// //

Land Rover Defender Terbaru Bakal Bersolek

Land Rover Defender sejak kelahirannya di tahun 1948 merupakan salah satu ikon mobil off-road di kalangan para pecinta off-road sejati. Selama bertahun-tahun pihak Land Rover terus berupaya mempertahankan desain aslinya untuk mempertahankan pangsa pasar utama mereka yaitu para off-roader. Namun secara mengejutkan baru-baru ini pabrikan tersebut menyebut bahwa mereka tak lagi berencana mempertahankan desain tersebut.

Pecinta Land Rover Defender selama ini selalu mentertawakan para pria pengguna Range Rover Evoque yang dianggap sebagai pesolek. Candaan ini mungkin akan segera berakhir setelah Design Director Land Rover, Gerry McGovern menegaskan bahwa Land Rover Defender terbaru akan mengusung desain yang lebih “manis” dan takkan lagi mentargetkan para “hardcore off-roader” sebagai pangsa pasar utama mereka lagi. Penjualan per tahun sebanyak 20.000 unit rupanya bukan angka yang memuaskan para petinggi perusahaan mobil asal Inggris ini.

McGovern menyebut bahwa perusahaan itu mentargetkan angka penjualan 100.000 unit per tahun, untuk mencapainya mereka tidak memiliki pilihan lain selain memperluas pangsa pasar. Meski seri Defender masih akan dibekali berbagai kemampuan yang mendukung tuntutan para off-roader namun di pihak lain mereka ingin menghadirkan desain yang pada saat bersamaan mampu memikat segmen konsumen yang lain.

Land Rover Defender Terbaru

Dengan desain yang ada saat ini angka penjualan Land Rover Defender jauh dari memuaskan, karenanya mempertahankannya tidak akan menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang. Teka-teki bakal berakhirnya desain asli Defender memang sudah banyak diperdebatkan semenjak pabrikan asal Inggris itu memamerkan mobil konsep DC100 yang diyakini adalah cikal bakal Land Rover Defender terbaru. Pada tahun 2013 teka-teki tersebut mulai terjawab setelah sang direktur program, Murray Dietsch menyebut keinginan pihak pabrikan asal Inggris tersebut meremajakan desain Land Rover Defender.

Menurut pihak pabrikan desain baru ini akan mulai diaplikasikan pada mobil yang bakal beredar pada tahun 2015 nanti. Mudah-mudahan saja Land Rover tak lantas berencana menjadikan Defender sebagai mobil softroader berpenggerak roda belakang sebagaimana mobil-mobil SUV modern akhir-akhir ini.

Land Rover Defender Terbaru

Selain Land Rover Defender mobil baru lain yang bakal mendapat peremajaaan desain dari pabrikan tersebut adalah Freelander 2 yang sudah sempat beberapa kali tertangkap kamera. Meski demikian perubahan pada Freelander 2 tampaknya tak bakal serevolusioner Land Rover Defender.