// //

Bedah VW Golf R DSG Matic

Varian terbaru VW Golf yang beberapa bulan lalu sempat diberitakan akhirnya resmi dirilis.Berbeda dengan VW Golf standar yang sudah beredar di Indonesia, Golf R lebih dimaksudkan sebagai sebuah performance hatchback atau hot hatch. Dapur pacu empat silinder 2.0 liter dan teknologi 4Motion menjadi tumpuan performa Volkwagen Golf R.

VW Golf R untuk sementara waktu hanya tersedia dengan transmisi matic DSG, sementara versi transmisi manual enam kecepatan rencananya baru akan dirilis tahun depan.

VW Golf R DSG Matic

Interior VW Golf R

Pada bagian interior VW Golf R masih terlihat banyak sekali kemiripan dengan VW Golf tipe lain, baik dari segi desain maupun finishing. Bukan sebuah fakta negatif mengingat desain, kualitas material serta finishing kabin VW Golf selama ini sudah nyaris tanpa cela.

Bedanya pada VW Golf R beberapa bagian dashboard serta pintu dihiasi oleh aksen menyerupai serat karbon seperti halnya dengan VW Golf GTI. Namun jika pada Golf GTI didominasi oleh pencahayaan berkelir merah, sementara pada Golf R diganti dengan warna biru.

Logo 4Motion di dalam kabin langsung menarik perhatian bagi siapapun yang masuk ke kabin VW Golf R, seolah pihak pabrikan asal Jerman itu ingin mengingatkan pengemudi bahwa dirinya sedang mengendarai VW Golf R, bukan Golf biasa.

VW Golf R Indonesia

Harga VW Golf R Indonesia

Desain lingkar kemudi dan pedal gas serta pedal rem yang lebih sporti dihias kelir metal kembali menyiratkan perbedaan VW Golf R dengan saudara-saudaranya.

Performa VW Golf R

Terasa sekali perbedaana performa antara VW Golf R dengan Golf standar, akselerasinya terasa agresif hingga pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam. Bukan hanya itu, suara yang dihasilkan oleh lubang knalpot-nya pun jauh berbeda dengan VW Golf tipe lain yang sudah dikenal selama ini.

Mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter ini mampu memuntahkan daya maksimum hingga 280 PS pada rentang putaran 5100-6500 rpm dengan torsi 380 Nm. Torsi melimpah tersebut juga bisa didapat pada putaran mesin yang cukup rendah yaitu 1800-5100 rpm.

Memang jika pada akhirnya VW Golf R masuk ke Indonesia besar kemungkinan daya maksimumnya bakal disunat sekitar 25 PS, demikian pula torsinya didiskon 50 Nm karena iklim di Indonesia yang terlalu panas. Namun meski dengan pengurangan daya dan torsi tersebut VW Golf R tetap unggul sekitar 60 PS dan 30 Nm jika dibandingkan VW Golf GTI.

VW Golf R Indonesia

Untuk mengimbangi performa dapur pacu tersebut maka Volkswagen menempatkan vented disc brake berukuran 340 mm di kedua roda depan dan 310 mm di kedua roda belakang. Lagi-lagi pada kaliper depan ditempatkan logo “R”.

Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh oleh VW Golf R hanya dalam waktu 5.0 detik atau 0,7 detik lebih cepat dibanding VW Golf MkVI.
Sementara konsumsi BBM nya diklaim 7.1 liter/100 km artinya 1.6 liter/100 km lebih irit ketimbang Golf MkVI.

Secara keseluruhan VW Golf R bisa disebut penampilan terbaik dari seluruh tipe dan generasi VW Golf yang pernah ada hingga saat ini. Desain yang kompak serta sporti dibarengi dengan performa mesin yang agresif jelas adalah dua hal yang bakal diapresiasi oleh pecinta VW Golf di berbagai belahan dunia.

Jual VW Golf R Indonesia

Dengan harga yang sedikit lebih murah VW Golf GTI memang bisa dianggap ancaman bagi VW Golf R, namun sistem 4Motion dan sistem penggerak empat roda pada Golf R merupakan keunggulan yang tak bisa ditemukan pada GTI