// //

BMW 2 Series Resmi Meluncur di Indonesia

Tak lama setelah beberapa negara tetangga di kawasan ASEAN kadatangan BMW 2 Series kini giliran Indonesia yang mendapat jatah kehadiran mobil coupe berkapasitas 2+2 penumpang tersebut. Peluncuran perdananya sendiri dilakukan oleh BMW Indonesia dua hari yang lalu. Tak tanggung-tanggung versi yang dihadirkan adalah BMW M235i dengan dapur pacu enam silinder berkapasitas 3.0 liter.

BMW 2 Series atau tepatnya BMW M235i di Indonesia bakal menjadi mobil coupe terkompak di kelasnya. BMW M235i sekaligus juga merupakan mobil tercepat dan paling sporti di jajaran BMW 2 Series. Meski mengusung nama 2 Series namun mobil ini pada dasarnya sama dengan BMW 1 Series, dan mengingat hingga kini tak ada tanda-tanda bakal hadirnya BMW M2 maka bisa jadi BMW M235i adalah model flagship di jajaran 2 Series.

Sama seperti keseriusan saat menggarap BMW 4 Series, pabrikan Bavaria ini pun sangat serius dalam menggarap BMW M235i dan tak asal melakukan rebadging dari 1 Series. Desain grille depan, headlamps serta kesan yang lebih ramping menjadikan BMW M235i tampak lebih sporti dan dinamis jika dibanding BMW 1 Series yang menjadi platform-nya.

BMW M235i Indonesia

Sedangkan desain spoiler belakang serta moncong knalpot kembar seolah memperkuat karakteristik BMW M235i sebagai mobil coupe yang kental akan nuansa sports.

Di bagian kabin meski tergolong mobil baru namun para pecinta serta pemilik BMW lama bakal merasa tidak asing di dalam kabin BMW M235i. Balutan material kulit berwarna hitam gelap langsung membuat pengemudi ataupun penumpang menyadari kentalnya aura BMW di dalam kabin BMW 2 Series ini.

Meski tak ada kritik yang layak diberikan namun harus diakui pula bahwa minimnya permainan kontras warna di dalam kabin menjadikan tampilan di dalamnya terasa kurang berkarakter. Seperti biasa BMW hanya memberikan aluminium-look trims untuk sedikit memberi warna pada kabin BMW 2 Series.

Harga BMW M235i

Review BMW M235i

Sementara soal kualitas dan fungsionalitas tak ada lagi yang perlu dipertanyakan, semua instrumen serta tombol di desain dengan baik bukan hanya memenuhi unsur estetika namun juga kepraktisan. Bahkan saat disentuh terasa sekali bahwa material yang digunakan untuk setiap tombol adalah material dengan kualitas premium.

Sekalipun BMW M235i adalah coupe terkompak di jajarannya namun kapasitas bagasinya cukup mampu mengakomodir berbagai keperluan berkat kapasitas yang cukup lega yaitu 390 liter.

Spesifikasi BMW M235i

Uji BMW M235i

Dapur pacu enam silinder dengan kapasitas 3.0 liter juga merupakan yang paling bertenaga di jajarannya. Mesin ini adalah mesin yang sama digunakan oleh BMW M135i, namun dengan setting yang berbeda maka dapur pacu BMW M235i menghasilkan output sedikit lebih baik ketimbang M135i.

Akselerasinya terasa cepat, bahkan lebih cepat dari yang diharapkan sebagian besar orang dari sebuah mobil bertipe coupe di kelas ini. Performa mesin yang terasa berimbang, didukung oleh model dudukan rendah memberikan pengalaman mengemudi yang membangkitkan adrenalin.

Meski demikian berkat setting sasis yang berimbang maka faktor kenyamanan juga tak lantas dikorbankan sebagaimana halnya sebuah mobil sports. Sebagai kendaraan harian BMW M235i yang harganya dibanderol Rp 928 juta ini sangat memenuhi syarat.

BMW 2 Series Indonesia

Secara menyeluruh BMW M235i boleh dibilang sebagai mobil idaman bagi para pengejar performa. Kualitas handling serta riding yang menjanjikan ditambah kapasitas bagasi lumayan lega menjadikan mobil ini ideal untuk berbagai keperluan bagi siapapun yang sanggup untuk menebusnya.