Piaggio Vespa LX 150 IE sudah beberapa waktu resmi dirilis dan bahkan semakin banyak beredar di jalanan Indonesia. Dengan mengusung karakter khas Vespa, skuter ini dirancang mengendepankan efisiensi dan fungsionalitas Meski demikian unsur estetika dan kualitas tentu tak dikesampingkan oleh pabrikan asal Italia yang namanya sudah populer di Indonesia sejak puluhan tahun silam.
Piaggio Vespa LX 150 IE melengkapi jajaran keluarga Vespa yang ada di Indonesia. Posisi riding yang ergonomis, kapasitas bagasi lega di bawah jok serta mesin yang efisien mendominasi karakter kendaraan roda dua modis ini. Bicara soal modis, memang pihak pabrikan masih mengandalkan desain retro pada Piaggio Vespa LX 150 IE.
Spesifikasi Piaggio Vespa LX 150 IE
Engine | Single-cylinder 4-stroke leader engine with catalytic converter |
Capacity | 150 cc |
Bore x Stroke (mm) | 62,8 x 48,6 |
Max power | 8,7 kw at 8,000 rpm (11.6 hp) |
Max torque | 11,5 nm at 6.250 rpm (8.4 ft-lb) |
Fuel supply | P.I. injection (port injected) |
Cooling | Forced air |
Starter | Electric |
Transmission | Automatic twist and go (CVT with torque server) |
Clutch | Automatic dry centrifugal clutch with vibration dampers |
Load bearing structure | Sheet metal body with welded reinforcements |
Front suspension | Single sided trailing link with hydraulic shock absorber |
Rear suspension | Hydraulic shock absorber |
Front brake | Ø 200mm disc brake |
Rear brake | Ø 110mm drum brake |
Front tire | Tubeless 110/70 - 11" |
Rear tire | Tubeless 120/70 - 10" |
Length | 69 in. - 1755 mm |
Width | 29.1 in. - 740 mm |
Wheelbase | 50.7 in. - 1290 mm |
Seat height | 30.9 in. - 785 mm |
Stabilitas Piaggio Vespa LX 150 IE di jalanan cukup terjaga berkat desain garpu depan yang baik serta penggunaan suspensi monosok tipe hydraulic yang bisa disetel.
Sedangkan dapur pacunya sendiri memiliki kapasitas 150 cc tipe empat langkah ber-catalytic converter. Mesin ini menghasilkan daya maksimum 11,6 hp pada putaran 8000 rpm dan torsi 11,5 Nm yang didapat pada putaran 6250 rpm.
Meski dalam banyak hal Piaggio Vespa LX 150 IE mengusung perubahan dibanding generasi sebelumnya yang hingga kini pun masih banyak diketemukan di Indonesia, namun secara keseluruhan Piaggio terbilang sukses mempertahankan kekhasan serta karakter yang dimiliki oleh generasi sebelumnya. Dengan kata lain Piaggio Vespa LX 150 IE merupakan generasi penerus yang lebih baik namun bukan sama sekali meninggalkan kelebihan pendahulunya.
Sasis monokoknya terbuat dari baja yang kokoh dan rigid sehingga stabilitasnya tak perlu diragukan. Beberapa teknologi modern juga disematkan pada Piaggio Vespa LX 150 IE untuk memastikan performa yang baik sekaligus efisien.
Namun sekali lagi yang menjadi keunggulan utama Piaggio Vespa LX 150 IE dan keluarga Vespa lainnya terletak pada desain bodi yang unik, modis sekaligus elegan. Karakter-karakter ini tak bisa ditemukan pada kendaraan roda dua lainnya bahkan sampai saat ini.
Perhatian pihak pabrikan pada hal-hal detil bisa dilihat misalnya pada desain spion retro. Lampu depan yang dipertahankan membulat, protective leg shield yang terbuat dari baja, jok yang lebar, empuk sekaligus berkontur sehingga tidak licin dan masih banyak detil lain yang bagi pabrikan lain nyaris tak pernah dianggap penting.
Harga Piaggio Vespa LX 150 IE
Harga Piaggio Vespa LX 150 IE di Indonesia saat ini dibanderol Rp 26,5 jutaan OTR, harga di daerah biasanya sedikit lebih mahal.
Penggemar Vespa sejati dan mereka yang memahami nilai-nilai unik yang diwariskan oleh pendahulunya kepada Piaggio Vespa LX 150 IE tentu akan merasa harga tersebut sangat layak untuk menebus unit kendaraan roda dua ini. Informasi dan harga selengkapnya bisa cek langsung di sini.