Piaggio Vespa Sprint 150 i.e adalah salah satu varian yang didatangkan ke Indonesia oleh Piaggio Indonesia selain Vespa LX 150 i.e yang sudah dibahas singkat kemarin. Sama halnya dengan LX 150, Sprint pun merupakan hasil pembenahan desain yang dilakukan perusahaan otomotif asal Italia itu untuk menghidupkan kembali merek Vespa. Upaya menghidupkan kembali merek Vespa tersebut tentu saja bukan hanya untuk pasar Indonesia namun untuk pasar global.
Vespa Sprint 150 i.e pada dasarnya memiliki banyak kesamaan dengan Vespa LX. Hanya saja kali ini desainnya secara khusus ditujukan bagi mereka yang menginginkan skuter bergaya lebih macho. Karenanya alih-alih mengadopsi desain lampu bulat, Sprint menggunakan lampu depan berbentuk kotak di samping handle bar yang lebih garang juga. Pihak Piaggio sendiri menyebut bahwa desain Vespa 946 menjadi inspirasi kala mendesain ulang Vespa Sprint 150 i.e ini.
Spesifikasi Vespa Sprint 150 i.e
VESPA SPRINT |
150 cc |
|
Engine |
4 stroke single cylinder with electronic injection |
|
Bore/stroke |
58/58.6 mm |
|
Engine capacity |
154.8cc |
|
Max power at crankshaft |
8.7 kW at 7,500 rpm |
|
MAX Torque |
12 Nm at 5000 rpm |
|
Timing system |
SOHC (single overhead cam), 3 valves per cylinder |
|
Fuel system |
New Electronic Injection PFI (Port Fuel Injection) |
|
Cooling system |
Forced air |
|
Lubrication |
Wet sump |
|
Starter |
Electric |
|
Clutch |
Automatic dry centrifugal clutch with vibration dampers |
|
Gearbox |
CVT with torque server |
|
Load bearing structure |
Pressed Seel Frame with welded reinforcements |
|
Front suspension |
New low resistance single arm with coil spring and dual action mono shock absorber - axial stroke 78 mm |
|
Rear suspension |
Coil spring with adjustable preload (4 settings), and dual action hydraulic monoshock - axial stroke 70 mm |
|
Front wheel rim |
Die-cast aluminium alloy 2.50x12" |
|
Rear wheel rim |
Die-cast aluminium alloy 2.75x12" |
|
Front tyre |
Tubeless 110/70-12" |
|
Rear tyre |
Tubeless 120/70-12" |
|
Front brake |
Hydraulically operated 200 mm ø stainless steel disc |
|
Rear brake |
Mechanically operated 140 mm ø drum |
|
Length/ width |
1,860/735 mm |
|
Saddle height |
790 mm |
|
Wheelbase |
1,340 mm |
|
Fuel tank capacity |
9 litres |
|
Emissions compliance |
Euro 3 |
|
Weight |
120kgs |
Mesin Vespa Sprint 150 i.e adalah mesin empat langkah SOHC dengan kapasitas 154,88 cc yang mampu menghasilkan daya maksimum 11,6 hp dan torsi maksimum 12 Nm dengan transmisi CVT.
Posisi duduk Vespa Sprint pun didesain lebih jangkung dibanding Vespa LX untuk mendukung citra macho. Jarak antara jok dengan tanah yang tinggi selain merupakan kontribusi dari desain jok sekaligus juga penggunaan ban 110/70 dan 120/70 yang melapis velg 12 inch. Dengan kombinasi tersebut bahkan beberapa motor laki pun (motor sport) kalah tinggi dibanding Vespa Sprint 150 i.e.
Kelebihan lain Vespa Sprint 150 i.e dibanding Vespa LX 150 i.e adalah legroom yang lebih lega, sehingga penunggang dengan tinggi di atas rata-rata bakal lebih betah berlama-lama duduk di balik kemudi Vespa Sprint ketimbang LX. Sisi negatifnya bagi mereka yang tingginya di bawah 170 cm bakalan susah menapak ke tanah kala harus berhenti.
Sama halnya dengan LX, kemampuan Vespa Sprint untuk menerobos kemacetan di dalam kota pun terbilang istimewa, kecuali desain spion yang menjorok keluar dan memaksa pengendara memberi perhatian lebih kepadanya.
Kelemahan Vespa Sprint 150 i.e sendiri adalah pada suspensinya yang terasa masih keras baik di depan maupun belakang. Namun pada saat yang sama kondisi ini memberikan stabilitas yang lebih baik.
Dan seperti seri LX rem yang diaplikasikan pada Sprint masing-masing adalah rem cakram di roda depan dan rem tipe tromol di roda bagian belakang.
Harga Vespa Sprint 150 i.e
Harga Vespa Sprint 150 i.e juga tak jauh beda dari harga Vespa LX150 i.e. Saat ini skuter macho bermerek Vespa ini dibanderol Rp 32,8 – 33 juta-an (OTR). Dengan gaya macho dan masih mempertahankan ciri khas Vespa Primavera maupun keunggulan Vespa LX 150 i.e baik soal standar keselamatan, teknologi maupun kualitas rasa-rasanya Piaggio telah menemukan resep yang pas untuk memikat kaum adam maupun hawa pecinta skuter.