// //

Sambut Hadirnya Mercedes-Benz CLA di Indonesia

Mercedes-Benz CLA akhirnya resmi masuk di Indonesia, kepastian ini disampaikan langsung oleh PT. Mercedes-Benz Indonesia yang lebih lanjut memastikan dua varian yang bakal beredar yaitu Mercedes-Benz CLA 200 Urban dan Sport. Harga Mercedes-Benz CLA sendiri dibanderol Rp 639 juta untuk tipe Urban dan Rp 699 juta untuk varian Sport.

Harga Mercedes-Benz CLA 200 jelas tak bisa dibilang murah terlebih jika dibandingkan dengan Mercedes A200 hatchback. Tak heran jika banyak yang terkejut ketika harga resmi sedan Mercedes terbaru ini diumumkan mengingat dalam banyak hal ada kesamaan antara CLA 200 dengan A200. Hal yang sama berlaku juga di bagian interior tepatnya pada desain pilar B.

Memang sebagai sebuah sedan Mercedes-Benz CLA 200 unggul dalam hal kapasitas ruang jika dibandingkan saudaranya yang masuk dalam kategori hatchback, namun lagi-lagi tetap selisih harga yang lumayan tersebut mengundang pertanyaan. Lantas layakkah sedan Mercedes terbaru itu ditebus dengan harga yang sekitar Rp 100 juta lebih mahal ketimbang Mercedes A200?

Mercedes-Benz CLA Indonesia

Harga Mercedes-Benz CLA Indonesia

Menengok Kabin Mercedes-Benz CLA

Di bagian kabin atau interior Mercedes-Benz CLA 200 bisa dilihat bagaimana desain dashboard-nya tak jauh beda dari dashboard milik A200. Tentu saja meski masuk dalam kategori sedan namun kemewahan yang ditampilkan oleh CLA 200 tak bisa disamakan dengan interior pada Mercedes C-Class yang dibanderol lebih mahal.

Namun CLA 200 tetaplah Mercedes, karenanya meski termasuk kasta terendah di jajaran sedan Mercedes namun CLA200 tetap menghadirkan kualitas interior yang jauh lebih mewah dibanding kebanyakan mobil buatan Jepang atau Korea.

Fitur electrically-adjusted seats mampu memberikan kenyamanan yang optimal. Meski terasa sangat supportif namun pada saat yang bersamaan juga tidak lantas terasa menjadi terlalu kencang sehingga menimbulkan perasaan kurang nyaman.

Spesifikasi Mercedes-Benz CLA Indonesia

Kapan Mercedes-Benz CLA di Indonesia


Dan seperti sudah disinggung bahwa penempatan mesin pada Mercedes Benz CLA 200 menjadikan kabin terasa lapang untuk ukuran sebuah mobil sedan.

Beberapa fitur unggulan yang bisa diketemukan pada sedan Mercedes ini antara lain dusk-sensing bi-xenon headlamps, dual-zone climate control, simplified Becker navigation unit, blind-spot monitor, cruise control dan Bluetooth phone/audio connectivity.

Sedangkan paket aksesori tambahan yang oleh pabrikannya dinamai Edition 1 package menambahkan beberapa perangkat penunjang tampilan meliputi suspensi yang lebih rendah keluaran AMG, velg 18 inch, leather/alcantara seat upholstery, leather dash covering dan bodykit yang dicomot dari CLA 45 AMG.

Bagasinya sendiri menawarkan kapasitas cukup lega yaitu 470 liter yang berarti sekitar 130 liter lebih besar dibandingkan Mercedes C-Class.


Uji Jalan Mercedes-Benz CLA 200

Dapur pacu Mercedes-Benz CLA 200 mampu memuntahkan daya maksimum 157 PS dengan torsi 250 Nm. Kapasitas mesinnya sendiri dipatok 1.6 liter. Pada mode “Sport” laju sedan buatan Mercedes ini terasa sangat responsif.

Suara mesinnya sendiri bukan yang terhalus diantara mobil-mobil Mercedes lainnya, suara geserkan ban dengan aspal juga sedikit terasa di dalam kabin meski tak bisa dibilang mengganggu. Sementara suara terpaan angin ketika dipacu dalam kecepatan tinggi sama sekali tidak terdengar dari dalam kabin.

Suspensi keluaran AMG yang tersedia pada paket Edition 1 terasa sangat ideal. Bantingannya terasa lembut namun mampu menjaga stabilitas saat dipacu agresif dalam kecepatan tinggi maupun keluar masuk tikungan. Ban yang membalut velg berukuran 18 inch pun terasa mencengkeram di aspal sehingga mampu menambah rasa percaya diri pengemudi.

Namun demikian untuk kondisi jalanan yang kurang baik kenyamanannya masih tidak sebaik suspensi standar bawaannya.

Kesimpulan

Bagaimana Mercedes-Benz CLA 200 dibandingkan kompetitor? Sulit memberikan jawaban bagi pertanyaan ini mengingat untuk saat ini belum ada pabrikan lain yang menawarkan sedan sekelas CLA 200. Kabarnya Audi A3 Sedan bakal segera meluncur ke Indonesia, jika benar maka CLA 200 bakal menemui rival sekelas. Namun hingga saat itu terjadi sedan Mercedes ini masih menjadi satu-satunya opsi.


Dari harganya sendiri sejak awal sudah disebut bahwa pembeli harus menebusnya dengan harga sekitar Rp 100 juta lebih mahal dibanding A 200. Kualitas keduanya bisa dibilang setara, satu-satunya keunggulan Mercedes-Benz CLA 200 adalah space yang lebih lega. Dan hingga kini masih terasa sulit untuk menerima fakta bahwa space lebih lega tersebut harus ditebus dengan harga yang cukup mahal.

Namun jika Anda adalah tipe konsumen yang tidak sekedar mempertimbangkan nilai sudatu produk dari fungsi-nya saja namun juga penampilan maka tak ada salahnya mempertimbangkan Mercedes-Benz CLA 200 atas A 200. Sebaliknya jika Anda adalah konsumen yang praktis, menghargai value for money maka Mercedes-Benz A 200 adalah pilihan yang lebih tepat.