem dan pedal kopling dan membiarkan perangkat elektronik mengambil alih tugasnya.

Bahkan saat bannya ditempeli oleh lumpur tebal pun perangkat ABS-nya masih mampu bekerja dengan baik ketika All-New Ford Ranger kembali diajak berjalan di jalanan beraspal.

All-New Ford Ranger Indonesia

Memang semuanya terdengar mudah dan sederhana, namun sayangnya tak sedikit pemilik All-New Ford Ranger yang meski sudah cukup lama mengemudikannya belum juga memanfaatkan kecanggihan fitur-fitur tersebut oleh karena ketidaktahuannya.

Sementara itu dapur pacu 4 silinder dengan kapasitas 3.2 liter yang menghasilkan torsi maksimum 470 Nm disalurkan oleh transmisi matic enam kecepatan seolah tak bisa dihentikan oleh medan seberat apapun. Keunggulan transmisi matic pada All-New Ford Ranger dibanding versi manualnya adalah kehalusan perpindahan tenaga serta penyaluran torsi yang lebih presisi dimana keduanya cukup vital di medan berat.

Uji All-New Ford Ranger

Secara keseluruhan All-New Ford Ranger mampu mengakomodir berbagai keperluan dan pekerjaan mulai dari mereka yang bekerja di sektor perdagangan, jasa, pertanian/peternakan, pertambangan dan bahkan para pecinta off-road sekalipun.

All-New Ford Ranger bukan sekedar mampu mengakomodir berbagai keperluan para pekerja kerah biru namun sekaligus juga menawarkan berbagai teknologi pintar yang menjadikan segalanya lebih mudah serta sederhana bagi pengemudinya. Tidak bisa tidak, kami menilai bahwa hingga kini All-New Ford Ranger masih adalah pilihan terbaik di kelasnya.