// //

Tes Jalan All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT

All New Chevrolet Aveo atau yang sering juga kita dengar orang menyebutnya sebagai Chevrolet Aveo 2013 memang bukan salah satu mobil hatchback yang paling populer di kelasnya. Namun dengan berbagai perubahan baru jika dibandingkan dengan pendahulunya Chevrolet Aveo 2012 tentu pabrikan asal AS ini berharap performa penjualannya turut membaik. Lewat tampilan barunya ini Aveo memang berkesan lebih sporti dan dinamis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Meski All New Chevrolet Aveo mengusung nama merek pabrikan otomotif asal Amerika Serikat namun mobil ini sendiri tidak diproduksi di negeri Paman Sam itu. Generasi pertama Aveo dirancang dan diproduksi oleh Daewoo, salah satu anak perusahaan General Motors yang berbasis di Korea Selatan. Mobil ini dipasarkan dengan berbagai nama seperti Daewoo Kalos di Korea, Holden Barina di Australia, Chevrolet Sonic di benua Amerika, Timur Tengah dan Afrika Selatan dan tentu saja Aveo di beberapa negara lain termasuk Indonesia yang kini menjelma menjadi All New Chevrolet Aveo 2013.

All New Chevrolet Aveo


Mengenal Lebih Detil All New Chevrolet Aveo

Sama halnya dengan generasi sebelumnya All New Chevrolet Aveo diproduksi oleh fasilitas produksi yang berada di Korea Selatan. Meski Chevrolet Aveo 2013 ini masih mengandalkan material plastik namun dari segi desain dan kualitas finishing generasi terbaru Aveo ini lebih baik daripada versi sebelumnya. Kombinasi warna hitam piano serta aluminium atau yang disebut oleh Chevrolet sebagai jack Black dan Titanium di beberapa bagian memberi kesan positif ketika memandang dashboard All New Chevrolet Aveo.

All New Chevrolet Aveo Indonesia

Harga Chevrolet Aveo

Pada versi yang kami uji yaitu All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT bahkan ada lapisan kulit yang membalut beberapa bagian kabin Aveo seperti tuas transmisi dan lingkar kemudi. Kemewahan macam ini jujur saja sulit diketemukan pada mobil lain di kelas ini.

Desain ergonomis jok Aveo masih belum sempurna dan bisa menjadi PR bagi Chevrolet di masa mendatang, namun demikian jok ini masih cukup suportif sekalipun ketika Aveo dipacu pada kecepatan tinggi.
Sementara itu jok di bagian belakang mampu menampung dua penumpang dewasa dengan nyaman. Bahkan jika terpaksa masih mungkin membawa tiga penumpang asalkan tidak untuk perjalanan jauh.

Secara keseluruhan bisa dikatakan bahwa kabin All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT cukup mewah dan takkan memalukan jika Anda menggunakannya untuk berpergian bersama klien, rekan kerja atau keperluan lain.

Performa All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT

Terus terang kami cukup terkesima dengan performa handling All New Chevrolet Aveo. Sebab meski pengendaliannya sangat stabil dan terasa mencengkeram ke aspal namun suspensinya tidak terasa keras. Biasanya untuk mencapai performa handling yang stabil sebagaimana ditunjukkan oleh Aveo umumnya pihak pabrikan akan menyetel suspensi lebih keras sehingga mengorbankan kenyamanan, situasi ini tidak kami temukan bersama Aveo.

Ketika dikemudikan pada kondisi lalu lintas stop and go mesin All New Chevrolet Aveo terasa kaya torsi sehingga proses mengemudi terasa sangat menyenangkan.

Pada kondisi jalanan basah memang terasa munculnya gejala understeer dalam kecepatan tinggi. Namun seketika kami menyadari juga bahwa jika mau Anda bisa mengajak All New Chevrolet Aveo berslalom ria tanpa membuat perut menjadi mual.

Kelemahan Chevrolet Aveo

All New Chevrolet Aveo

Ketika diajak melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol All New Chevrolet Aveo juga menunjukkan performa yang baik dan sama sekali tak bakal memalukan Anda. Sayangnya di sini kami menemukan kelemahan Chevrolet Aveo, yaitu rasio antara gigi kedua dan ketiga yang terasa kurang pas. Namun gejala ini umum ditemukan juga pada mobil hatchback merek lain yang menggunakan transmisi matic.

Di luar itu pada dasarnya transmisi matic enam kecepatan pada All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT bekerja dengan sangat baik meladeni mesin 1.4 liter.
Mesin Aveo sendiri mampu memuntahkan tenaga maksimal 103 kW dan torsi 200 Nm. Tenaga puncak diraih pada putaran 4900 rpm sementara torsi puncak diraih pada putaran mesin 1800 rpm, fakta bahwa tenaga dan torsi puncak bisa diraih pada putaran rendah tersebut menjelaskan apa yang kami singgung sebelumnya bahwa torsi Aveo terasa berlimpah pada kondisi lalu lintas stop and go

Memang mesinnya tak seketika ‘menjawab’ kemauan Anda ketika pedal gas diinjak, namun akselerasinya cukup meyakinkan dan dijamin bakal menjanjikan pengalaman fun to drive bagi pengemudinya.

Penilaian untuk All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT

Banyak pengembangan signifikan dilakukan untuk Chevrolet Aveo 2013 ini. Meski tak sepopuler para kompetitor namun kami menilai bahwa hatchback keluaran Chevrolet ini layak dipertimbangkan sebagai alternatif dari Suzuki Swift maupun Ford Fiesta. Bahkan jika Anda pernah mengendarai Suzuki Swift kami yakin Anda bakan terpesona dengan karakter mesin All New Chevrolet Aveo yang kaya torsi ini.

Harga All New Chevrolet Aveo sendiri dibuka dengan tipe LS MT pada angka Rp 168,8 juta. Di atasnya ada Aveo tipe LT MT yang dijual seharga Rp 178,8 juta, sementara tipe yang kami uji yaitu All New Chevrolet Aveo LT 1.4 LT AT harganya saat ini ada di kisaran Rp 193,8. Harga Chevrolet Aveo relatif murah dibandingkan para kompetitor bukan?