// //

Kupas Range Rover Sport Terbaru

Range Rover Sport terbaru mempertahankan positioning generasi pendahulunya sebagai mobil segala medan. Handal di jalanan mulus namun lebih dari mampu untuk menaklukkan medan yang kurang bersahabat bagi kebanyakan orang. Dengan kata lain lewat All New Range Rover Sport pihak pabrikan ingin menghadirkan sebuah all-in-one-vehicle.

Sebelum kehadiran Range Rover Sport terbaru maupun pendahulunya Land Rover sudah pernah menawarkan konsep yang sama lewat Land Rover Discovery. Namun karena Discovery dianggap terlalu berat untuk memunculkan karakter sport maka dilahirkanlah seri Range Rover Sport yang jauh lebih ringan. Pada Range Rover Sport terbaru bobotnya bahkan disunat lagi berkat penggunaaan aluminium yang sekitar 420 kg lebih ringan ketimbang versi sebelumnya.

Walau demikian Range Rover Sport tetaplah sebuah mobil yang tidak bisa dibilang ringan, dengan bobot 2310 kg bobot SUV segala medan ini masih tergolong berat. Beruntung pihak pabrikan melengkapinya dengan dapur pacu bertenaga besar untuk mengimbangi bobot yang tidak ringan tersebut.

Range Rover Sport Terbaru

Menilik Interior Range Rover Sport Terbaru

Meski harga Range Rover Sport termasuk murah jika dibandingkan keluarga Land Rover lainnya namun bukan berarti kualitas kabinnya dinomorduakan. Sebaliknya dalam banyak hal begitu banyak kemiripan desain maupun material antara Range Rover Sport dengan seri lainnya.

Dashboard yang mengandalkan material tipe soft, sistem perangkat hiburan yang canggih serta desain lingkar kemudi yang memberi kesan sporty sekaligus mewah semua bisa didapat pada Range Rover Sport terbaru.

Sekalipun posisi dudukan serta posisi dashboard-nya tampak berbeda jika dibandingkan dengan Range Rover Evoque yang terkenal di kalangan kaum hawa itu namun dari segi material kualitas keduanya bisa dibilang setara.

Spesifikasi Range Rover Sport Terbaru

Harga Range Rover Sport Terbaru

Meski demikian ada sedikit kekecewaan yang muncul ketika menjajal mobil termurah Range Rover ini. Lampu indikator suspensi sempat menyala beberapa kali saat mobil dikemudikan di dalam kota. Meski di lakukan restart ternyata fenomena ini masih tetap berlangsung.
Kesalahan elektronis semacam ini tidak semestinya terjadi di era modern, lebih-lebih pada sebuah mobil dengan harga yang tidak murah.

Di luar itu tak ada fenomena serta kejadian lain yang menimbulkan kekecewaan dari dalam kabin Range Rover Sport. Sebagaimana diharapkan dari nama “Sport” yang disandangnya mobil SUV mewah ini jok di dalam kabinnya bukan sekedar mewah namun sangat supportif dalam berbagai medan dan kecepatan. Perjalanan jauh tak bakal terasa melelahkan bagi pengemudi maupun penumpang berkat jok yang sangat nyaman.

Sementara itu di kabin bagian belakang meski tidak direkomendasikan namun memungkinkan tiga penumpang dewasa untuk duduk dengan cukup nyaman pada jok baris kedua ini.

Soal fitur dan kelengkapan Range Rover Sport tipe HSE menawarkan rain-sensing wipers, power-folding heated mirrors, auto-headlights with high beam assist, 14-way adjustable electric front seats, dan multifunction, electrically-adjusted steering wheel.

Cruise control, keyless entry and start, dual-zone climate control, front and rear parking sensors with rear view camera, Bluetooth phone and media, DVD/MP3/CD, sat-nav, USB ports, voice control dan powered tailgate.

Jika dibandingkan dengan Range Rover Evoque ada satu kelemahan pada kabin Range Rover Sport. Meski ukuran kabinnya sama namun oleh karena desain yang berbeda maka kabin Range Rover Sport terasa lebih sempit. Misalnya jika pada Evoque bisa diketemukan dua glovebox pada Sport hanya tersedia satu saja.

Sedangkan di bagian bagasi meski kapasitas bersihnya 784 liter namun desainnya terasa tidak praktis ketika hendak menaikkan atau menurunkan barang-barang.

Handling dan Riding Range Rover Sport Terbaru

Range Rover Sport HSE mengandalkan dapur pacu 5.0 liter V8 yang menghasilkan suara mesin khas begitu mesin dinyalakan.
Transmisi 8 kecepatan berpadu dengan baik untuk menyalurkan daya maksimum 510 PS dan torsi maksimum 625 Nm dari mesin V8.

Akselerasi 0-100 km/jam yang diraih hanya dalam waktu 5,3 detik dijamin bakal mengejutkan siapapun yang berada di balik kemudi mengingat bobot mobil yang mencapai 2,3 ton! Mendahului kendaraan lain di jalan adalah perkara sepele bagi dapur pacu SUV mewah ini, cukup sedikit menginjak pedal gas mobil ini segera melesat melewati kendaraan di depannya.
Mengimbangi performa mesin yang besar ini pihak Land Rover mempercayakan sistem pengereman pada rem keluaran Brembo yang membuat pengemudi percaya diri dalam menaklukan tikungan maupun melakukan pengereman mendadak.

Menariknya meski menggunakan ban berprofil lebar namun tak terdengar suara berisik gesekan ban dengan aspal di dalam kabin.

Sama halnya dengan mobil Land Rover lainnya Range Rover Sport menawarkan kemudi yang ringan namun tetap membuat pengemudi mampu merasakan setiap gerakan dengan baik.
Pada pengemudian normal distribusi roda terbagi 42:58 sehingga karakternya cenderung menyerupai mobil berpenggerak roda belakang.

Range Rover Sport Indonesia

Range Rover Sport Terbaru

Meski faktanya mobil ini mengandalkan velg berukuran 22 inch namun suspensinya terbukti mampu menjalankan tugas dengan baik untuk mendukung performa handling dan riding Range Rover Sport.

Di segmennya Range Rover Sport bakal bersaing ketat dengan BMW X5 terbaru yang belum lama ini diluncurkan. Dari segi efisiensi dan pengemudian di jalanan beraspal memang SUV BMW tersebut tampak merupakan pilihan yang lebih baik, namun soal kemampuan off-road-nya jelas X5 tak mampu menandingi Range Rover Sport terbaru.