// //

Honda Civic Type R 2015: Kembalinya Sang Raja Hatchback

Tahun 1997 silam untuk pertama kalinya pabrikan asal Jepang: Honda memperkenalkan Honda Civic tercepat yang pernah dibuat dalam wujud Honda Civic Type R. Setelah lima generasi berlalu para kompetitor seperti Renault dan Volkwagen menghadirkan hot hatch yang dalam waktu singkat mengubur nama besar Honda Civic Type R. Seolah tak rela predikat sebagai hatchback terkencang diambil daripadanya maka pabrikan yang sama menghadirkan generasi kelima dengan potensi di atas kertas yang begitu menjanjikan.

Honda Civic Type R 2015 mengusung dapur pacu turbocharged VTEC berkapasitas 2.0 liter yang sanggup menghasilkan daya maksimum hingga 310 PS serta torsi tak kalah melimpah 400 Nm. Di atas kertas sekali lagi terdengar menjanjikan. Bahkan secara teoritis angka-angka tersebut sudah cukup membuatnya kembali menjadi hatchback tercepat di kelasnya, namun cukupkah untuk meredam Ford Focus RS, Renault Megane RS atau VW Golf R?

Honda Civic Type R 2015


Mengakrabi Sosok Honda Civic Type R 2015

Berbeda dengan umumnya kompetitor di kelas ini yang mengusung desain tiga pintu, Honda hanya memproduksi Honda Civic Type R dalam tipe lima pintu artinya dari sisi desain penampilan Civic Type R tak se-sporti kompetitor besutan produsen lain.

Walau demikian bukan berarti generasi terbaru dari Honda Civic Type R ini tak mampu menampilkan kesan sebagai mobil kencang. Desain bumper depan yang agresif berpadu dengan LED DRL (daytime running light) belum lagi diffuser berkelir hitam glossy serta model pipa knalpot yang diusungnya seketika sudah menyadarkan siapapun bahwa dirinya tidak sedang melihat sembarang hatchback.

Review Honda Civic Type R 2015 Indonesia

Harga Honda Civic Type R 2015

Pihak pabrikan sendiri menegaskan bahwa berbeda halnya dengan hatchback biasa buatan mereka seperti Honda Fit/Jazz dimana beberapa bagian desainnya sekedar dihadirkan untuk memberi kesan sporti tanpa memilki fungsi yang berarti, untuk Honda Civic Type R dipastikan tidak demikian. Desain pada setiap bagian benar-benar dimaksudkan untuk mendukung performa aerodinamika mobil tersebut. Oleh sebab alasan itu jualah maka Honda Civic Type R sanggup melaju stabil hingga kecepatan maksimal 268 km/jam.

Sayangnya pada bagian interior Honda Civic Type R tak banyak kemewahan yang bisa didapat. Kesan sporti memang masih tetap terasa namun penggunaan material plastik di beberapa bagian kabin membuatnya tampak murah, padahal jika di-Rupiah-kan harga Honda Civic Type R 2015 ini nyaris menyentuh angka Rp 700 juta-an.

Pada sisi lain race seats yang diusung relatif empuk dan sangat suportif sehingga mampu mengurangi beban kelelahan pengemudi maupun penumpang ketika menempuh perjalanan jauh serta mampu menopang sempurna kala diajak bermanuver dengan kecepatan tinggi di tikungan.

Interior Honda Civic Type R 2015

Kabin Honda Civic Type R 2015

Sisi positif dari desain lima pintu pada Honda Civic Type R adalah kelegaan headroom maupun legroom yang sudah pasti lebih baik dibanding mobil sekelas yang rata-rata mengadopsi desain tiga pintu. Kapasitas bagasinya cukup lega untuk mobil sekelas ini yaitu 498 liter, bahkan jika jok belakang direbahkan volumenya membengkak hingga 1427 liter. Jelas tak ada mobil sekelasnya yang mampu menandingi Honda Civic Type R 2015 dari sisi akomodasi.

Bagaimanapun kualitas handling serta performa tentu adalah dua hal yang dianggap lebih penting bagi konsumen yang menjadi target market dari Honda Civic Type R ketimbang akomodasi.

Faktanya mesin VVTi didukung turbo ini memang benar-benar mumpuni. Torsi 400 Nm misalnya sudah bisa didapat pada putaran 2500 rpm sehingga tak masalah berada dalam gigi berapapun pengemudi bisa dengan percaya diri mendahului kendaraan lain di depannya.

Mesin Honda Civic Type R 2015

Melimpahnya torsi yang bisa didapat dalam putaran sangat rendah ini dimaksudkan pada engineer Honda agar pengemudi bisa berfokus memainkan transmisi manual enam kecepatannya. Untuk alasan itu pulalah maka sang produsen berlogo “H” itu tak menyediakan Honda Civic Type R versi matic.

Walau demikian akselerasinya juga tak bisa dibilang istimewa untuk mobil di kelas ini, dengan waktu tempuh 5.7 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam artinya Honda Civic Type R masih kalah dibandingkan VW Golf R yang mencatatkan waktu kurang dari 4 detik untuk mencapai kecepatan yang sama. Bagaimanapun juga akselerasi tersebut sudah cukup untuk membuat Honda Civic Type R melesat cepat kala melibas tikungan.

Pada sisi lain sang produsen memastikan bahwa Honda Civic Type R 2015 memenuhi standar Euro 6. Pihak Honda mengklaim konsumsi BBM Honda Civic Type R adalah 16.45 km/liter, masih harus dibuktikan di lapangan namun klaim tersebut pastinya juga masih sedikit di bawah VW Golf R dengan transmisi manual.

Honda Civic Type R 2015 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Honda Civic Type R 2015

Kesan Awal Honda Civic Type R 2015

Dengan segala sesuatu yang ditawarkan baik dari sisi desain, performa, akomodasi serta fitur Honda Civic Type R rasa-rasanya cukup menggiurkan selama Anda adalah konsumen loyal Honda. Pada sisi lain dengan banderol harga £29,995 pihak pabrikan menempatkan Civic Type R di kisaran harga yang sama dengan Peugeot RCZ R, VW Golf R serta BMW M135i.

Para loyalis serta generasi X maupun Y mungkin tak bakal keberatan dengan fakta tersebut atas nama nostalgia, sebaliknya generasi milenia yang saat ini berusia di bawah 34 tahun kemungkinan cenderung memalingkan pilihan kepada VW Golf R atau BMW M135i. Apapun itu faktanya Honda Civic Type R masih merupakan mobil hatchback berpenggerak roda depan tercepat yang ada saat ini.