// //

Toyota Verso: Mobil Toyota Bermesin BMW

Menandai awal kerja sama antara dua pabrikan otomotif Toyota dan BMW lahirlah Toyota Verso, sebuah MPV Toyota yang menggunakan mesin BMW berkapasitas 1.6 liter Turbodiesel. Mesin yang digunakan pada mobil baru Toyota ini adalah mesin yang sama digunakan oleh BMW 116d. Tenaga maksimal yang disemburkan mencapai 113 PS dengan torsi 270 Nm.

Toyota Verso akan resmi diluncurkan pada awal tahun 2014 dan untuk sementara waktu hanya akan tersedia di benua Eropa. Pada bulan Desember 2011 lalu BMW dan Toyota bersepakat melakukan kerja sama dengan saling berbagi pengetahuan dan teknologi satu sama lain. BMW menjanjikan untuk membagikan pengetahuan dan teknologi mesin Diesel yang merupakan spesialisasi pabrikan asal Jerman itu sementara Toyota membagikan pengetahuan dan teknologinya di bidang mesin Hybrid yang adalah spesialisasi pabrikan asal Jepang tersebut.

Toyota Verso


Toyota Verso yang mengandalkan mesin Diesel BMW hanya merupakan langkah awal yang menandai kerjasama antara keduanya. Kerjasama lain yang sedang berlangsung antara kedua pabrikan tersebut adalah dalam rangka menciptakan mobil dengan bobot super ringan serta membangun mobil sport yang merupakan hasil kerja sama BMW-Toyota sebagaimana Toyota 86 dan Subaru BRZ yang adalah hasil kerjasama Toyota-Subaru.

Mobil sport yang merupakan hasil kerja sama kedua pabrikan otomotif ternama itu nantinya akan dijual sebagai penerus Toyota Supra oleh Toyota, sementara bagi BMW mobil sport hasil kerja sama tersebut akan lahir dalam wujud BMW Z5. Meski belum dikonfirmasi namun konon bakal muncul pula Lexus SC, Toyota MRS dan BMW Z3 sebagai hasil kolaborasi BMW-Toyota tersebut.