// //

Mengenal Sosok Nissan All-new NP300 Navara

Di masa lalu orang cenderung mengasosiasikan mobil pick-up sebagai kendaraan komersial pengangkut barang yang jauh dari kenyamanan. Namun dalam beberapa tahun terakhir kesan tersebut perlahan mulai pudar setelah banyak produsen otomotif tak lagi mengesampingkan faktor kenyamanan dan bahkan stylish pada pick-up yang mereka produksi. Nissan Navara adalah satu diantaranya.

Generasi terbarunya yaitu Nissan All-new NP300 Navara bahkan mampu mengedepankan kedua hal tersebut dengan lebih meyakinkan lagi tentu saja tanpa mengesampingkan unsur kekuatan dan ketangguhan yang merupakan syarat mendasar bagi mobil pekerja keras seperti ini. Hal tersebut setidaknya sudah terbukti ketika media diundang untuk menjajal langsung Nissan All-new NP300 Navara di Thailand pada pertengahan tahun lalu.

Spesifikasi Nissan Navara Terbaru


Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Nissan Navara generasi XII ini tampak jauh lebih stylish dan sudah meninggalkan kesan boxy. Desain bagian depan dan buritan cenderung menyerupai sebuah SUV ketimbang pick-up. Bahkan dalam hal-hal detil seperti perpaduan warna krom dengan matte pada grill misalnya, Nissan terlihat sekali memberi perhatian ekstra. Dan lampu depan tipe LED projector makin memberikan kesan atraktif pada penampilan Nissan Navara terbaru.

Dari sisi dimensi juga tampak ada peningkatan dibanding pendahulunya, dengan dimensi 5255 x 1850 x 1840 mm perbedaan tersebut jelas bisa dirasakan. Namunpanjang wheelbase-nya kini justru menyusut menjadi 3150 mm dari sebelumya yang mencapai 3200 mm. Sedangkan dimensi bak Nissan All-new NP300 Navara sendiri adalah 1503mm x 1560mm x 474mm.

Bukan di sektor eksterior saja Nissan All-new NP300 Navara menunjukkan ubahan, interior Nissan Navara terbaru pun tampak lebih berkelas dibandingkan pendahulunya. Bahkan kesan mewah nan premium yang ditampilkannya sama sekali tidak kalah jika dibandingkan sedan. Desain tombol klakson memang tampak kurang wajar karena dimensi yang cukup panjang. Namun di luar itu kenyamanan serta sisi ergonomis yang ditawarkan oleh kabin Nissan Navara terbaru nyaris sempurna. Jok depan pada pick-up andalan Nissan ini dirancang dengan teknologi Zero-G milik NASA untuk memastikan kenyamanan maksimal bagi pengemudi maupun penumpang pada kabinnya.

Interior Nissan Navara Indonesia

Interior Nissan Navara Terbaru

Kompartemen serta cupholder disediakan pula di dalam kabin, bahkan masih ditambah lagi dengan umbrella holder.

Meski ada cukup banyak ubahan di sektor desain namun hal yang sama tak berlaku pada dapur pacunya. Sama seperti sebelumnya Nissan masih menggunakan dapur pacu 2.5 liter CRDI seperti sebelumnya. Pada tipe SL mesin ini menghasilkan daya maksimum 163 PS pada putaran 3600 rpm, sementara untuk tipe VL tenaga puncak mencapai 190 PS.

Performanya menjelajah medan berat tak perlu lagi dibahas, sudah ada begitu banyak media yang mengulasnya. Justru yang mengejutkan adalah kenyamanannya saat dipacu di jalanan beraspal lebih-lebih di dalam kota. Tingkat kenyamanan Nissan All-new NP300 Navara sama sekali tidak kalah jika dibandingkan Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner. Alasannya karena Nissan menggunakan perpaduan suspensi double wishbone dengan coil spring pada bagian depan dan perpaduan multilink dengan coil spring di bagian belakang. Kualitas riding, handling serta manuvernya di dalam kota sama sekali tak kalah jika dibandingkan SUV 7 seater.

Harga Nissan Navara Terbaru

Harga Nissan All-new NP300 Navara

Saat ini harga Nissan All-new NP300 Navara dibanderol mulai Rp 380 juta untuk versi SL, sedangkan untuk VL M/T dan VL AT masing-masing ada di kisaran Rp 415 dan 430 juta. Mempertimbangkan kualitas, performa, serta fitur yang ditawarkan rasanya harga tersebut masih terbilang ekonomis.