// //

Melirik Ford Focus RS Terbaru Dengan Teknologi EcoBoost

Ford Focus RS yang sudah melegenda selama beberapa tahun akhirnya mendapatkan upgrade untuk versi terbarunya. Terakhir kali hot hatch besutan Ford ini mendapatkan major facelift pada tahun 2009. Meski hingga saat ini model yang sudah ada tersebut masih cukup layak diapresiasi namun tentu pihak produsen tak mau terlena begitu saja.

Perbedaan antara Ford Focus RS terbaru dengan versi sebelumnya tampak signifikan. Selain desainnya lebih agresif juga lekuk-lekuk bodinya terkesan lebih kompleks jika dibandingkan Ford Focus RS yang sudah kita kenal selama ini. Desain bagian depan yang seolah membiarkan radiatornya terlihat begitu saja sedikit banyak mengingatkan pada performance car beberapa dekade lalu.


Tampaknya sang produsen juga tidak ingin membuat Ford Focus RS terbaru berkesan terlalu agresif. Meski kesan garang begitu kental pada bagian depan dan belakang, namun begitu menoleh kesamping kentara bagaimana para desainer Ford meminimalisir lekukan yang ada pada generasi sebelumnya. Selain desain side skirts yang tidak se-sporti pendahulunya juga kali ini Ford Focus RS hanya akan tersedia dalam versi lima pintu saja.

Di bagian dapur pacu, Ford menyingkirkan mesin Turbo 2.5 liter yang mampu menghembuskan daya maksimum 304 PS dan torsi 320 Nm pada generasi sebelumnya. Sebagai gantinya mesin 2.3 liter dengan teknologi EcoBoost yang mampu menghasilkan daya maksimum 320 PS menjadi andalannya.Sebenarnya mesin ini adalah mesin yang sama digunakan pula oleh Ford Mustang, hanya saja untuk Focus RS output-nya sedikit disunat.



Namun perubahan yang paling signifikan sebenarnya justru terletak pada sistem penggerak rodanya dimana dalam sejarahnya Ford Focus RS selalu menggunakan sistem penggerak roda depan, namun pada generasi terbaru ini Ford mengadopsi sistem penggerak empat roda dimana 70% torsinya bisa didistribusikan ke roda belakang.

Tampaknya ubahan tersebut dimaksudkan untuk membuat Ford Focus RS sanggup bersaing dengan kompetitor seperti Subaru WRX, Mitsubishi Evo, VW Golf R atau Mercedes A 45 AMG. Meski tentu saja untuk menilai berhasil tidaknya ubahan tersebut untuk membiuat Focus RS kompetitif diantara para rival masih perlu pembuktian di lapangan.

Ford Focus RS Terbaru

Penggantian mesin Turbo 2.5 liter menjadi mesin EcoBoost 2.3 liter sendiri dimaksudkan untuk membuat hot hatch andalan Ford ini lebih ramah lingkungan lewat penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Meski sampai saat ini belum ada klaim resmi dari pihak pabrikan mengenai angka konsumsi BBM Ford Focus RS terbaru, namun mesin EcoBoost 2.3 liter ini sudah terbukti tingkat efisiensinya pada Ford Mustang.