// //

Suzuki WagonR Versi Facelift Mulai Diuji Coba

Semenjak Datsun Go+ Panca resmi beredar kental kabar yang menyebutkan bahwa Suzuki akan segera merilis Suzuki Karimun WagonR versi 7-seater. Namun selagi hal tersebut belum terwujud justru di negeri asalnya (India) sebuah situs otomotif memberitakan bahwa Suzuki WagonR terbaru tengah diuji coba di jalanan negara tersebut tanpa kamuflase.

Sebenarnya penampilan Suzuki WagonR facelift tersebut bukan pertama kalinya dilakukan di sana, namun baru kali ini mobil tersebut tampil tanpa kamuflase sama sekali. Semula diperkirakan mobil tersebut sedang menuju dealer setempat untuk segera menggantikan Suzuki WagonR yang ada saat ini, namun setelah diamati tampaknya pihak pabrikan masih melakukan uji coba terhadap mobil terbaru Suzuki tersebut.

Suzuki WagonR Facelift

Saat ditangkap oleh kamera tampak bahwa pada mobil yang diyakini sebagai Suzuki WagonR facelift itu terdapat tulisan Idling Stop, dari sana disimpulkan bahwa mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur start-stop yang memang hingga kini diyakini mampu menghemat konsumsi BBM secara signifikan. Kondisi jalanan di India yang mirip di Indonesia alias padat serta kurang teratur bisa menjadi lokasi ideal untuk menguji coba efektivitas fitur tersebut.

Suzuki WagonR Versi Facelift Indonesia

Perubahan pada Suzuki WagonR facelift sendiri sangat kentara begitu melihat tampangnya, ubahan signifikan bisa dilihat pada desain grille depan yang tampak lebih tebal, mencolok dan kokoh jika dibandingkan dengan Suzuki Karimun WagonR yang sudah beredar saat ini. Jika diamati bagian depan Suzuki WagonR facelift seolah bak perpaduan antara moncong Suzuki Ertiga dengan Suzuki APV. Sementara itu meski tak tampak jelas namun rupanya di bagian interior pun ada beberapa perubahan penting. Diantaranya yang terlihat adalah posisi tuas transmisi serta desain jok depan. Sedangkan warna kabin di dalamnya serupa dengan Suzuki Karimun Estilo yang “dibunuh” beberapa tahun lalu di Indonesia karena penjualan yang seret.

Harga Suzuki WagonR Versi Facelift

Suzuki WagonR sendiri terakhir kali mengalami facelift pada tahun 2013 yang di Indonesia dijual dengan nama Suzuki Karimun WagonR. Pada tahun yang sama pihak pabrikan juga merilis Suzuki Wagon Stingray yang meski pada dasarnya adalah mobil yang sama namun tidak dipasarkan sebagai salah satu tipe dari WagonR alias independen. Jika menilik siklus WagonR dnegeri asalnya selama ini maka tampaknya Suzuki WagonR facelift baru akan dilepas di pasaran paling cepat di tahun 2015 nanti alias tahun depan. Sedangkan kapan Suzuki WagonR facelift bakal masuk Indonesia menggantikan Karimun WagonR yang ada saat ini tentu belum bisa dipastikan.

Bahkan beberapa situs otomotif di India memperkirakan bahwa Suzuki WagonR facelift tak lagi bakal mengusung nama WagonR, sebab tampaknya pihak pabrikan akan “membunuh” merek Suzuki WagonR tersebut dan menggantikan dengan merek yang lebih fresh. Lagi-lagi jika memang benar, bukan berarti di Indonesia bakal berlaku kebijakan sama mengingat sejak beberapa tahun lalu Suzuki WagonR mengusung nama yang berbeda yaitu Suzuki Karimun.

Suzuki WagonR Versi Facelift Diluncurkan

Suzuki WagonR Terbaru

Suzuki WagonR sendiri hingga saat ini merupakan mobil hatchback terpopuler di India, dan semenjak tahun 2009 spesifikasi teknisnya tidak pernah mengalami revisi. Karena itu beberapa sumber juga meyakini bahwa Suzuki WagonR facelift bukan hanya menawarkan desain yang lebih baru namun juga menawarkan pembaruan di sektor spesifikasi teknis. Kabarnya Suzuki WagonR facelift bakal ditawarkan dalam beberapa opsi mesin yaitu mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.0 liter dan 658 cc selain itu masih tersedia pula Suzuki WagonR facelift bermesin Diesel dan CNG.

Sumber gambar: gaadiwaadi