// //

New Mazda Biante SKYACTIV – First Impression Review

Mazda Biante pertama kali diperkenalkan di pasar Jepang pada tahun 2008 sebagai sebuah van atau large MPV dengan kapasitas delapan penumpang. Meski dari segi penampilan mobil ini tak kalah dari Toyota Alphard atau Nissan Elgrand namun ditilik dari spesifikasinya Mazda Biante bermain di segmen yang sama dengan Toyota Nav1 dan Nissan Serena. Harus diakui memang bahwa dari segi penampilan Mazda tampak lebih atraktif ketimbang dua kompetitornya yang sama-sama berasal dari Negeri Sakura tersebut.

Kini lewat generasi terbarunya yaitu New Mazda Biante kesenjangan dengan para rival bahkan tampak semakin mencolok. Tampak sekali lewat desain terbarunya ini bahwa pihak pabrikan yang belakangan ini namanya makin berkibar tersebut hendak menyasar segmen kelompok usia yang lebih muda. Dan lewat Mazda Biante ini Mazda sekaligus untuk pertama kalinya memperkenalkan teknologi SKYACTIV pada MPV kelas menangahnya itu.

Indonesia sendiri cukup beruntung mendapat kesempatan sebagai negara pertama di luar Jepang yang bisa mencicipi New Mazda Biante SKYACTIV ini.

New Mazda Biante

Review Desain Eksterior New Mazda Biante SKYACTIV

Dari segi desain eksteriornya sendiri kentara bagaimana para desainer Mazda ingin New Mazda Biante menarik perhatian pada pandangan pertama. Meski demikian mobil ini masih mempertahankan bentuk boxy yang mungkin bagi sebagian orang dirasa kurang menarik.

Dengan dimensi 4.715 mm x 1.770 mm x .,835 mm New Mazda Biante 130 mm lebih tinggi, 240 mm lebih panjang dan 220 mm lebih tinggi dibanding MPV dari pabrikan yang sama yaitu Mazda5. Berkat dimensi yang lebih panjang, lebar dan lebih tinggi itu maka bisa diduga bahwa kabin Biante pun lebih lapang ketimbang Mazda5.

Sama halnya dengan mobil Mazda terbaru lainnya desain ‘KODO’ turut menjadi inspirasi bagi New Mazda Biante. Desain bumper dan grill baru di bagian depan memiliki kemiripan dengan Mazda CX-5, Mazda3 dan Mazda6 yang sudah terlebih dahulu mengadopsi desain tersebut.

Satu-satunya yang sedikit mengganggu estetika adalah pilihan Mazda untuk menyematkan velg berukuran 16 inch yang tampak terlalu kecil jika melihat tampilan keseluruhan dari mobil ini. Namun Mazda memilih ukuran tersebut bukan tanpa alasan, sebab terbukti 16 inch adalah ukuran paling ideal untuk mengoptimalkan kualitas riding New Mazda Biante.

Interior New Mazda Biante

Desain kaca yang lebar didukung oleh desain pilar A memberi kesan super lega bagi siapapun yang masuk ke dalam kabin New Mazda Biante. Lagi-lagi desainer Mazda dengan sangat brilian merancang dashboard serta instrumen-instrumen di dalamnya untuk menghindari kesan kosong pada kabin super lega itu.

Sedangkan untuk jok baris kedua dan ketiga Mazda memperkenalkan layout yang disebutnya sebagai ‘Living Mode’, artinya kedua baris jok tersebut bisa ditarik sehingga layout-nya menyerupai kabin Limousine (saling berhadapan).

Interior New Mazda Biante

Spesifikasi New Mazda Biante

Pada posisi normal New Mazda Biante juga mengadopsi ‘Theatre layout’ yang artinya posisi jok di bagian belakang lebih tinggi ketimbang jok di depannya sehingga pandangan penumpang yang duduk di bagian belakang tidak terhalang oleh penumpang di depannya.

Sama seperti All New Odyssey, lantai MPV buatan Mazda ini juga didesain cukup rendah sehingga akses dari dan keluar kabin terasa mudah sekaligus praktis. Dengan kapasitas bagasi 225 liter mobil ini juga sangat cocok mengangkut belanjaan bagi kaum hawa yang memiliki hobi berbelanja.

New Mazda Biante on the Road

Mazda merilis New Mazda Biante dalam dua versi yaitu SKYACTIV dan non SKYACTIV. Manapun pilihan Anda kedua dapur pacu New Mazda Biante takkan memuaskan para penggemar performance car atau sports car. Namun pastinya soal efisiensi dan kenyamanan dapur pacu ini terbukti handal, bahkan mesinnya adalah yang paling halus di antara MPV sekelasnya.

Harga New Mazda Biante

Pihak pabrikan sendiri mengklaim angka konsumsi BBM New Mazda Biante 13 km/liter, sementara fakta di lapangan diraih 10 km/liter.

Mengingat dimensinya yang tinggi dan bongsor maka tak bisa dipungkiri munculnya gejala body roll pada MPV ini, namun untuk ukuran mobil dengan dimensi sebesar ini New Mazda Biante masih tergolong stabil.
Suspensi yang disetting dengan baik menjadikan mobil ini benar-benar merupakan pilihan ideal sebagai mobil keluarga terutama untuk bepergian keluar kota.

New Mazda Biante Review

Tenaga dan torsi maksimum yang memang tak sebesar para kompetitor terbukti tak menjadikan New Mazda Biante layak disisihkan ketika mempertimbangkan pembelian mobil keluarga di kelas ini.
Harga New Mazda Biante dibuka di kisaran Rp 383 juta-an, sementara untuk versi SKYACTIV dibanderol Rp 412 juta.