// //

Intip Chevrolet Cruze Terbaru dengan Mesin Turbo

Meski kiprah Chevrolet Cruze di Indonesia harus berakhir tragis di negeri dimana konsumen lebih mengandalkan informasi lewat group reference ketimbang membuat keputusan mandiri namun di pasar global nasib Chevrolet Cruze jauh dari kondisinya di Indonesia. Bahkan di pasar global dikenal dua tipe Chevrolet Cruze yaitu tipe sedan dan tipe hatchback. Baru-baru ini GM bahkan memperkenalkan Chevrolet Cruze 2014 yang dilengkapi dengan mesin turbo 1.4 liter.

Mesin Chevrolet Cruze terbaru itu sebenarnya tidak bisa sepenuhnya disebut baru namun juga tidak bisa dibilang lama. Pasalnya mesin 1.4 liter turbo tersebut sudah pernah digunakan juga oleh Opel. Meski demikian pihak GM sendiri memastikan bahwa pengaplikasian mesin tersebut di Chevrolet Cruze 2014 bukan semata-mata memindahkan mesin Opel ke mobil Chevrolet, namun mesin itu terlebih dahulu mengalami penyesuaian sesuai standar GM sebelum diletakkan di bawah kap mesin Chevrolet Cruze.


Menariknya adalah meski dilihat dari kapasitasnya mesin baru pada Chevrolet Cruze 2014 lebih kecil dari Cruze lama yang menggunakan mesin 1.8 liter namun tenaga maksimal yang dihasilkan hanya 1 kW lebih kecil ketimbang mesin lamanya. Bahkan torsi maksimal mesin 1.4 liter turbo ini justru 24 Nm lebih besar dibanding mesin 1.8 liter yang yang terpasang pada Chevrolet Cruze generasi sebelumnya. Bagi konsumen kondisi ini jelas menguntungkan, sebab dengan peforma mesin yang lebih baik konsumsi bahan bakar Chevrolet Cruze 2014 lebih irit ketimbang versi sebelumnya.

Chevrolet Cruze di Indonesia

Chevrolet Cruze di Indonesia

Chevrolet Cruze di Indonesia

Selain perubahan signifikan di sektor dapur pacu wajah Chevrolet Cruze turut dibenahi antara lain dengan ketersediaan beberapa warna baru seperti Blue Sapphire dan Mars Stone Blue. Sementara itu untuk tipe LS masih dilengkapi pula dengan velg alloy berukuran 17 inch yang jelas tampak lebih menarik ketimbang velg 16 inch pada tipe lainnya.

Sementara Chevrolet Cruze Hatchback mengandalkan mesin 1.4 liter versi sedannya tersedia pula dengan mesin 1.6 dan 2.0 liter turbodiesel. Perbedaan utama antara Chevrolet Cruze Sedan dan hatchback terletak pada dimensi. Selain dimensi tak ada perbedaan antara keduanya baik dalam hal mesin maupun suspensi.