// //

All-new Toyota Innova 2016 Usung Ubahan Radikal

All-new Toyota Innova 2016 yang menjadi most highly anticipated MPV di beberapa negara Asia Tenggara serta India menurut CEO Toyota akan hadir dengan perubahan desain yang radikal. “Takkan ada lagi desain mobil Toyota yang membosankan!” Demikian pernyataan Akio Toyoda yang sekaligus memastikan bahwa wujud Toyota Innova terbaru bakal menggunakan desain yang serupa dengan All-new Toyota Altis.

Toyota Innova sejauh ini menjadi MPV terlaris hampir di semua pasar dimana mobil tersebut dijual. Bahkan di Indonesia lambat laun sebagian masyarakat mempersepsikannya sebagai mobil mewah walau sebenarnya tak juga demikian. Meski sampai saat ini masih belum ada foto resmi All-new Toyota Innova 2016 yang dirilis oleh pihak Toyota namun beredarnya foto hasil rendering ditambah lagi bocornya brosur Toyota HiLux terbaru yang bersama Toyota Fortuner dan Innova berbagi basis membuat calon konsumen makin penasaran dengan wujud MPV andalan Toyota di emerging markets tersebut.

All-new Toyota Innova 2016 Indonesia


Sejauh ini diyakini bahwa ubahan desain paling radikal yang bakal dialami oleh All-new Toyota Innova 2016 adalah pada bagian bonnet dimana bentuknya bakal lebih mencolok dan agresif jika dibandingkan generasi pendahulunya. Tampaknya tujuan ubahan radikal untuk Toyota Innova terbaru ini dimaksudkan sebagai bagian dari proses transformasi Toyota Innova yang semenjak generasi Toyota Kijang sebenarnya dirancang sebagai mobil komersial (van) menjadi MPV sejati dan diharapkan akan lebih layak dijadikan sebagai kendaraan pribadi. Beberapa bahkan meramalkan bahwa desain mobil Innova terbaru nanti bakal makin menyerupai Toyota Klugger.

Bagaimanapun di sisi lain tak sedikit pula yang memprediksi bahwa Toyota tidak akan melakukan ubahan secara besar-besaran sebagaimana diberitakan dan diharapkan selama ini. Sebab secara historis memang pabrikan asal Jepang yang masih menguasai pangsa pasar di Indonesia tersebut nyaris tak pernah melakukan ubahan revolusioner terhadap produknya. Setidaknya ubahan tampilan, sasis yang lebih rigid sekaligus ringan dan mungkina juga tambahan beberapa fitur baru rasa-rasanya sudah lebih dari cukup bagi Toyota untuk mempertahankan dominasinya di segmen MPV.

Belum jelas mengenai bakal ada atau tidaknya ubahan pada mesin Toyota Innova bensin, namun untuk versi Diesel konon nantinya akan mengusung mesin D-4D berkapasitas 2.5 liter yang selama ini digunakan oleh Toyota Fortuner. Untuk Toyota Innova kabarnya mesin D-4D tersebut bakal ditawarkan dalam dua versi masing-masing menghasilkan daya maksimum 120 PS dan 144 PS.

Gambar: Motorbeam