// //

Toyota Masih Simpan All New Toyota Yaris

Meski baru beberapa waktu lalu Toyota memperkenalkan versi Toyota Yaris terbaru dengan desain mirip kumis lele namun rupa-rupanya Toyota masih belum merasa puas dengan Yaris yang sudah ada saat ini. Salah satu indikasinya adalah tertangkapnya Toyota Yaris yang sedang diuji coba di jalanan dengan kamuflase yang menutup sekujur eksteriornya. Selama bulan November 2013 saja setidaknya sudah dua kali mobil tersebut tertangkap kamera saat sedang diuji coba.

Menurut rumor yang beredar memang konon Toyota bakal merilis All New Toyota Yaris pada akhir tahun 2015 nanti. Jika memang demikian maka bisa dibilang bahwa usia Yaris ‘lele’ tidak akan panjang. Bisa jadi Toyota mulai mengikuti pola Mazda yang melakukan refreshing desain setiap dua tahun sekali. Di satu sisi situasi ini menguntungkan konsumen baru namun tentu bukan kabar menyenangkan bagi pemilik mobil yang bersangkutan karena mobil yang dimilikinya terasa cepat tua.



Toyota Yaris dan Toyota Vios adalah dua mobil yang menjadi andalan Toyota di pasar Asia Tenggara, karenanya tak heran jika pabrikan asal Jepang tersebut terus melakukan inovasi terhadap keduanya untuk mempertahankan posisinya di segmen pasar yang makin kompetitif dalam beberapa tahun terakhir ini. Meski demikian jika dibandingkan perubahan atau facelift yang baru saja pada Yaris ‘lele’ diperkirakan ubahan yang ada pada All New Yaris 2015 nanti tidak akan terlalu frontal.

Beberapa perubahan facelift yang diprediksi bakal terjadi pada All New Toyota Yaris 2015 nanti antara lain adalah desain headlamps, taillamps dan bumper depan/belakang. Lampu depannya sendiri diperkirakan akan menggunakan lampu Xenon. Sementara untuk ubahan di sektor dapur pacu tampaknya konsumen masih harus kecewa karena Toyota masih berniat mempertahankan mesin 1.5 liter yang saat ini digunakan oleh Toyota Vios maupun Yaris yang sudah beredar. Bahkan transmisi matic maupun manual yang ada juga masih tetap dipertahankan.

All New Yaris yang tertangkap kamera saat diuji coba diperkirakan memiliki dimensi 1.475 x 1.700 x 4.115 mm. Sementara panjang wheelbase-nya sendiri sekitar 2.550 mm. Dengan dimensi tersebut maka besar kemungkinan bahwa Yaris terbaru yang bakal hadir pada tahun 2015 tersebut bakal menawarkan kabin yang sangat lega.