// //

All New Honda Accord 2014 Resmi Beredar

Setelah sebelumnya Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda City serta Honda Vezel menjadi pusat perhatian seputar kehadiran mobil Honda terbaru 2014 kini giliran Honda Accord yang sudah mulai resmi beredar di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Sama seperti yang sudah-sudah pihak pabrikan masih berupaya mempertahankan citra mewah yang berpadu dengan fun to drive pada mobil sedan terbarunya ini.

Bagi pihak pabrikan All New Honda Accord 2014 ini merupakan kesempurnaan yang berasal dari kombinasi antara transmisi, dapur pacu, sistem keselamatan, elektronik serta desain aerodinamis dengan handling yang sporti. Mobil terbaru Honda ini mengandalkan material high-tensile-steel yang meningkatkan kekuatan bodi sekaligus mengurangi bobotnya. Hasilnya kualitas handling serta riding All New Honda Accord 2014 diklaim lebih baik ketimbang pendahulunya, demikian pula dengan efisiensi penggunaan BBM. Kabin sedan terbaru keluaran Honda ini juga disebut lebih mampu meredam kebisingan dibanding Accord lawas.

Menariknya dimensi total dari All New Honda Accord 2014 bukannya meningkat sebagaimana umumnya mobil-mobil lain namun sebaliknya justru mengalami penyusutan yang lumayan. Dengan dimensi 4,890 x 1,850 x 1,465 mm dan panjang wheelbase 2,775 mm artinya sedan kelas menengah keluaran Honda ini mengalami penyusutan bodi yang cukup signifikan. Di pihak lain meski mengalami penyusutan dimensi namun berkat kepiawaian para desainer Honda kabin Accord bukannya menjadi semakin sempit namun justru makin lega, demikian pula dengan kapasitas bagasinya.

All New Honda Accord

All New Honda Accord

Bicara soal kabin, desain interior Accord juga mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kini bagian interior mobil Honda tersebut bukan hanya makin memancarkan kesan mewah namun sekaligus lebih modern dan dinamis. Seperti biasa Honda tidak main-main jika menyangkut sedan kelas menengahnya ini, sehingga bukan hanya kualitas materialnya saja yang menjadi pusat perhatian namun berlaku pula terhadap proses finishing-nya. Perpaduan antara wooden panel, soft plastic dengan material kulit masih menjadi andalan interior mobil ini. Sementara itu beberapa fitur yang menyertai meliputi Intelligent-Multi-information Display berukuran 8 inch, powered driver and front passenger seat, automatic on/off headlights, rain-sensing wipers (V6), dual zone climate control with rear vents, sunroof (V6) dan power rear sunshade.

Di sektor dapur pacu masih sama dengan sebelumnya pihak pabrikan bakal menyediakan dua varian mesin masing-masing adalah mesin V4 dan V6 berbahan bakar bensin. Perubahan pada dapur pacu tersebut adalah dukungan teknologi Earth Dreams yang tidak ada pada Honda Accord sebelumnya. Mesin empat silinder (V4) berkapasitas 2.4 liter milik Accord mampu menghasilkan daya maksimum 174 hp dengan torsi maksimum 225 Nm. Sementara mesin enam silinder-nya memiliki kapasitas 3.5 liter dengan daya maksimum 278 hp dan torsi 342 Nm dengan VTEC dan VCM yang sudah disempurnakan.

All New Honda Accord dengan dapur pacu V4 2.5 liter bakal mengandalkan transmisi matic 5 kecepatan sedangkan tipe V6 bakal berpadu dengan transmisi matic 6 kecepatan. Transmisi pada kedua tipe Honda Accord tersebut masing-masing sudah didukung dengan Grade Logic, Direct Control dan Shift Hold.
Untuk meningkatkan kualitas handling maka pihak pabrikan juga melakukan revisi terhadap suspensi Accord terbaru. Perpaduan antara suspensi, sasis dan bodi terbaru tersebut menjadikan All New Honda Accord sebagai salah satu sedan dengan kualitas riding/handling terbaik di kelasnya sehingga pengemudi bakal lebih fleksibel dalam mengendarai mobil ini di jalur perkotaan serta percaya diri ketika memacunya dengan kecepatan tinggi keluar kota.
Penumpang juga makin dimanjakan berkat kabin yang lebih lega, lebih hening, minim vibrasi serta suspensi yang lebih empuk.

All New Honda Accord

Tidak cukup hanya disitu, Honda bahkan menyebut bahwa All New Honda Accord mengusung standar keselamatan tertinggi yang pernah ada dalam sejarah mobil buatan Honda hingga saat ini. Peranti keselamatan yang dimaksud tak lain adalah Vehicle Stability Assist (VSA) dengan Hill Start Assist (HAS) dan parking sensors untuk semua tipe, sementara itu beberapa peranti lain seperti Active Cornering Lights (ACL) and Multi-View reverse camera with dynamic guidelines masih dipertahankan