// //

Ferrari 458 Speciale Benar-benar Spesial

Ferrari 458 Italia selalu dikenal sebagai salah satu mobil sports besutan Ferrari yang sukses mengkombinasikan karakteristik sports car dengan karakter mobil harian. Versi stripped-out-nya yaitu Ferrari 458 Speciale masih mempertahankan DNA yang diusung oleh para pendahulunya seperti Ferrari F355 Serie Fiorano, F360 Challenge Stradale dan tentu saja 430 Scuderia. Artinya mobil ini sejak awal dirancang untuk melaju di sirkuit.

Ferrari 458 Speciale terbaru dirancang lebih ringan, lebih cepat dan bahkan dilengkapi dengan fitur side slip control (SCC) yang dimaksudkan menyempurnakan drifting kala melahap tikungan. Walau demikian tentu saja mobil sports ini tetap dimaksudkan sebagai sebuah road legal car sebagaimana peruntukkannya.

Ferrari 458 Speciale Terbaru

Yang perlu diingat adalah bahwa Ferrari 458 Speciale adalah versi murah dari Ferrari 458 Italia, artinya dalam beberapa hal bakal diketemukan kompromi sebagai konsekuensi dari harga jual yang juga lebih murah. Mula-mula kompromi tersebut bisa diketemukan pada beberapa bagian interior yang menggunakan material plastik.

Namun jangan samakan material plastik dalam interior Ferrari 458 Speciale dengan material plastik pada mobil-mobil yang umum beredar di jalanan saat ini. Pabrikan asal Italia tersebut tetap mempertahankan kontrol kualitas yang tinggi terhadap produknya dan tentu tak rela membiarkan kompromi-kompromi demi memangkas biaya produksi itu menodai citra mereknya.

Kesan mewah sekaligus eksotis tetap mampu dihadirkan oleh interior Ferrari 458 Speciale. Alcantara yang menutup dashboard pada bagian atas dijahit dengan sangat rapi oleh benang berwarna kuning senada dengan kelir eksterior serta joknya. Sementara sisanya tertutup oleh pelapis serat karbon dengan permukaan glossy. Sedangkan material plastik yang masih kentara juga bukan plastik yang memberi kesan murahan, bahkan memang tujuan penggunaannya bukan semata-mata memangkas biaya produksi namun juga memangkas bobot kendaraan secara menyeluruh.

Interior Ferrari 458 Speciale

Interior Ferrari 458 Speciale

Door trim-nya memang berbalut serat karbon one-piece, namun selain mampu menutup dengan sempurna juga terasa kuat serta solid. Sehingga tak ada keraguan yang perlu ditujukan kepadanya. Lingkar kemudi serta tombol-tombol pada instrumen yang ada memang tidak terlalu sesuai dengan ekspektasi orang terhadap mobil Ferrari, hanya saja balutan karet yang diberikan mampu mengangkat derajat sekaligus meningkatkan kenyamanan kala tersentuh tangan.

Sebagaimana umumnya mobil sports besutan Ferrari, kabin Ferrari 458 Speciale hanya dirancang untuk mengomodir dua penumpang yaitu pengemudi dan satu orang penumpang, itupun asumsinya hanya kadang-kadang. Meski demikian faktor kenyamanan tetap menjadi prioritas. Desain joknya dirancang sedemikian rupa sehingga selain ergonomis juga mampu mengkomodir kala Ferrari 458 Speciale dibesut dengan liar di tikungan.

Pada sisi lain memang fitur-fitur standar seperti penyejuk kabin (AC), power steering serta power windows tetap menjadi kelengkapannya namun demi memangkas bobot maka beberapa aksesoris lain seperti sensor parkir, HU, sistem navigasi dengan dukungan Bluetooth dan sebagainya dijual sebagai aksesoris terpisah. Tak hanya itu fitur pendongkrak penampilan serta performa seperti kaliper rem berwarna kuning senada bodi, aero fins, spoiler depan dengan bahan serat karbon serta kap mesin dengan material serat karbon pun turut dijual terpisah. Namun sejujurnya tanpa tambahan aksesoris-aksesoris tersebut Ferrari 458 Speciale sudah mampu memenuhi ekspektasi calon pemiliknya.

Harga Ferrari 458 Speciale

Pada bagian belakang para desainer Ferrari juga masih menyediakan ruang bagasi yang mampu menampung beberapa tas berukuran sedang. Sementara di balik jok depan juga tersedia shelf yang mampu mengakomodir tas tangan atau backpack dengan ukuran wajar tentu saja.

Review Ferrari 458 Speciale

Berbeda dengan kompetitornya seperti Nissan GT-R yang hanya memberikan transmisi matic, pada Ferrari 458 Speciale pengemudi bebas menentukan model full auto ataupun manual yang oleh para penggemar mobil sport dianggap lebih memfasilitasi pengemudi untuk benar-benar merasakan karakter tunggangannya.

Gearbox-nya memang bekerja dengan sempurna meladeni dapur pacu, namun bintang sesungguhnya tak lain adalah dapur pacu berkapasitas 4.5 liter-nya sendiri. Mesin yang sanggup memuntahkan daya maksimum 605 PS ini hanya membutuhkan waktu 3 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam, sementara kecepatan maksimal yang mampu dicatatkan adalah 325 km/jam.

Konon kala diuji di Fiorano Ferrari 458 Speciale mampu menyelesaikan satu putaran dalam waktu 1 menit 23,5 detik yang berarti hampir satu detik lebih cepat dibandingkan catatan Ferrari F60 Enzo yang legendaris itu.



Di kelasnya Ferrari 458 Speciale berhadapan dengan beberapa kompetitor seperti Lamborghini Huracan LP610-4, McLaren 650s dan kompetitor under dog dari Jepang Nissan GT-R. Dengan performa yang sama para kompetitor tersebut dibanderol jauh lebih murah, lebih-lebih Nissan GT-R, namun tak satupun dari ketiganya yang memiliki karakter khas Ferrari yang dimiliki oleh 458 Speciale, dan karakter itulah yang membuat konsumen loyal pabrikan berlogo kuda jingkrak tersebut tak pernah berpaling ke produsen lain.